Iklan 1

Kurikulum Merdeka Hasilkan Pelajar Pancasila?



Setelah membahas mengenai apa itu kurikum merdeka, kini muncul lagi sebuah istilah yaitu pelajar pancasila. Apa itu pelajar pancasila? Hal ini akan kita bahas pada uraian berikut. 

Pelajar pancasila merupakan siswa yang memiliki profil pancasila dalam setiap tingkah lakunya. Profil pelajar pancasila ini diharapkan menjadi standar-standar keberhasilan dari penerapan kurikulum merdeka. Adapun kriteria atau profil pelajar pancasila akan tertuang dalam uraian berikut ini. 

Kriteria Pelajar Pancasila


Beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlaq mulia


Sebagaimana namanya, pelajar pancasila diharapkan memiliki kriterima pertama dengan adanya iman dan taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Iman dan taqwa ini dapat diaplikasikan dengan akhlaq mulia yang tertuang dalam perilaku peserta didik. 


Mandiri


Karakter unggul yang diharapkan mampu tercermin dalam pelajar pancasila ialah mandiri. Seorang siswa diharap mampu mengerjakan apa yang menjadi tugasnya secara mandiri. Sebagai contoh kecil, ketika ada tugas rumah diharapkan siswa mempu mengerjakan tugas tersebut secara mandiri tanpa harus merepotkan orang lain. 
Bila memang mengerjakan tugas memerlukan bimbingan khusus tentunya sebagai orang tua ataupun guru tetap harus memberikan bimbingan. Ingat, memberikan bimbingan bukan berarti memfasilitasi semua termasuk mengerjakna untuk anak. Namun hanya sebatas memberi arahan atau bimbingan dalam menyelesaikan tugas. 

Bergotong Royong


Bentuk karakter selanjutnya yaitu bergotong royong. Dari namanya, kegiatan gotong royong tentunya dilaksanakan secara bebarengan terutama dengan teman atau semua yang berhubungan dengan siswa. 
Kegiatan gotong royong dapat dilakukan siswa dengan teman, atau siswa dengan guru. Hal ini sesuai dengan hal yang telah disepakati bersama. Sikap gotong royong akan menimbulkan kebaikan di lingkungan bersama, termasuk membuat pekerjaan semakin mudah. 


Berkebhinekaan Global


Istilah berkebhinekaan global tentunya mengarah pada sikap dan juga tingkah laku yang mau menerima berbagai macam jenis perbedaan yang ada. Diharapkan semua yang berhubungan dengan pribadi siswa mampu menerapkan berbagai macam perbedaan baik dalam bentuk budaya dan lain sebagainya. 

Bernalar Kritis


Memiliki jiwa yang mampu berpikir kritis merupakan salah satu tujuan penting diterapkannya kurikulum merdeka. Dari kemampuan berpikir kritis diharapkan siswa mampu menyelesaikan sebuah permasalahan atau jenis tantangan lainnya secara cepat dan tangkas. Nalar yang kritis ini akan membuat siswa terlatih dalam menghadapi berbagai tantangan di depan secara mandiri. 

Kreatif


Kemampuan bertindak kreatif sangat diperlukan di era saat ini. Dimana semua kegiatan yang ada akan penuh persaingan dan tantangan. Hanya orang yang memiliki jiwa kreatif yang mampu bersaing secara sehat. 

Pelajar pancasila merupakan hasil emas dari implementasi kurikulum merdeka ini. Diharap untuk kedepannya pelajar pancasila mampu mengharumkan nama bangsa dan menjadi penerus yang berbudi pekerti luhur. 
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Kurikulum Merdeka Hasilkan Pelajar Pancasila?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel