Iklan 1

Cara Memulai Homeschooling yang Islami

 

Cara Memulai Homeschooling

Cara memulai homeschooling sebenarnya sangat mudah apabila Anda mengetahui metodenya yang tepat. Apabila Anda ingin mempersiapkan generasi penerus Islam yang berakhlak mulia, maka perkuatlah pendidikan di rumah melaluii metode homeschooling secara mandiri.

Munculnya metode homeschooling sebenarnya berawal dari kegelisahan dari para Bunda mengenai dunia pendidikan formal di luar sana. Karena semakin banyaknya kasus yang terkait dengan bullying terhadap anak, adanya tindakan pelecehan maupun penganiayaan yang seharusnya tidak diterima seorang anak.

Pengenalan Metode Belajar Homeschooling

Untuk belajar bagaimana cara memulai homeschooling, pertama-tama kita harus memulai dengan mengetahui pengertian dari homeschooling. Secara umum homeschooling mempunyai pengertian sebagai sebuah metode pembelajaran yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif belajar bagi anak yang berlokasi di rumah dan Bunda sebagai pengajarnya. Jadi ingat ya Bunda homeschooling itu metode bukan sebuah lembaga belajar.

Metode homeschooling sendiri beragam dan tidak terpaku pada sebuah sstruktur pembelajaran. Artinya materi yang bisa Anda berikan pada anak bisa menyesuaikan kebutuhan mereka secara spesifik. Sebagai generasi penerus Islam tentunya yang pertama dan harus diberikan di awal adalah materi Tauhid. Dan untuk tempat pembelajaran bisa menyesuaikan baik itu di dalam rumah, taman, pasar, kolam, sawah dan sebagainya. Asalkan pembelajaran tetap disampaikan oleh anggota keluarga.

Lalu bagaimana dengan Flexi School, metode Flexi School sebenarnya hanya membuat perpaduan yaitu antara beberapa hari belajar di sekolah dan selebihnya belajar di rumah. Dimana secara kurikulum tetapi mengikuti yang berlaku secara nasional dengan beberapa modifikasi yaa. Kebanyakan Flexi School dipilih mereka yang anak-anaknya baru memasuki bangku sekolahan umum.

Untuk memilih antara keduanya Bunda harus bijak, artinya jika memang Anda mempunyai kemampuan mengajar anak yaitu secara penguasaan materi yang akan disampaikan maka alangkah baiknya pilih metode homeschooling mandiri di rumah. Namun apabila secara kemampuan Anda belum percaya diri ada baiknya pilih Islamic School saja ya Bunda.

Ingat ya Bunda adanya edukasi atau wawasan yang diberikan pada anak akan kita pertanggungjawabkan di akherat nantinya. Dimana kita sebagai seorang muslim atau muslimah memunyai kewajiban untuk memberikan perlindungan pada diri sendiri dan keluarga dari api neraka. Dengan wawasan atau ilmu Islam harapannya kita semakin bisa membedakan mana yang haq dan mana yang bathil.

Keuntungan Menggunakan Metode Homeschooling pada Anak-Anak

Sebelum kita lanjut membahas cara memulai homeschooling ada baiknya kita tata dulu niat kita terkait metode homeschooling yang akan Bunda berikan pada anak. Menata niat bisa melalui alasan-alasan kenapa Anda harus memberikan homeschooling pada anak ketimbang pendidikan jalur formal. Berikut ini beberapa keuntungan yang akan Bunda peroleh saat memutuskan pembelajaran homeschooling dari banyak sumber.

  • Homeschooling sebagai sebuah ikhtiar menuju jalan Allah yang benar.
  • Metode homeschooling merupakan metode pengasuhan yang sangat dibutuhkan anak, mengingat Al-Quran pun telah menjelaskan bahwa madrasah pertama anak diperoleh dari Bunda sendiri.
  • Memulai homeschooling bisa memfilter pengaruh negative yang akan diterima anak dari lingkungan luar. Mengingat di era sekarang marak sekali degradasi perilaku terutama pada akhlak islami. Selain itu metode pembelajaran homeschooling akan menyelamatkan anak dari teman yang memberikan pengaruh buruk baik secara akhlak dan mental. Apalagi kalau pendidikan formal orangtua tidak bisa mengawasi penuh dan guru pun sama, namun homeschooling akan membuat teman mereka terpilih.
  • Kurikulum untuk homeschooling bisa menyesuaikan kebutuhan masing-masing anak.
  • Untuk kebutuhan sosialisasi dengan orang lain sebenarnya alangkah baiknya Anda utamakan kepekaannya terhadap ilmu Ketauhidan dan kepekaan terhadap keluarga. Karena ketika kita melepaskan anak pada pendidikan formal sebenarnya kita juga tidak tahu apa yang akan mereka peroleh di luar sana terutama dari teman-teman mereka. Mengingat usia anak masih belajar membedakan mana yang haq dan bathil, arahan dari Andalah yang sangat dibutuhkan. Misalnya anak mengenal kata-kata kurang sopan saat di sekolah dan ketika di rumah kata-kata tersebut digunakan. Maka Anda akan memperoleh tugas untuk memperbaiki penggunaan kata-kata tersebut dan itu tidaklah mudah.

Sebenarnya masih banyak yang menjadi alasan kenapa harus metode homeschooling kita berikan pada anak. Untuk memulai pembelajaran homeschooling anda harus mempunyai banyak bekal yaa dan berlatih kesabaran setiap hari.

Persiapan-Persiapan Dalam Memulai Homeschooling  Mandiri

Dengan begitu banyaknya keuntungan yang akan Anda peroleh dari metode homeschooling, maka yang kamu perlukan adalah istikharah agar bisa membuat keputusan yang bijak dalam hal ini. Apabila Anda sudah mengambil keputusan untuk homeschooling maka berikut ini persiapan yang setidaknya harus Anda lakukan.

1. Percaya Diri

Poin penting dalam pelaksanaan homeschooling adalah Anda kuat secara mental, artinya ketika keputusan sudah diambil maka tidak ada alasan untuk mundur. Yakinkan diri Anda jikalau ada masalah terhadap teknis pelaksanaannya nanti maka pasti dapat terselesaikan dengan baik. Niatkan jika Bunda ingin menciptakan generasi penerus Islam yang terbaik yang memegang teguh ketauhidannya. Sehingga nantinya di masa depan mereka bisa memilih yang terbaik untuk akherat mereka.

2. Legalitas

Untuk legalitas homeschooling di Indonesia telah ada pada UU nomor 20 tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional yang mengkategorikan metode ini masuk pada pendidikan informal. Dimana saat siswa homeschooling lulus maka mereka akan memperoleh ijazah dan boleh dipergunakan untuk ke tingkat pendidikan selanjutnya atau ke perguruan tinggi. Memeriksa legalitas dari aturan homeschooling dimana kamu tinggal merupakan sebuah hal wajib sebelum kamu menggunakan metode belajar ini yaa.

3. Tujuan Homeschooling

Siapkan sedemikian banyak alasan kenapa Anda ingin memberikan metode homeschooling pada anak Anda. Dengan begitu anda akan bertekada untuk melakukan metode pembelaran ini apapun masalah yang akan Anda peroleh di depan nanti. Utamakan tujuan yang berkaitan dengan penyelamatan generasi Islam dan akhlaqnya. Selain itu alasan sosial seperti bullying hingga adanya pelecehan yang akan dialami oleh anak. Dan pastikan Bunda mendapatkan dukungan secara full dari keluarga terutama Suami agar perjalanan ANda bersama homeschooling lebih menyenangkan.

4. Komunitas Homeschooling

Terciptanya komunitas homeschooling dimana Anda dapat bergabung di dalamnya juga merupakan persiapan yang perlu Anda penuhi. Dimana selain keluarga disanalah Anda akan memperoleh dukungan penuh dan juga sebagai tempat Anda konsultasi apabila nanti di tengah perjalanan Anda menemukan masalah dan tak bisa mengatasinya.

Orang-orang yang ada di komunitas tersebut juga berperan dalam penguatan tujuan pemberian metode homeschooling pada anak. Selain itu dengan mereka Anda bisa berkumpul hanya untuk sekedar sharing masalah anak ataupun memberikan kesempatan pada anak untuk membangun kehidupan sosialnya selain keluarga.

5. Tentukan Jadwal atau Target

Dalam melaksanakan homeschooling Anda juga membutuhkan jadwal yang bisa Anda tentukan sendiri bersama anak. Selain jadwal Anda juga bisa membuat target setiap minggu yang harus anak-anak capai dengan begitu pada periode tertentu tujuan besar Anda bisa tercapai.

6. Penentuan Metode Homeschooling

Pelajari berbagai metode homeschooling yang akan cocok dengan anak-anak Anda yaa. Metode ini merupakan sebuah pendekatan yang Anda lakukan untuk mencapai tujuan dari pembelajaran yang Anda lakukan. Mengingat karakter setiap anak itu berbeda dan Anda sebagai orangtua mempunyai kewajiban untuk memahaminya secara spesifik.

7. Pemilihan Kurikulum dan Materi

Dengan adanya kurikulum maka materi yang Anda sampaikan pada anak akan lebih mempunyai arah dan tujuan yang jelas serta standar ketercapaian yang jelas pula. Periksa setiap kurikulum yang sudah ada baik itu kurikum nasional maupun Cambridge IGCSE dan kurikulum lain yang berkesesuaian dengan tujuan pembelajaran Anda. Intinya cari kurikulum yang sesuai dengan kemauan Anda tetapi juga legal di negara ini.

Demikianlah tadi cara memulai homeschooling yang Islami untuk anak-anak Anda. Persiapan-persiapan di atas sangat penting untuk Anda karena tentunya menjalankan metode homeschooling bukan tanpa masalah kedepannya. Jadilah orangtua yang terus mau belajar dan mengenal anak serta mau berusaha menciptakan generasi penerus Islam yang berakhlaq qur’ani.

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Cara Memulai Homeschooling yang Islami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel