Iklan 1

7 Daftar Persiapan Peserta PPG Kemenag 2021

 

Persiapan Peserta PPG Kemenag

Persiapan peserta PPG sudah akan menemui titik akhir dan program PPG Dalam Jabatan akan segera terlaksana. Hal ini telah disampaikan oleh Pemerintah yang terwakilkan oleh Kementerian Keagamaan, dimana Guru Madrasah dan juga Guru PAI yang sudah mendaftar pada program PLPG di tahun 2017, kemudian peserta PPG yang sudah lulus Uji Kompetensi pada tahun 2018 serta para guru madrasah yang sudah lulus Uji Kompetensi di tahun 2019.

Apabila Anda belum mengetahui info terkait Calon Mahasiswa PPG yang akan ikut program di tahun 2021, maka Anda pun bisa mendapatkan informasinya melalui Simpatika Anda masing-masing. Tepat ada di menu PPG Dalam Jabatan.

Nah untuk pembukaan pendaftaran sendiri, sesuai jadwal pelaksanaan PPG peserta PPG 2021 bisa mendaftar secara bersamaan di tanggal 26 April 2021. Pendaftaran peserta bisa Anda lakukan di Akun Simpatika Anda masing-masing dengan ketentuan haru sudah lulus Uji Kompetensi yang terselenggara tahun 2018 dan juga 2019.

Jika Anda termasuk Calon Mahasiswa PPG tahun2021 dari Kemenag, maka Anda perlu melakukan persiapan peserta PPG. Daftar persiapan peserta PPG harus segera Anda penuhi mengingat pelaksanaannya yang sudah semakin dekat.

Apa Saja Daftar Persiapan Peserta PPG di Tahun 2021?

Apabila Anda sudah memperoleh penyataan Lulus Pretest PPG yang ada pada tahun 2018 dan juga 2019, lanjut masuk tahap pengunduhan Pakta Integritas (Formulir S34C) tepatnya di Simpatika Anda sendiri. Nah berikut ini tahapan yang perlu Anda tempuh sebagai persiapan peserta PPG yang harus kamu laksanakan.

  • Mengunduh Formulir Pakta Integritas (Form S34C) yang ada di Simpatika.
  • Setelah Anda cetak segera berikan tanda tangan menggunakan materai 10.000.
  •  Selanjutnya scan form S34C yang telah kamu berikan tanda tangan bermaterai tersebut.
  • Form yang telah Anda scan tersebut perlu Anda unggah di akun PTK.

Proses ini berlangsung sesuai dengan Fitur Ajuan PPG 2021, dimana Unggah Pakta Integritas berlangsung dari tanggal 26 April sampai 18 Mei 2021. Sehingga Anda jangan sampai melewatkan tahapan penting tersebut jika Anda termasuk Calon Mahasiswa PPG 2021. Nah pada Pakta Integritas Anda akan mendapatakn 2 halaman penting. Halaman pertama mengenai form yang perlu Anda unggah. Dan halaman yang kedua merupakan berbagai petunjuk yang diberikan kepada Anda sebagai panduan resmi dari S34C, berikut panduannya.

  •  Lampiran (Halaman 2) tak perlu Anda unggah.
  • Setelah Anda mengunggah kembali S34C maka Anda akan mendpatkan Formulir A1 (Proses ini biasanya berlangsung setelah admin Kanwil melakukan validasi yang diperlukan).
  • Pemberkasan harus kamu lakukan dari sekarang sehingga kamu bisa tau dokumen apa saja yang perlu kamu persiapkan. Diantaranya SK Mengajar dan Ijazah yang akan kami jelaskan di subbagian selanjutnya.
  • Berkas yang telah kamu siapkan segera kumpulkan ke Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan atau LPTK terpilih.
  • Jadwal pengumpulan berkas ada baiknya Anda tanyakan langsung ke seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten/Kota Anda mengabdi.

Daftar Berkas Persiapan Peserta PPG Kemenag

Untuk mengikuti PPG Guru Madrasah Anda perlu paham tahapan yang Anda lalui. Dengan begitu Anda tidak akan kehilangan waktu persiapan peserta PPG yang sangat detail dan banyak. Berikut ini ada beberapa tahapan yang harus kamu lalui saat ingin menjadi Calon Mahasiswa PPG.

  • Mengajukan Kepesertaan PPG di Simpatika masing-masing.
  • Melewati proses verifikasi secara administrasi oleh Kanwil Kemenag yang ada di provinsi.
  • Melewati Uji Kompetensi atau Seleksi Akademik.
  • Melewati tahapan pelaksanaan pembelajaran PPG secara daring
  • Uji kelulusan pembelajaran sesuai bidangnya masing-masing
  • Dan berbagai tahap lainnya

Jika Anda telah mengetahui kepesertaan Anda di PPG di 2021 maka segera lakukan konfirmasi tempat PPG yang akan Anda pilih untuk Pendidikan Profesi Guru ini melalui Pakta Integritas yang Anda ajukan. Setelah tempat PPG anda ajukan maka Anda harus siap dengan segala konsekuensi termasuk biaya dan juga administrasi yang Anda perlukan. Jika Anda tidak memenuhi ketentuan yang diberikan dan memilih mundur di tengah jalan maka Anda tidak berkesempatan mengikuti PPG untuk 5 tahun yang akan datang.

Berikut ini kami akan memberikan daftar berkas sebagai persiapan peserta PPG Kemenag di tahun ini. Ada baiknya pemberkasan Anda lakukan jauh-jauh hari agar segala keperluan tersiapkan dengan baik dan optimal.

  1. SK Mengajar atau SK Pengangkatan Guru yang Anda peroleh dari TMT Awal hingga Akhir. SK tersebut harus sudah terlegalisir dari sekolah masing-masing.
  2. Siapkan Ijazah S1/D4 berlegalisir basah dari Universitas Anda.
  3. Sesuaikan dengan Simpatika untuk SK Pembagian Tugas Mengajar (dengan ketentuan jika Ijazah S1 sudah linear dengan jam mengajar Anda maka SK Pembagian Tugas dua Semester terakhir perlu Anda persiapkan. Sedangkan jika ijazah belum liner dengan jam mengajar yang ada di Simpatika maka berikanlah SK Pembagian Tugas Mengajar di 4 tahun terakhir secara berturut-turut).
  4. Segera urus Surat Keterangan Sehat (Bisa dari Rumah Sakit maupun dari Puskesmas yang dekat dengan lokasi Anda).
  5. Persiapkan SKCK Aktif dari POLSEK maupun POLTABES terdekat.
  6. Lakukan legalisir KTP ke Kepala Desa setempat.
  7. Persiapkan photo formal atau pas foto menggunakan background berwarna merah. Bagi perempuan harap menggunakan kerudung yang berwarna hitam dengan baju putih formal.

Demikian persiapan peserta PPG yang harus kamu penuhi sebelum pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Selain persiapan berkas Anda juga harus menyiapkan berbagai perangkat lain yang mendukung pembelajaran daring mengingat kita masih ada di era pandemi yang belum kunjung berakhir.

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "7 Daftar Persiapan Peserta PPG Kemenag 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel