Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Strategi Digital Marketing Untuk Memaksimalkan PPDB

 

Digital Marketing

Digital marketing pada dasarnya sudah bisa kita terapkan dimanapun kita bekerja. Dari mulai penjual kue ringan, promosi baju, promosi kursus, dan termasuk promosi sekolah. Untuk promosi sekolah ada banyak cara yang bisa kamu lakukan dari cara konvensional hingga cara yang modern. Dan dimana daring sekarang ini, mempromosikan sekolah secara online jauh lebih berdampak daripada kita door to door.

Promosi sekolah secara online merupakan sebuah strategi digital marketing di dunia pendidikan yang harus kita pelajari langkah demi langkahnya. Karena sesuai tujuan besarnya yaitu mendapatkan banyak siswa baru untuk sekolah tersebut. Dengan cara promosi yang benar dan efektif tentu sebuah sekolah dimanapun ia berada akan memperoleh siswa yang banyak dan memenuhi daya tamping sebuah sekolah.

Sebelum kita belajar digital marketing di dunia pendidikan khususnya sekolahan, mari kita belajar pentingnya strategi promosi sekolahan untuk mendapatkan banyak siswa.

Pentingnya Strategi Promosi Sekolah

Kegiatan mempromosikan sekolah untuk mendapatkan siswa baru merupakan kegiatan yang sangat penting mengingat banyaknya siswa sebuah sekolah menjadi sebuah indikator berkualitas atau tidaknya sebuah sekolahan. Sehingga strateginya perlu kita pelajari dengan benar agar proses PPDB semakin maksimal.

Siswa yang banyak pada sebuah sekolah mengartikan bahwa sekolah tersebut sudah dipercaya masyarakat. Dan begitupun sebaliknya apabila sebuah sekolah mempunyai murid yang sedikit maka kualitas dari sekolah tersebut harus kita pertimbangkan kembali.

Kegiatan promosi sekolah meliputi perkenalan sekolahan kepada calon siswa dan juga orangtuanya. Program apa saja yang mereka tawarkan dan lingkungan sekolah seperti apa yang akan didapatkan siswa. Serta tenaga guru seperti apa yang mengajar disana.

Promosi sekolah tidak hanya penting kita lakukan menjelang PPDB saja. Tetapi juga selama proses Kegiatan Belajar Mengajar berlangsung. Dengan begitu sekolah akan semakin dekat dengan masyarakat dan semakin mudah dikenal oleh masyarakat secara umum. Sebelum kita melangkah pada strategi digital marketing kita awali dulu dengan belajar strategi promosi siswa yang benar.

  •         Pemetaan Target Siswa

Pertama sebagai sekolah yang mempunyai kredibilitas yang tinggi kita harus punya pemetaan target siswa yang jelas. Jika sekolahan yang kamu kelola merupakan sekolah Islam maka akan kurang tepat apabila kamu mempromosikannya di kalangan non Islam, sekolah kejuruan dengan kompetensi tententu, dan sebagainya.

Ada banyak variable yang bisa kalian masukkan dalam kegiatan pemetaan ini. Mulai dari umur, minat dan bakat siswa, lokasi sekolahan berada, kemampuan siswa, dan sebagainya.

Untuk pemetaan target siswa ada baiknya memang selalu ditinjau ulang atau dievaluasi terus-menerus. Sehingga sebuah instansi pendidikan bisa meng-update strategi yang harus digunakan disetiap ajaran baru. Pemetaan target siswa yang benar akan meningkatkan jumlah pendaftar di sekolaha tersebut.

  •         Pengenalan Sekolah

Jika pemetaan target siswa berhasil kamu buat, maka selanjutnya adalah tahap eksekusi. Dimana pihak sekolah mulai mengenalkan profil sekolah dengan segala programnya ke target siswa mereka dan orangtua siswa.

Sehingga mereka yang belum pernah mendengar nama sekolahan kita bisa kenal dan mengetahui bahwa ada sekolahan yang sesuai untuk mereka di lokasi tersebut. karena fakta di lapangan mengatakan bahwa banyaknya sekolah disekitar kita belum tentu semua namanya dikenal masyarakat. Sehingga promosi merupakan kegiatan yang penting untuk mengenalkan sekolahan.

  • Mempromosikan Sekolahan

Setelah dua tahap tersebut, maka selanjutnya kita perlu membuat daftar apa saja kelebihan dari sekolahan kita yang hendak kita tawarkan kepada siswa dan orangtua bisa. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu jadikan materi dalam rangka mempromosikan sekolah:

1.Profil sekolah

2.Profil tenaga guru dan kependidikan

3.Fasilitas unggulan dari sekolah

4.Lingkungan sekolahan

5.Suasana dan juga kreativitas Kegiatan Belajar Mengajar

6.Prestasi baik akademik dan non akademik siswa

7.Program sekolah dan ekstrakulikulernya

8.Dan sebagainya

Dari materi tersebut kita berharap akan menarik perhatian calon siswa dan orangtuanya. Sehingga akan banyak siswa baru yang mendaftar di sekolah tersebut.

Strategi Promosi Sekolah Secara Konvensional

Ada banyak cara untuk mempromosikan sekolah. Nah untuk cara konvensional kamu memperlukan media fisik dan juga tatap muka. Media fisik yang bisa kamu gunakan meliputi brosur, poster, membuat baliho dan sejenisnya. Cara ini cukup efektif dan bisa kamu lokasikan di daerah-daerah yang kamu targetkan. Selain itu kamu juga bisa membuat program sekolah berupa event sembako murah, dimana masyarakat bisa menebus bahan-bahan dapur secara murah. Disamping itu bisa juga membuat kegiatan yang melibatkan masyarakat sekitar misalnya kegiatan kajian sekaligus sembako murah sambil berupaya menyisipkan promosi PPDB di sekolah tersebut.

  •         Promosi Ke Sekolah-Sekolah

Selain menggunakan brosur dan sejenisnya, kamu juga bisa langsung door to door. Yaitu dengan mendatangi sekolah-sekolah dengan jenjang yang lebih rendah. Jalinlah kerjasama yang saling menguntungkan dengan sekolah di jenjang yang lebih rendah.

Jika sekolahmu merupakan sekolah SMA maka kamu harus melakukan promosi ke sekolah SMP yang ada di provinsi kalian. Kamu bisa menawarkan jika dari SMP tersebut maka siswanya bisa langsung masuk tanpa tes untuk yang mempunyai prestasi tertentu. Atau kamu bisa memberikan batas quota untuk sekolah SMP yang kamu ajak kerjasama.

  •         Program Beasiswa

Program beasiswa juga merupakan teknik yang sampai sekarang masih sering kita jumpai untuk menarik perhatian siswa SMP masuk ke SMA atau jenjang pendidikan yang lain. Program ini tentu memberikan keuntungan bagi berbagai pihak. Mulai dari sekolah kita mendapat siswa baru, sekolah sebelumnya mendapatkan kejelasan siswanya sekolah dimana, dan orangtua siswa diuntungkan dengan adanya beasiswa.

  •         Dari Mulut ke Mulut

Di Indonesia teknik ini cukup ampuh yaa, apalagi jika memang sekolah kamu punya berbagai fasilitas yang menguntungkan. Secara otomatis orangtua siswa akan sharing sesama orangtua dimana mereka akan menyekolahkan anak mereka beserta alasannya. Selain itu sekolah juga bisa memanfaatkan ikatan alumni untuk mendapatkan siswa, caranya dengan meminta bantuan mereka untuk merekomendasikan sekolahan mereka.

Strategi Promosi Sekolah Modern

Secara modern digital marketing merupakan strategi  yang akan kita tempuh dalam mempromosikan sekolah. Seiring dengan kemajuan teknologi tidak bisa kita pungkiri cara ini merupakan cara paling efektif dalam memasarkan sebuah sekolahan. Apalagi kita tau masyarakat Indonesia sudah melek internet dan teknologi sehingga informasi mengenai PPDB akan mudah sampai ke telinga mereka. Dan pada akhirnya akan memperluas target siswa sekolahan kamu

Ada banyak media online yang bisa kalian gunakan untuk memaksimalkan PPDB sekolah kamu. Cara inilah yang kita sebut dengan strategi digital marketing, dimana kita memanfaatkan media online untuk mengenalkan sekolah kita kepada masyarakat. Sambil belajar digital marketing, berikut ini beberapa teknik promosi online yang bisa kamu terapkan untuk sekolahanmu.

  •        Website Sekolah

Website sekolah merupakan media digital marketing yang saya rasa cukup bagus untuk membangun kredibilitas sebuah sekolah. Disana kamu bisa sharing berbagai materi sekolah, program sekolah pada tahun ajaran tersebut, guru-gurunya, kegiatan sekolah yang baru berlangsung dan tentunya jadwal PPDB paling up-to-date.

Nah mungkin kendala yang kamu alami adalah sumber daya yang mengelola website tersebut. Dari mulai siapa yang membuat websitenya, yang selalu update kegiatan dan sebagainya. Tentunya selain bisa dilakukan sekolah secara mandiri kamu juga bisa mencari jasa digital marketing yang melayani program website sekolah dan sejenisnya. Dengan begitu maintanancenya akan jauh lebih mudah dan kamu pun bisa memperoleh website sekolah yang lebih bagus.

  •        Media Sosial Khusus Sekolah

Media sosial juga menjadi komponen penting untuk mempromosikan sekolah. Dimana kamu bisa sharing berbagai kegiatan sekolah disana kamu juga bisa share brosur-brosur yang berkaitan dengan kegiatan PPDB. Selain jangkauan target siswanya yang akan lebih luas teknik ini juga akan lebih mudah kamu terapkan.

Kamu bisa membuat facebook, account instagram, twitter, dan sejenisnya. Jangan lupa media sosial tersebut harus aktif, dimana bisa selalu update berbagai kegiatan sekolah dan menjawab berbagai pertanyaan yang ada di komentar.

Jika media sosial bisa kalian kelola dengan baik maka strategi digital marketing yang sedang kalian lakukan bisa kita katakana berhasil menarik perhatian baik calon siswa maupun orangtuanya. Oleh karena itu pilihlah admin yang memang bisa memaintance sosial media sekolah dengan baik dan benar.

  •         Youtube

Youtube juga merupakan media dalam mensupport kegiatan promosi sekolah. Bukan hanya soal PPDB online yang bisa kamu share disana. Tetapi juga berbagai kegiatan yang sedang berlang di sekolahan. Misalnya kamu memvideo kegiatan ekstrakulikuler setiap minggunya dan upload video tersebut di youtube. Selain itu juga video apabila ada kunjungan kerja dari berbagai instansi.

Tentunya semakin kamu rajin membuat video tentang sekolahanmu maka masyarakat akan dengan mudah mengenal sekolah kalian. Dengan begitu masyarakat akan semakin percaya untuk menitipkan anaknya di sekolah tersebut.

Belajar digital marketing sebenarnya mudah karena semuanya bisa kamu pelajari secara online. Jikalau kamu terbatas sumber daya manusianya maka kamu bisa saja cari jasa digital marketing yang memberikan layanan yang kamu butuhkan seperti marketingdigital.id. Dan kamu hanya perlu memberikan materi-materi dan jadwal kapan materi tersebut harus di up ke masyarakat. Dengan begitu calon siswa dan orangtuanya menjadi aware terkait keberadaan sekolahmu dan programnya.

 


Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "6 Strategi Digital Marketing Untuk Memaksimalkan PPDB"