Iklan 1

13 Aplikasi Sebagai Model Pembelajaran Daring

 

Model Pembelajaran Daring

Model pembelajaran daring sekarang ini harus terus mengalami inovasi dari segi penyampaian dan materinya. Harapannya tentu materi bisa tetap tersampaikan pada siswa secara maksimal meskipun waktu untuk bertatap muka terbatas.

Nah sebagai orangtua Anda juga pastinya khawatir anak-anak menjadi kurang disiplin dalam belajar, kemudian tidak mengerti materi yang sedang ia pelajari dan sebagainya. Hal ini tentu menjadi masalah orangtua dan guru di rumah sehingga membutuhkan solusi yang efektif dan efisien untuk mengatasinya. Maka hadirlah ditengah kita semua banyak sekali aplikasi yang berguna sebagai model pembelajaran daring yang sudah dikenal banyak masyarakat di Indonesia.

Ada 13 aplikasi yang bisa Anda gunakan secara bebas dan berbayar. Yang Anda perlukan hanya smartphone android ataupun laptop untuk menikmati berbagai aplikasi yang bertindak sebagai model pembelajaran daring.

Yuk Cek Model Pembelajaran Daring Lewat Aplikasi Terkini

Aplikasi ini juga mempunyai berbagai macam fitur yang pas untuk menjadi model pembelajaran daring selama pandemik ini. Diantaranya guru bisa membuka kelas online, kemudian membuat program belajar mandiri, dan tentunya ada pula yang punya program live teaching sehingga sangat pas untuk pembelajaran jarak jauh.

Nah berikut inilah rekomendasi aplikasi yang terdapat pada PlayStore dan bisa Anda manfaatkan untuk membantu proses pembelajaran daring. Sehingga para orangtua dan guru patut untuk menyimak rangkaian penjelasan aplikasi-aplikasi di bawah ini.

1. Aplikasi Ruangguru

Sudah barang tentu Anda sebagai orangtua dan guru pasti mengenal Ruangguru. Yang mana merupakan bimbingan belajar yang telah berbasis aplikasi dengan fitur yang sangat lengkap.

Diantaranya fitur tersebut adalah materi pembelajaran sekolah telah disampaikan dengan model animasi. Yang mana pembelajaran tersebut disampaikan oleh Master Teacher yang terseleksi dan bisa Anda download secara bebas sehingga bisa siswa putar secara berulang.

Kemudian terdapat latihan soal-soal beserta pembahasanya yang secara gamblang. Dimana terdapat beratus-ratus ribu soal dengan berbagai kategori kesulitan termasuk soal HOTS.

Selanjutnya ada pula fitur rangkuman modul pembelajaran yang tersampaikan melalui visual dan fitur social learning yang memungkinkan untuk Anda berdiskusi secara langsung dengan Master Teacher Ruangguru mengenai materi pembelajaran yang kurang jelas.

2. Aplikasi Quipper

Model pembelajaran daring menggunakan aplikasi Quipper sebenarnya sangat menarik loh. Dimana Anda bisa membuat jadwal belajar secara mandiri setiap minggunya. Hal ini tentunya akan bisa mengisi waktu jam sekolah dengan tetap belajar melalui video interaktif yang ada di Quipper.

Alhasil tentunya anak akan lebih bisa belajar disiplin pada jam-jam tersebut. Dan bisa memahami pembelajaran secara lebih baik. Namun sayangnya aplikasi ini baru bisa Anda nikmati apabila Anda berlangganan ya.

3. Aplikasi Kelas Pintar

Selanjutnya ada aplikasi yang bagus untuk pembelajaran daring yang dikenal dengan Kelas Pintar untuk SD hingga SMA. Nah aplikasi ini bisa Anda pakai setiap hari pada jam-jam belajar yang telah Anda tentukan. Model pembelajaran daring pada aplikasi ini meliputi pembelajaran modul, kemudian latihan soal dan ada ujiannya juga. Nah fitur tersebut akan tersedia dalam bentuk audio dan video animasi yang menarik.

4. Aplikasi Rumah Belajar

Aplikasi ini berkembang di bawah naungan Kemendikbud loh, dimana model pembelajarannya menggunakan video hingga gambar yang interaktif. Hal ini tentunya akan membuat proses belajar menjadi semakin tidak membosankan. Selain fitur video yang sangat interaktif ada pula fitur Sumber Belajar, kemudian Laboratorium, ada juga kelas online, ada peta budaya dan lain sebagainya.

5. Aplikasi Zenius

Aplikasi zenius bisa kamu peroleh dengan mudah yaa lewat PlayStore. Dimana fitur pembelajarannya meliputi tersedianya ratusan soal, kemudian tes atau ujian yang menggunakan computer, ada pula model analisis dan rekapitulasi, ada juga video dan latihan soal terkini dan tersedia pula laporan pembelajaran siswa online.

6. Aplikasi seTARA

seTARA pada dasarnya berada di bawah Kemendikbud, yang mana aplikasi ini menjadi bagian dari Learning Management System yang menyediakan banyak model pembelajaran. Dari mulai bagian perancangan pembelajaran, kemudian pelaksanaannya hingga penilaian.

Pada fitur kelas digitalnya juga sangat menguntungkan para guru dan siswa. Sehingga segala proses pembelajaran dalam masa pandemik bisa berjalan secara lebih lancar. Selain itu seTARA memungkinkan untuk siswa dan guru bisa langsung berhubungan dengan Sumber Belajar. Sehingga proses pengelolaan pembelajaran jarak jauh bisa lebih efisien.

7. Aplikasi Google Suite for Education (Google Classroom)

Nah para siswa dan guru yang sedang pembelajaran jarak jauh juga bisa memanfaatkan aplikasi Google Classrom oleh aplikasi Google Suite for Education. Lewat aplikasi ini kamu pun tidak perlu khawatir jika koneksi internetnya jelek karena aplikasi ini masih bisa berjalan dengan baik. Sehingga Anda pun masih bisa lancar mengikuti pembelajaran online setiap harinya.

8. Aplikasi Kipin School

Kemudian ada Kipin School yang mana bisa Anda pergunakan bagi siswa dari mulai SD hingga SMA maupun SMK. Kurikulum yang ada juga telah berdasarkan arahan Kemendikbud loh sehingga dari mulai materi pembelajaran lewat video, kemudian sumber belajar dan sebagainya bisa langsung lewat aplikasi satu ini.

9. Aplikasi Meja Kita

Aplikasi ini sebenarnya sangat menguntungkan loh dari segi sosialiasi dan kemudahan menyelesaikan segala PR. Karena Anda akan langsung berdiskusi dan terhubung dengan semua belajar yang tergabung dalam aplikasi ini. sehingga segala PR dan berbagai tugas maupun catatan bisa kalian share melalui aplikasi ini.

10. Aplikasi SekolahMu

Melalui aplikasi ini maka para siswa akan bisa memperoleh materi yang sesuai dengan kurikulum pembelajaran yang berlaku di sekolahan Indonesia. Materi pembelajaran akan disampaikan melalui live streaming sehingga para siswa harus menyesuaikan jam pelajaran setiap harinya. Namun enaknya para siswa bisa belajar tanpa batasan waktu atau fleksibel.

11. Aplikasi Cisco Webex

Pada dasarnya aplikasi ini merupakan sebuah teknologi pembelajaran untuk konferensi atau diskusi online. Aplikasi ini akan siswa atau mahasiswa perlukan saat mengharuskan mereka presentasi sebuah hasil pengamatan atau analisis. Nah aplikasi ini juga menyediakan group chat yang memudahkan proses diskusi ketika dibutuhkan.

12. Aplikasi Icando

Icando terkenal dengan sebuah aplikasi yang menerapkan kurikulum 2013 Revisi loh. Dan kemasan pembelajarannya sangat interaktif, karena menyediakan berbagai minigames yang bermanfaat bagi siswa PAUD maupun SD.

13. Aplikasi IndonesiaX

Aplikasi ini berbasis kursus yang mempunyai kualitas terbaik dengan tutor pilihan. Sehingga akan mampu menemani anak-anak untuk belajar setiap harinya.

Itulah tadi beragam aplikasi yang cocok untuk model pembelajaran daring saat ini. Ada baiknya orangtua tua dan guru berdiskusi dengan nyaman mana yang pas untuk anak-anak di kelas tersebut. Selalu damping anak belajar agar anak atau siswa mendapatkan perkembangan yang sesuai dengan usianya saat ini.

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "13 Aplikasi Sebagai Model Pembelajaran Daring"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel