Iklan 1

Mendidik Siswa Menjadi Pemimpin di Era Modern



Mendidik sudah pasti merupakan tanggung jawab orang tua, baik di rumah maupun di sekolah. Sebagaimana yang semua orang ketahui, bahwa mendidik di sekolah menjadi tenggung jawab guru sebagai orang tua kedua. Meski durasi bertemu antara guru dengan siswa tidak sepanjang durasi anak dengan orang tua di rumah, namun hal ini juga berpengaruh terhadap karakter anak. 

Pembentukan atau sebuah pendidikan yang diberikan kepada anak tentunya akan memberi sebuah dampak yang menentukan bagi masa depan anak. Dampak tersebut tentunya akan lebih terasa jika sebuah pendidikan karakter diberikan setiap hari atau secara rutin. 

Salah satu pendidikan karakter yang perlu ditanamkan pada siswa ialah sebuah cara untuk mendidik siswa menjadi pemimpin era modern. Tentunya akan terlihat berat jika mengacu pada kata 'pemimpin'. Namun bukankah seseorang terlahir sebagai seorang pemimpin, terutama untuk diri sendiri bukan? 

Sebagaimana yang telah dilakukan oleh Bapak dan Ibu Guru di UPT SD Negeri 132 Gresik, yang mengutamakan perkembangan karakter siswa tanpa mengesampingkan prestasi kognitif siswa. Sekolah ini memiliki sebuah program khusus yang bertujuan menggembleng dan juga menyiapkan siswa supaya memiliki karakter yang positif. 

Salah satu program yang terkenal ialah melalui sebuah program islami yang disebut dengan 'Muhadhoroh'. Kegiatan ini memang ditujukan kepada anak supaya memiliki keunggulan yang lebih, terutama pada karakter dan jiwa kepemimpinan anak secara agamis. 

Kegiatan Muhadharah yang dipelopori oleh Bpk. Gunari, S.Pd selaku pencetus adanya program ini tentunya tak pernah bosan untuk memberikan dedikasi kepada siswa dengan baik. Dalam program ini terdapat beberapa keunggulan yang akan dibangun pada karakter siswa, selengkapnya dalam uraian berikut:

Keunggulan kegiatan muhadharah dalam mendidik siswa menjadi pemimpin era modern

Melatih Siswa Berbicara

Kemampuan siswa dalam berbicara tentunya tidak hanya pada saat kegiatan belajar mengajar di kelas saja. Namun kemampuan siswa dalam berbicara di depan umum juga patut untuk diasah. 

Melalui program muhadharah ini siswa akan terbiasa untuk berbicara di depan dengan banyak audience. Secara tidak langsung siswa akan terbiasa untuk dapat tampil berbicara di depan tanpa takut bahkan gerogi. 

Melatih Kreatifitas Siswa

Karakter kedua yang dapat menonjol melalui adanya program ini ialah kreatifitas siswa. Tidak hanya mampu tampil di depan, namun siswa juga akan terbiasa untuk meluapkan kreatifitasnya melalui pembuatan pantun, atau puisi dengan tema yang telah ditentukan. 

Memperluas Pengetahuan Rohani

Sebagaimana namanya, program muhadharah ini dilatarbelakangi dengan kegiatan islami. Sehingga ada saat dimana pengisi materi yaitu Bapak/Ibu guru yang bertugas dapat menyampaikan materi islami yang membangun karakter positif siswa. 

Sebenarnya masih banyak sekali karakter positif yang akan muncul melalui program muhadharah. Sebagaimana dijelaskan di atas, pendidikan karakter saat ini sangat penting untuk digalakkan melalui program program unggulan di sekolah. Agar nantinya siswa akan menjadi seorang yang juga unggul di masa depan. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Mendidik Siswa Menjadi Pemimpin di Era Modern"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel