Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Alasan Dibalik Sejarah Belajar Online yang Semakin Berkembang!

 


Sejarah Belajar Online yang Semakin Berkembang-Ada suatu masa saat satu-satunya cara untuk belajar adalah bertatap muka langsung, duduk di kelas mengikuti pembelajaran yang melelahkan dan membosankan. Namun, seiring berkembangnya jaman, pendidikan pun ikut berkembang hingga muncullah pembelajaran online. Ya, sampai detik ini tiap aspek dan model pembelajaran selalu berkembang. Sedikit banyak, Anda semua pasti sudah mengerti 

Ketahui Alasan Dibalik Sejarah Belajar Online yang Semakin Berkembang

sejarah belajar online.

Seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna internet dari hari ke hari, semakin banyak orang menggunakan internet untuk kebutuhan belajar mereka. Lalu, tahukan Anda apa alasan kenapa pembelajaran online muncul dan semakin berkembang? Simak detailnya, ya!

Penawaran yang beragam

Hampir setiap mata pelajaran baik yang dipelajari secara formal di sekolah ataupun tidak telah tersedia sebagai pembelajaran online! Banyak lembaga seperti yang menyediakan kursus terbuka dan gratis melalui YouTube atau platform lain. Dari rutinitas yoga hingga fisika kuantum tingkat lanjut, pembelajaran komprehensif tentang apa saja tersedia di internet. Ya, semuanya sudah tersedia dan dapat diakses secara gratis meski terkadang ada yang memerlukan biaya, tergantung pada mata pelajaran apa yang Anda cari.

Pembelajarannya efektif

Ketika Anda belajar di sekolah dan mengikuti sebuah program di kelas, Anda pasti mengahadi segala situasi yang cukup mengganggu di sekitar Anda. Waktu berharga Anda terkadang akan terbuang percuma.

Saat belajar online, Anda bisa saja terhindar dari beberapa gangguan. Ya, Anda bisa memasang earphone dan berfokus pada layar. Anda juga tak akan punya kesempatan untuk berbicara dengan siapapun sehingga bisa fokus. Bahkan ketika Anda sedang tidak bisa mengikuti pelajaran, Anda dapat mempelajarinya nanti. Inilah kenapa pembelajarannya terbilang efektif dan manajemen waktunya pun efektif.

Sumber yang beragam

Faktanya, mulai dari sejarah belajar online sejak dulu hingga sekarang, pembelajaran online sangatlan bervariasi dari segi apapun sehingga semuanya sangat mengesankan. Dan, satu hal yang membuat e-learning lebih menarik adalah banyaknya sumber daya (situs web dan aplikasi) yang menyediakan wadah online learning. Jadi, jika Anda tidak menyukai konten dari satu situs web, Anda dapat dengan mudah beralih ke situs web lain tanpa harus berkompromi dengan tujuan pembelajaran Anda. Di luar sana, ada banyak hal yang sesuai dengan gaya belajar semua orang termasuk gaya belajar Anda.

Pedagogi yang berkualitas

Kualitas konten dan pengajaran yang ditawarkan juga merupakan aspek penting mengapa siswa sekarang lebih condong ke pembelajaran online. Situs besar seperti Khan Academy dan Yale telah menetapkan standar tinggi pendidikan online yang mampu menarik perhatian semua orang khususnya pelajar. Dengan pembelajaran multimedia yang mencakup eBook, video, gambar, dan lainnya, pembelajaran online menjadi menyenangkan bagi pelajar dari segala usia.

Seseorang akan lebih yakin tentang kualitas pengajaran jika platform tersebut juga menawarkan sertifikasi. Inilah alasan meningkatnya popularitas pembelajaran online yang menawarkan sertifikat walau berbasis Android. Dengan kursus online ini, pelajar mendapatkan sertifikat untuk memvalidasi keterampilannya.

Membentuk jaringan dan komunitas

Di seluruh web, Anda akan menemukan ribuan orang yang ingin mempelajari hal yang sama sebagaimana yang Anda inginkan. Sebagian besar situs pembelajaran online mencakup akses ke forum dan komunitas yang profesional dan memiliki tujuan yang sama untuk berbagi pengetahuan hingga perkembangan jenjang karier. Pembelajaran semacam ini juga memudahkan individu untuk memahami materi dan menemukan jawaban bersama. Seringkali, instruktur dan profesor juga meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan pertanyaan di komunitas online tersebut bahkan menciptakan pengalaman belajar yang luar biasa.

Itulah beberapa alasan dibalik sejarah belajar online yang semakin populer hingga saat ini. Bersiaplah mengahadapi dunia dengan meningkatkan skill Anda!

 

 

 

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Ketahui Alasan Dibalik Sejarah Belajar Online yang Semakin Berkembang!"