Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alur Mutasi Simpatika Pendidik dan Tenaga Kependidikan


Akun simpatika merupakan akun yang berada dalam naungan kemenag (kementrian agama) Republik Indonesia. Berbeda dengan sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan, Kemenag berhubungan dengan Madrasah. Jadi ibaratkan data pokok, sudah ada yang mengatasinya pada masing-masing posnya. 

Mengajukan mutasi pada akun simpatika dapat anda lakukan pada masing masing akun PTK yang bersangkutan. Pengajuan ini nantinya akan berujung verval pada admin kabupaten. Untuk itu, simak kelengkapannya dalam uraian berikut ini. 

Login Simpatika

Langkah pertama yang anda lakukan ialah dengan login ke simpatika PTK yang bersangkutan. Login tentunya menggunakan akun simpatika dan juga password yang sesuai. 

Pilih Menu Mutasi

Selanjutnya anda memilih menu mutasi pada bagian kiri layar. Setelah itu lengkapi data yang muncul di layar anda. Isi sesuai dengan kebutuhan anda. 

Cetak Ajuan

Setelah melengkapi dokumen tersebut, anda perlu mecetak hasilnya. Dokumen ini berisi nama Ajuan SM01. Simpatika memiliki banyak istilah untuk jenis surat yang ada, jadi untuk cetak ajuan dokumen mutasi ini namanya adalah SM01. 

Pengesahan Kepala Madrasah

Selanjutnya yaitu pengesahan dari kepala madrasah yang lama. Pengesahan ini membutuhkan tanda tangan dan juga stempel dari madrasah lama, bukan madrasah tujuan. Perlu anda ketahui, bahwa SM01 terdapat 2 orang yang bertanda tangan, yaitu guru yang akan mutasi dan juga kepala madrasah. 

Melengkapi Lampiran

Sebagaimana pengajuan PTK baru yang tentunya membutuhkan beberapa dokumen pendikung, mutasi PTK juga membutuhkan dokumen pendukung atau lampiran. Diantara lampiran yang anda butuhkan adalah Salinan SK dari sekolah / madrasah baru. Hal ini bertujuan untuk menambahkan TMT pada bagian sekolah baru anda. 

Menyerahkan ke Admin

Pada kesempatan kali ini yang dimaksud dengan admin ialah Operator Kabupaten yang bersangkutan (tujuan). Apabila anda mutasi pada madrasah yang masih dalam satu kabupaten, tentunya anda hanya perlu menemui satu admin saja. Namun apabila anda mutasi pada lain kabupaten, maka anda perlu menemui admin simpatika pada Kabupaten tujuan. 

Verval Oleh Admin

Langkah terakhir yaitu dengan menunggu verval oleh admin Kabupaten/kota. Jadi, ini merupakan finishing dari serangkaian langkah yang anda lakukan dari awal. Verval dapat secara langsung pada hari itu juga maupun menunggu beberapa waktu ke depan. Anda dapat mengupdate data dan juga menanyakan pada admin yang bersangkutan secara berkala. 

Mutasi merupakan hal yang memang perlu anda lakukan demi kepentingan administrasi. Bagaimanapun juga, tidak ada yang mengetahui mengenai apa yang terjadi di depan. Bisa jadi, anda akan mendapatkan kesejahteraan yang lebih dengan mengurus administrasi melalui mutasi dari sekolah asal. Bila memang anda kesusahan untuk mengakses akun simpatika dan menjalankan langkah di atas, maka anda dapat meminta bantuan pada operator sekolah yang bersangkutan. 

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Alur Mutasi Simpatika Pendidik dan Tenaga Kependidikan"