Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Didik Anak Berkebutuhan Khusus, Cek Yuk!

 

Anak Berkebutuhan Khusus

Anak berkebutuhan khusus memerlukan fokus kita untuk menghadapinya. Karena terus terang mendidik anak dengan kebutuhan khusus cara mendidiknya akan berbeda dengan anak yang normal dan cenderung lebih sulit. Oleh karena itu setiap tenaga pengajar yang mengajar anak berkebutuhan khusus harus memahami banyak hal atau pengetahuan tentang anak tersebut.

Kemudian mengingat semakin banyaknya kasus yang beredar terkait pembulian terhadap anak berkebutuhan khusus, harusnya membuat kita semakin prihatin. Yaitu dalam kurun waktu 8 tahun pendidikan di Indonesia sudah ada 2.473 tentang pembulian anak berkebutuhan khusus dan terus meningkat. Karena sejatinya anak ini membutuhkan perlindungan dan toleransi atau perlakuan yang sama dengan mereka yang normal.

Kasus yang banyak terjadi pada anak berkebutuhan khusus adalah pembulian secara verbal, kemudian secara fisik, lalu pembulian sosial dan pembulian berbasis jaringan internet atau cyber. Nah maka dari itu kami disini mencoba memberikan solusi bagi pengajar anak berkebutuhan khusus agar mereka bisa lebih berkembang dan menjadi orang yang lebih baik.

Beragam Cara Hadapi Anak Berkebutuhan Khusus yang Wajib Anda Ketahui

Sesungguhkan sebuah pendidikan bukan hanya meliputi kemampuan kognitif ya Bapak/Ibu guru. Namun pendidikan mental dan karakter si anak juga harus kita pertimbangkan dengan baik. Sehingga nantinya akn terbentuk anak-anak yang bisa sukses baik dalam sekolahnya maupun hidupnya. Nah berikut ini ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi anak kebutuhan khusus.

  • Izinkan Anak Menyelesaikan Pekerjaannya Tanpa Bantuan Bapak/Ibu Guru

Saat Bapak/Ibu guru ingin mendidik seorang anak tentunya kita harus berpatokan pada prinsip bahwa adanya pendidikan bisa membuat anak berkebutuhan khusus mempunyai banyak pengalaman. Sehingga ketika Bapak/Ibu guru memberikan sebuah tugas biarkan mereka menyelesaikan apa yang mereka kerjakan. Dengan begitu anak berkebutuhan khusus akan bisa melakukan eksplorasi mengenai tugas tersebut dan prosesnya akan jauh lebih bermakna. Nah Anda cukup motivasi anak berkebutuhan khusus tersebut agar melakukan tugasnya dengan hasil terbaik.

  • Izinkan Anak Mengetahui dan Belajar dari Kesalahan yang Mereka Lakukan

Cara selanjutnya adalah biarkan mereka mempelajari kesalahan yang mereka lakukan. Dimana Bapak/Ibu guru bisa mengajak mereka untuk berdiskusi terkait kesalahan yang mereka lakukan, agar mereka bisa mengambil pelajaran. Hal ini juga termasuk bagian dari cara mereka untuk eksplorasi kesalahan yang mereka lakukan. Dan pastikan mereka tidak akan mengulangi kesalahan tersebut dan terus mengimprove kemampuannya untuk memahami permasalahan. Nah pastikan juga Anda mengajak mereka diskusi dengan cara yang mereka bisa pahami.

  • Bukukan Data Daya Kembang Kemandirian Anak

Membukukan data daya kembang seorang anak berkebutuhan khusus merupakan sebuah hal yang efektif untuk dilakukan. Karena Anda akan mengetahui bagaimana daya kembang mereka baik sebelum maupun sesudah pendidikan anak diterima. Selain itu data ini akan sangat berguna untuk memetakan pembelajaran yang harus Anda berikan pada anak. Karena bisa terlihat efek atau hasil setelah pendidikan pada anak kebutuhan khusus diberikan. Dan data ini bisa juga Anda pakai untuk menjelaskan pada orangtua bagaimana kondisi perkembangan anak mereka ketika berada di sekolah. Serta sebagai sinkronisasi langkah pendidikan yang akan orangtua berikan di rumah.

  • Ajarkan pada Anak Berkebutuhan Khusus Menolak Bantuan Selagi Bisa Mereka Kejakan Sendiri

Saat anak ingin mengambil atau menaruh sebuah barang ajarkan pada mereka untuk selalu melakukannya sendiri. Anda bisa memotivasi dengan mengajarkan kata-kata “aku bisa lakukan ini sendiri”. Bukan malah menspesialkan mereka, karena hal ini akan bisa memupuk kepercayaan diri mereka untuk menyelesaikan apa yang ingin mereka kerjakan. Kemudian pastikan mereka juga mengetahui kapan saat yang tepat mereka harus meminta pertolongan. Sehingga kebergantungan mereka dengan orang lain bisa lebih terkontrol.

  •  Ajarkan Lingkungan Sekolah Sebuah Toleransi dan Menghindari Pembulian

Pembulian merupakan hal yang harus Anda waspadai. Karena efeknya bisa lebih parah pada mereka atau anak berkebutuhan khusus. Sehingga membuat lingkungan sekolah lebih terbuka dengan anak ini adalah cara terbaik untuk menerima mereka. Anda perlu membiasakan mereka bersikap toleransi dan memastikan anak-anak yang normal menghindari pembulian. Dan lebih bisa memberikan contoh perilaku yang baik pada anak tersebut. Hal ini berguna pula untuk membooster kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus.

Nah marilah Bapak/Ibu guru kita mensukseskan semua anak bangsa termasuk anak berkebutuhan khusus. Karena mereka mempunyai hak yang sama seperti mereka anak yang normal. Dan tindakan ini akan membantu para orangtua untuk membesarkan mereka yang berkebutuhan khusus. Lalu pada masa pandemi ini ada baiknya juga anda bersinergi dengan orangtua untuk tetap memberikan pendidikan terbaik untuk mereka.

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "5 Cara Didik Anak Berkebutuhan Khusus, Cek Yuk!"