Iklan 1

6 Strategi Orang tua Menjelang Anak Ujian Sekolah


menjelang anak ujian sekolah


Menjelang Anak Ujian Sekolah - Hallo Sahabat Smart Choiche, Tentunya sebagai orang tua anda akan mempersiapkan diri ketika menjelang anak ujian sekolah . Tidak heran lah tentunya orang tua akan menginginkan yang terbaik untuk anaknya . Pada Kondisi pandemi seperti sekarang ini tentu orang tua punya peran penting dalam membantu belajar anak. Ya karena memang kondisi yang menjadikan anak dan orang tua lebih sering berinteraksi. Bagaimanapun Pandemi ini memaksa anda sebagai orang tua untuk benar-benar memantau proses belajar dengan harapan kesulitan yang dihadapi anak bisa terselesaikan.disamping itu  demi kelancaran dan agar tidak ketinggalan pelajaran.

Lalu apa sich yang harus dipersiapkan orang tua menjelang anak menghadapi UAS, ujian sekolah atau juga tes lain yang di hadapi anak ?


Nah berikut adalah strategi orang tua menjelang anak ujian sekolah


1. Memberi kepercayaan Diri

Strategi pertama yang harus anda berikan kepada anak anda adalah, berilah ia rasa percaya diri. Dalam hal ini yang harus anda lakukan adalah menyakinkan pada putra atau putri anda bahwa mereka mampu mengerjakan soal soal tes sendiri. Tentunya dengan persiapan yang matang . Apakah itu ? Belajar sebelum melaksanakan ujian. Anda harus memberi semangat belajar pada putra dan putri anda seraya mengatakan bahwa pasti bisa mengerjakan. Karena dengan ikhtiar yang sungguh sungguh yakni belajar dengan rajin akan menjadikan anak percaya diri bahwa dia bisa dan mampu.


2. Memberi Apresiasi pada Setiap Usaha Belajar yang Ia Lakukan

Menjelang anak ujian sekolah memberikan aura yang positif pada anak sangatlah penting. Salah satunya yang bisa orangtua lakukan adalah memberikan apresiasi ketika ia belajar. Meskipun mereka hanya belajar sebentar, namun setidaknya komentar positif selalu kita berikan.

Saat meminta anak kita belajar, usahakan lakukanlah dengan kata-kata yang baik dan positif. Karena dengan begitu anak akan dengan mudah menerima apa yang sedang kita katakan. Selain apresiasi dengan kata-kata positif, Anda juga bisa melakukan pendampingan belajar dan membuat suasana belajar menjelang ujian menjadi lebih menarik. Misalnya Anda lakukan sesi tanya jawab mata pelajaran yang akan mereka ujiankan, lalu Anda berikan reward berupa bintang prestasi sejumlah jawaban benar yang mereka berikan. Selain itu menghargai usaha anak juga bisa Anda lakukan dengan menemani mereka menonton video pembelajaran dan membuat mereka tertarik serta memahami video pembelajaran tersebut lebih baik lagi.


3. Lakukan Sharing Seputar Ujian Sekolah yang Mereka Jalani

Setelah mereka belajar ada baiknya para orang tua menyempatkan waktu untuk sekedar sharing terkait apa yang sudah mereka pelajari sekaligus sharing pengalaman ujian yang pernah orang tua lalui. Bahwa adanya rasa kurang persiapan, kemudian cemas yang berlebihan dan merasa tegang merupakan hal yang wajar dirasakan oleh siapa pun yang hendak mengikuti ujian sekolah.

Para orang tua bisa mengawali dengan bertanya terkait materi apa saja yang sudah mereka pelajari. Lalu tunjukkan bahwa apa yang sedang mereka pelajari sangatlah menarik. Anda sebagai orang tua akan lebih jika bisa mencontohkan aplikasi nyata dari materi yang sedang mereka pelajari. Tentunya hal ini akan sangat menarik apabila kalian bisa bekerja sama melakukan sebuah eksperimen yang ada hubungannya dengan materi pembelajaran tersebut. Cara ini tepat untuk Anda lakukan menjelang anak ujian sekolah ya.


4. Ajak Mereka Berimajinasi Sesuai Cara Berpikir Mereka

Untuk mengurangi ketegangan saat menjelang anak ujian sekolah adalah dengan mengajak mereka belajar sambil berimajinasi. Lagi-lagi Anda harus dengan sabar mendampingi mereka belajar yaa dan tetap memberikan kata-kata yang positif. Anda sebagai orang tua harus paham bagaimana cara anak menyelesaikan persoalan. Anda bisa mengamatinya saat mereka bermain bersama teman-temannya ataupun saat mereka belajar setiap harinya.

Mengajak mereka sharing adalah salah satu cara agar mereka bisa terbuka terkait bagaimana mereka menyelesaikan persoalan termasuk soal-soal ujian sekolah. Nah saat anak-anak kurang bisa memahami contoh soal ujian sekolah yang mereka pelajari, orang tua harus bisa menerangkan sesuai dengan cara berpikir mereka. Salah satunya dengan melibatkan hal-hal yang mereka suka, misalnya tokoh-tokoh dalam Islam sebagai tokoh utama dalam cerita tersebut. Dan pada mereka yang suka menyelesaikan soal-soal secara visual, ada baiknya orang tua menggunakan sebuah eksperimen untuk menjelaskan kepada mereka apa maksud dari soal tersebut.

Pada intinya Anda jangan bosan mendengarkan mereka bercerita dan uapayakan selalu memberikan pendampingan agar anak merasa bahwa orang tuanya memberikan dukungan penuh terhadap ujian mereka. 


5. Memberi Mereka Kesempatan Rehat dari Belajar

Jika anak-anak sudah rutin belajar 2 jam sehari ada baiknya ingatkan mereka untuk beristirahat. Motivasilah mereka untuk memanfaatkan waktu istirahat mereka untuk hal-hal yang positif. Diantaranya menyempatkan untuk tidur sejenak, kemudian mengerjakan aktifitas yang mereka sukai, ataupun sekedar menikmati lingkungan di sekitarnya. 

Karena sejatinya istirahat dalam persiapan menjelang anak ujian sekolah merupakan sebuah kebutuhan. Hal ini merupakan upaya untuk mengembalikan fokus ataupun konsentrasi mereka menjadi lebih fresh dan jauh dari rasa tegang maupun tertekan.


6. Ajak Mereka Beribadah dan Mensyukuri Apa yang Mereka Punya

Selanjutnya tak lupa saat menjelang anak ujian sekolah ajaklah mereka untuk sekedar beribadah bersama. Kemudian ajak mereka untuk mentadabburi lingkungan sekitarnya, dimana akan melahirkan rasa syukur yang lebih terhadap apa yang sedang mereka punya. Termasuk kesempatan untuk menikmati segala fasilitas di sekolah, kemudian di rumah dan tentunya kebebasan bermain. Dengan begitu harapannya naluri mereka tergerak untuk belajar menjelang ujian sekolah secara lebih baik.

Nah itulah tadi beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan bersama anak-anak di rumah menjelang anak ujian sekolah. Sebenarnya bukan hanya ujian sekolah, namun pada berbagai tes atau ujian yang akan mereka hadapi dalam bidang apapun. Dengan begitu mereka akan mempunyai kecerdasan secara akademik, kemudian akhlak, dan di dalam hidupnya sekarang hingga kelak mereka dewasa.






Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "6 Strategi Orang tua Menjelang Anak Ujian Sekolah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel