Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Bagian-bagian dari RPP Kurikulum Merdeka!

Progam yang dibuat oleh pemerintah berupa adanya implementasi kurikulum merdeka membuat semua satuan pendidikan harus mampu menyesuaikan diri dengan kurikulum ini. Salah satunya dengan mengikuti segala macam alur sesuai dengan kurikulum merdeka belajar. 

Kurikulum merdeka belajar memberikan suasana baru bagi dunia pendidikan. Salah satunya dengan menggunakan RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang berbasis kurikulum merdeka. Bukan hal yang baru lagi mengenai RPP, namun secara format penulisan RPP juga berbeda dengan yang lainnya. Apa yang beda? berikut rinciannya.


Bagian-bagian dari RPP kurikulum merdeka

Informasi Umum

Bagian yang pertama pada RPP kurikulum merdeka tentunya sama dengan RPP pada umumnya, yaitu berupa informasi umum. Informasi umum ini dapat berisi identias berupa : 1) Nama penyusun, 2) Institusi satuan pendidikan, 3) Muatan Mata Pelajaran, 4) Topik atau tema, 5) Materi pokok. 

Dari kelima informasi umum di atas tentunya dapat anda sesuaikan dengan lingkungan yang ada. Sesuai dengan satuan pendidikan yang ada di dalam sekolah anda. 

Namun tidak hanya 5 bagian di atas, terdapat beberapa bagian-bagian lainnya yang juga penting dalam RPP ini. Diantara bagian-bagian tersebut ialah: 1) Jenjang Sekolah, 2) Fase/Kelas, 3) Tahun Pelajaran, 4) Moda Pembelajaran, 5) Metode Pembelajaran, 6) Model Pembelajaran, 7) Target Peserta Didik, 8) Karakteristik PD, 9) Jumlah Peserta Didik, 10) Profil Pelajar Pancasila, 11) Sarana dan Prasarana. 

Bagian-bagian tersebut dapat anda isi sesuai dengan keadaan sebenarnya. Anda dapat menyesuaikannya dengan apa adanya. 

Komponen Inti

Bagian yang kedua dari RPP Kurikulum Merdeka Belajar ialah adanya komponen inti. Bagian ini berisi 9 bagian pokok, bagian bagian tersbut diantaranya: 1) Capaian Pembelajaran / CP, 2) Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), 3) Tujuan Pembelajaran, 4) Pemahaman Bermakna, 5) Pertanyaan Pemantik, 6) Asesmen, 7) Kegiatan Pembelajaran, 8) Pengayaan & remidial, 9) Refleksi. 

Semua bagian dari komponen inti tersebut hendaknya dilengkapi, agar pembelajaran dapat menyasar pada tujuan. 

Baca Juga : Contoh RPP Kurikulum merdeka Terbaru

Lampiran

Pada bagian lampiran RPP Kurikulum Merdeka terdapat cabang bagian lagi. Diantaranya berupa: Bahan bacaan guru dan siswa, LKPD, dan juga Rubrik penilaian.

Itulah beberapa ulasan penting mengenai beberapa bagian-bagian dari RPP kurikulum Merdeka. Lengkapi setiap bagiannya dengan isi yang sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. 

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Ketahui Bagian-bagian dari RPP Kurikulum Merdeka!"