Iklan 1

10 Dampak Positif dan Negatif HP Bagi Siswa

 

Dampak Positif dan Negatif HP

Dampak positif HP bagi seorang siswa atau pelajar sebenarnya sangat banyak terlepas dari dampak negatif yang mengikutinya. Mengingat sekarang adalah jaman serba digital dan melibatkan perkembangan teknologi yang ada. Diantaranya sektor pendidikan yang didalamnya ada hubungan antara siswa dan guru yang butuh akan HP.

Dari HP seorang guru maupun siswa bisa mengakses banyak aplikasi yang memudahkan mereka dalam pemberian tugas ataupun pengerjaan tugas, sehingga pembelajaran bisa berlangsung lebih efektif dan efisien. Namun disamping kegunaan tersebut, kita juga tidak bisa mengabaikan dampak negatif HP bagi siswa. Karena ponsel genggam ini bisa membuat orang kecanduaan dan bahkan bisa merusak perkembangan otak mereka. Oleh karena itu penting bagi kita untuk memperhatikan apa saja sih dampak positif dan negatif HP agar kita bisa melakukan pencegahan hal buruk yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Hal-Hal Positif Penggunaan HP Untuk Siswa

Sebagai orangtua kita harus bijak dalam memberikan aturan penggunaan HP bagi anak di rumah. Karena sekarang adalah era digital yang hampir semua informasi dan wawasan banyak kita temukan di dunia maya. Dengan orangtua memberikan atau meminjamkan HP bagi anak, tentunya akan ada banyak manfaat positif HP yang akan anak-anak peroleh, berikut diantaranya:

  • Bisa Memudahkan Komunikasi

Hadirnya HP diantara kita sebenarnya sangat memudahkan komunikasi. Demikian halnya di sektor pendidikan, penggunaan HP akan mempermudah komunikasi antara guru dengan siswanya atau guru dengan para wali siswa. Biasanya mereka akan membuat grup, entah itu di WA, line ataupun telegram. Alhasil informasi yang ingin guru sampaikan ataupun sebaliknya tidak akan terputus, apalagi mereka hanya membutuhkan jaringan internet untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Kemudian komunikasi menggunakan HP juga bisa kita lakukan darimana saja dan kapan saja. Sehingga proses pembagian informasi ataupun video konferensi tidak akan terganggu dan waktu belajar pun bisa semakin efektif. Misalnya di era pandemi seperti beberapa waktu lalu, guru bisa mengganti jadwal tatap muka bersama siswa dengan membuat video konferensi di aplikasi zoom. Sehingga materi pelajaran bisa tersampaikan dan lebih bisa dipahami oleh siswa.

  • Sebagai Tools Hiburan

Seorang siswa sebenarnya bukan hanya membutuhkan HP untuk belajar yaa. Terkadang ada waktu dimana mereka jenuh dan membutuhkan sedikit hiburan. Jika mereka terbatas dan tidak bisa keluar rumah salah satu pelariannya adalah HP. Karena dengan gadget ini mereka bisa menikmati hiburan lewat aplikasi youtube, games online, dan berbagai aplikasi menghibur lainnya.

Meskipun penggunaan bagi seorang siswa harus selalu dalam pengawasan orangtua. Gunanya agar siswa bisa mengakses hal-hal yang bermanfaat bagi mereka dan menjauhi hal-hal yang tidak baik untuk perkembangan mereka. Misalnya aplikasi youtube, orangtua bisa memilihkan youtube kids untuk anak-anak agar mereka menonton video bisa sesuai dengan umur mereka. Selain itu aplikasi games online, tidak mengapa anak memainkannya karena games juga mempunyai dampak positif. Diantaranya bisa melatih daya ingat dan hitung seorang anak jika tidak berlebihan.

  • Menambah Wawasan

Dampak positif HP bagi siswa selanjutnya adalah bisa menambah wawasan mereka. Karena di HP kita bisa mengakses informasi yang berkaitan dengan materi pelajaran di sekolah dengan lebih mudah. Apalagi jika di HP mereka sudah terinstall aplikasi yang bertema pendidikan. Baik itu RuangGuru, Quizz, dan sebagainya. Yang mana sumbernya bisa anak-anak percaya dan bisa membantu mereka dalam mengerjakan soal atau tugas yang mereka dapat di sekolah.

  • Lebih Nyaman Belajar

Anak-anak berkembang sesuai dengan kondisi jaman, melihat jaman sekarang tentunya dengan adanya HP dan akses informasi menjadi lebih cepat tentunya mereka suka sesuatu yang praktis. Termasuk dalam hal pencarian materi pelajaran. Daripada membaca buku materi pelajaran, mereka akan lebih bersemangat untuk mencarinya lewat HP mereka.

Selain lebih praktis, keuntungan lain belajar menggunakan HP adalah mereka lebih hemat waktu. Sehingga belajar lebih efektif dan mereka bisa memanfaatkan sisa waktu untuk belajar hal bermanfaat lainnya. Seperti berdiskusi dengan orangtua, bermain bersama teman, hingga melatih skill lainnya.

  • Mudah Akses Aplikasi Bermanfaat

Disamping menggunakan HP untuk kebutuhan sekolah dan hiburan. Anak atau siswa juga bisa memanfaatkan HP untuk hal yang positif lainnya loh. Seperti mereka bisa download aplikasi yang bisa mendukung hobi atau skill mereka.

Diantaranya anak-anak yang menyukai kosakata baru mereka bisa download aplikasinya baik itu bahasa inggris, korea, dan sebagainya. Bagi mereka yang suka menggambar bisa download aplikasi yang mengajarkan teknik menggambar atau rancang bangun. Atau jika mereka suka membaca, mereka tidak perlu beli buku karena sudah banyak aplikasi yang menyediakan bahan bacaan online yang menarik bagi usia mereka.

  • Proses Belajar Lebih Efektif dan Efisien

Siswa dapat memanfaatkan smartphone yang mereka punya untuk merekam, memotret tulisan guru di papan tulis, mengambil gambar dan sebagainya. Sehingga siswa bisa lebih hemat waktu dan bisa membuka file tersebut di lain waktu serta memanfaatkan untuk belajar kembali. Di saat mereka menyalin catatan ke buku tulis mereka, itu adalah saat mereka bisa sambil menghafal atau mengingat materi yang sedang mereka pelajari.

  • Mempermudah Mereka Mangatur Waktu

Adanya smartphone juga bisa membantu anak dalam mengatur waktu loh. Karena kamu bisa download berbagai macam aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat jadwal harian. Diantaranya ada aplikasi notes, alarm, aplikasi kalender, office dan sebagainya.

Misalnya untuk mencatat deadline dari tugas yang guru berikan menggunakan notes dan alarm atau pengingat. Sehingga kamu bisa tepat waktu dalam mengerjakan dan mengumpulkannya. Contoh lainnya, HP juga bisa kamu isi dengan jadwal harian sehingga kamu bisa tau kapan waktu mengaji, kapan waktu belajar dan sebagainya. Alhasil jika anak terbiasa seperti itu mereka bisa belajar lebih disiplin, tepat waktu dan lebih produktif.

Hal-Hal Negatif Penggunaan HP Untuk Siswa

Selain dampak positif HP yang begitu banyak, ada juga dampak negatif dari penggunaannya yang harus kamu ketahui. Bagi orangtua kita harus tau kebijakan seperti apa yang harus mereka ambil untuk mengatasi dampak negatif HP bagi anak. Sehingga anak bisa berkembang lebih positif dan lebih baik untuk masa depan mereka.

  • Kurang Fokus Belajar

Adanya begitu banyak aplikasi hiburan dan aplikasi komunikasi yang terpasang di HP anak juga mempengaruhi fokus belajar anak. Karena ada saat dimana ketika mereka belajar, perhatian mereka teralihkan untuk membuka aplikasi tersebut. Entah itu aplikasi gaming, WA, Instagram, bisa TikTok, dan sebagainya. Sehingga proses belajar mereka terganggu dan lebih fokus bermain.

  • Bisa Mengganggu Psikologis Siswa

Dampak negatif terlalu lama bermain HP akan membuat anak atau siswa kecanduan. Yang mana akhirnya mereka sulit terpisahkan dengan HP dan akhirnya jadwal aktivitas mereka akan terganggu. Contohnya tidak bisa tidur tepat waktu karena ingin terus main HP, bermain games dan melewatkan jadwal mengaji, dan sebagainya.

Hal ini secara psikologis bisa kita katakan anak sedang kecanduan HP, selain mengganggu jadwal aktivitas mereka HP juga akan membuat mereka takut kehabisan baterai atau hilang sinyal. Bahkan pada banyak penelitian menyebutkan lebih dari 50% anak atau siswa akan tertekan dan terganggu moodnya ketika HP mereka mati.

  • Mengganggu Interaksi Sosial Anak

Anak selalu tertarik dengan hal-hal baru, mengeksplor berbagai aplikasi sosial media yang sebenarnya hanya untuk hiburan semata. Hingga mereka terlalu asik dan melupakan dunia disekitarnya. Akhirnya interaksi berkurang baik itu dengan orangtua, keluarga yang lain, teman dan sekitarnya.

Tak jarang hal ini akan mengakibatkan prestasi mereka menurun baik akademik dan non akademik. Oleh karena itu orangtua harus berperan mengarahkan dan membuat anak mengerti bagaimana memanfaatkan HP untuk mengasah skill mereka.

  • Prestasi Baik Akademik Maupun Non-Akademik Turun

Salah satu bukti bahwa anak sudah kecanduan gadget dan kurang menggunakannya untuk skill mereka adalah turunnya prestasi mereka. Karena tidak fokus belajar melainkan lebih memilih eksplor aplikasi hiburan yang kurang manfaat bagi perkembangan mereka.

  • Empati Menurun

Penggunaan HP yang berlebihan juga bisa membuat mereka tumbuh cuek dan kurang berempati terhadap sekitar mereka. Karena mereka asik dengan permainan atau media sosial yang terpasang di HP mereka.

Contohnya saat ada acara keluarga anak lebih banyak menunduk dan menatap ponselnya daripada mencoba bermain dengan kerabat yang sudah lama tidak bertemu. Dan kadangkala orangtua membiarkan asal mereka bisa diam dan tidak mengganggu aktivitas orangtua.

  • Meningkatkan Kemungkinan Depresi

Dampak negatif HP untuk anak selanjutnya adalah semakin tingginya kemungkinan depresi. Karena anak sudah mulai membandingkan kehidupannya dengan yang ada di sosial media. Alhasil mereka bisa saja iri dengan kehidupan anak lain seusianya yang tidak sama dengan mereka. Selain itu juga rawan muncul bullying lewat sosial media. Karena mental masih anak-anak, sehingga mereka bisa saja salah dalam menyikapinya dan berakibat depresi pada anak.

  • Penyalahgunaan HP

Saat siswa atau anak sudah mempunyai HP sendiri, kemungkinan untuk mereka mengakses situs yang tidak sesuai dengan umur mereka akan semakin besar. Apalagi jika orangtua tidak mengawasi atau kurang pengecekan riwayat pencarian mereka di internet. Nah hal ini tentunya akan mempengaruhi perkembangan otak dan menurunkan kemampuan berpikirnya.

  • Mempengaruhi Kesehatan

Pemakaian HP pada anak yang berlebihan juga bisa membuat kesehatan terganggu loh. Contohnya pada daya penglihatan mereka yang menurun sehingga mengharuskan mereka menggunakan kacamata sejak kecil.

Hal ini tentunya sudah marak terjadi dan kita lihat pada anak-anak disekitar kita. Bahkan selain mempengaruhi mata juga berpengaruh pada daya pikir otak mereka. Dimana kemampuannya akan jauh menurun apabila mereka tidak bisa memanfaatkan HP secara tepat.

  • Kemungkinan Curang Lebih Besar

Hal ini mungkin jarang kita temui di sekolah dasar, namun pada anak yang sudah ada pada strata pendidikan yang lebih tinggi HP bisa jadi sumber kecurangan. Karena dengan alat komunikasi ini mereka bisa mencotek, akses internet, dan sebagainya saat ujian berlangsung. Tentunya ini akan mengakibatkan perkembangan otak anak terganggu dan tidak belajar secara sungguh-sungguh ketika ujian.

So ayo mari kita sebagai orangtua bijak dalam memberikan akses penggunaan HP pada anak-anak baik di rumah maupun di luar rumah. Berikan pengertian mana aplikasi yang boleh dan tidak, serta mana aplikasi yang membantu perkembangan skill mereka. Selain itu tetapkan jadwal kapan mereka bisa bermain HP dan aktivitas yang lain. Tujuannya agar anak atau siswa bisa mengalami perkembangan otak dan mental sesuai dengan usianya.

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "10 Dampak Positif dan Negatif HP Bagi Siswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel