Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Islamic Boarding School di Jawa Timur, Recommended!

 

Islamic Boarding School di Jawa Timur

Islamic Boarding School di Jawa Timur mempunyai daya tarik bagi para pelajar dan orangtua yang sedang mencari sekolah terbaik. Sesuai dengan namanya Islamic Boarding School menawarkan tempat pendidikan yang bukan hanya belajar tentang sains dan social tetapi juga mendalami ilmu Islam lebih dalam lagi.

Hal ini sangat penting di masa sekarang ini, dimana banyak anak yang kurang mendapat pendidikan karakter yang berbasis Islami dan melupakan Al-Quran sebagai pedoman di hidup mereka. Nah bagi Anda orangtua yang sedang berburu sekolah terbaik bagi sang anak maka Islamic Boarding School di Jawa Timur bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda. Dan kali ini kami akan mencoba untuk memberikan rekomendasi bagi yang sedang mencari Islamic Boarding School di sekitaran Jawa Timur.

Inilah Islamic Boarding School di Jawa Timur yang Bisa Anda Pilih

Lulus dari MI atau SD maka anak akan melanjutkan ke jenjang lanjutannya yaitu SMP. Usia anak masuk SMP sebenarnya merupakan usia dan waktu yang pas untuk mengarahkan mereka ke Islamic Boarding School. Karena dengan begitu mereka tak hanya pandai dalam aspek akademik tetapi juga terpenuhi kebutuhan ilmu Islamnya, baik soal akhlaq dan karakter serta Al-Quran. Islamic Boarding School di Jawa Timur sama halnya dengan pondok pesantren ya Bapak/Ibu, namun dengan fasilitas dan kualitas yang lebih baik. Berikut ini ada beberapa Islamic Boarding School di Jawa Timur yang bisa Anda jadikan pilihan saat anak akan memasuki jenjang SMP atau SMA.

  • Ma’had Al-Izzah

Yang pertama ada Islamic Boarding School Ma’had Al-Izzah yang lokasi tepatnya ada di Malang atau Batu. Sekolah ini memang khusus bagi para muslimah yang ingin belajar dari mulai aspek intelektual, kemudian mental dan spiritual, serta life skill yang mumpuni. Islamic Boarding School Ma’had Al-Izzah juga mempunyai program tahfidz loh Bapak/Ibu sehingga mereka akan belajar banyak tentang Al-Quran dan menghafalkannya.

Kemudian berdirinya Ma’had Al-Izzah juga dengan tujuan untuk memperjuangkan Islam bersama para muslimah, dengan mengembangkan cara berpikir mereka baik itu soal ilmu pengetahuan maupun terkait Islam secara khusus. Untuk biaya sekolah disini memang cukup mahal yaa, Anda bisa cek langsung melalui websitenya untuk mendapat keterangan lebih lanjut. Baik itu soal pendaftaran dan program yang ada di Ma’had Al-Izzah.

  • Luqman Al Hakim (Surabaya)

Selanjutnya ada Islamic Boarding School Luqman Al Hakim yang berlokasi di daerah Surabaya. Dimana sekolag ini mempunyai dua jalur SMP yaa. Yaitu program Islamic Boarding School Regular dan Islamic Boarding School Takhasus serta Full Day School.

Untuk sekolah yang regular memang seperti sekolah pada umumnya yaitu masuk dari hari senin hingga sabtu. Namun tetap dengan target hafalan Al-Quran untuk setiap siswanya sejumlah 5 hingga 8 juz mutqin. Kemudian untuk Islamic Boarding School Takhasus menggunakan model pembelajaran dimana dalam seminggu pembelajaran hanya terjadwal dalam sehari. Dan hari lainnya para siswa akan mengisinya dengan hafalan, karena target jalur ini adalah 20 hingga 30 juz mutqin. Pengajar model pembelajaran ini hadir langsung dari Yaman sehingga kualitas para siswa nantinya tak perlu lagi Anda ragukan.

  • Islamic Boarding School/Pondok Pesantren Gontor (Ponorogo)

Sekolah ini lebih terkenal dengan pondok pesantren Gontor. Dimana staf pengajar yang ada di Gontor mempunyai kualitas yang terbaik. Sehingga wajar apabila santri atau siswa yang lulus dari pondok ini juga sangat berkualitas. Islamic Boarding School Gontor ini juga merupakan pusat boarding school loh, karena setiap santri yang lulus akan bertarget untuk mendirikan Islamic Boarding School-nya sendiri di berbagai daerah.

Selain itu jika anak Anda memutuskan sekolah disini maka harus banyak belajar untuk bahasa kesehariannya. Dimana harus menggunakan bahasa Arab ataupun Bahasa Inggris. Lalu untuk tes masuknya juga termasuk sangat kompetitif sehingga membutuhkan persiapan yang matang untuk bisa diterima di Islamic Boarding School Gontor Jawa Timur ini.

  • Amanatul Ummah (Mojokerto)

Selanjutnya ada Islamic Boarding School Amanatul Ummah yang lokasinya berada di daerah pegunungan yaitu Pacet Mojokerto. Islamic Boarding School ini mempunyai segudang prestasi yang bisa diunggulkan loh. Baik itu prestasi aspek diniyah maupun aspek akademik. Dan untuk lulusan Islamic Boarding School Amanatul Ummah ini biasanya akan masuk di berbagai perguruan tinggi terfavorit yang ada di negeri ini.

  • Al-Islah (Lamongan)

Islamic Boarding School selanjutnya ada Al-Islah dimana merupakan sebuah lembaga pendidikan yang ada di naungan organisasi besar Muhammadiyah. Untuk lokasinya Islamic Boarding School ini ada di daerah Lamongan dekat dengan WBL. Program pembelajaran disini juga sangat menarik loh karena selain diniyah, kemudian akademik, akan ada juga ekstrakurikuler yang sangat menarik. Selain itu apabila ingin anak Anda memasuki sekolah ini ada baiknya belajar bahasa keseharian mereka yaitu Arab dan Inggris yaa.

Nah bagaimana menurut Bapak/Ibu apakah sudah mempunyai gambaran untuk anak-anak Anda melanjutkan sekolah? Rekomendasi Islamic Boarding School di Jawa Timur di atas bisa Anda pertimbangkan yaa, karena memang kualitas sekolah-sekolah tersebut sangat baik. Karena mampu mencetak kader-kader yang berilmu Islam dan berilmu pengetahuan secara bersamaan.

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "5 Islamic Boarding School di Jawa Timur, Recommended!"