10 Jenis Kurma yang Recommended yang Wajib Diketahui





 (Foto: Healthyfoodhouse)


Kurma. Makanan khas yang pasti tidak dapat dipisahkan di bulan Ramadhan. Selain diburu karena rasanya yang manis, ternyata kurma juga memiliki segudang khasiat yang dikandungnya.

Menurut jenisnya, terdapat 3.000 kurma di dunia dengan berbagai macam ciri khas yang berbeda sesuai jenisnya. Di Negara Arab terdapat 400 jenis kurma, Iran 400, Irak 370, Tunisia 250, Oman 250 dan di maroko terdapat 244 jenis kurma. Diantara ribuan kurma tersebut, tenyata ada 10 jenis kurma yang rasanya recommended banget. Jenis apa sajakah itu? Kira-kira kita sudah pernah mencoba belum ya? Yuk kita simak!


Kurma Medjool
Kurma ini dijuluki sebagai ‘Ratu Kurma’ atau Queen of Dates, dikarenakan memiliki ukuran yang besar. Kurma ini memiliki tekstur yang empuk, berserat, basah, dan memiliki aroma yang kuat. Kurma ini sangat terkenal di Negara Amerika, serta biasa digunakan sebagai bahan campuran dalam suatu makanan. Rasa kurma Medjool lebih mirip dengan rasa caramel. Kurma ini juga cocok untuk bahan rasa pada pembuatan kue.karena rasanya yang manis dan enak dimakan 


Kurma Ajwa
Kurma ini berasal dari Arab Saudi, yakni di Kota Madinah. Kurma Ajwa bersifat menyembuhkan. Dalam sebuah hadits telah disebutkan bahwa nabi telah mengatakan apabila mengonsumsi tujuh kurma ajwa di pagi hari dapat melindungi racun hingga sore hari.

Kurma Ajwa memiliki tekstur yang kenyal, namun sedikit kering dan lengket. Rasa dari kurma Ajwa seperti madu dan gula palem, serta tidak memiliki rasa manis berlebih. Kurma ini menjadi produk unggulan di kota Madinah dan menjadi kurma favorit Nabi Muhammad.


Kurma Deglet Noor
Degleet Noor berasal dari Aljazair. Kurma ini memiliki tekstur yang bervariasi dan mirip dengan benang wool ataupun sutra, hingga seperti daging buah zaitun. Kurma ini memiliki warna yang beragam, mulai dari kuning, hingga warna oranye dengan kuning pada ujungnya, serta memiliki kulit yang sedikit bercahaya.


Kurma Zahidi
Berasal dari iran. Kurma ini termasuk dalam varietas langka. 
Dikarenakan kurma ini memiliki kombinasi rasa selai kacang, rasa manis, dan tekstur kenyal.Dan bagus untuk dikonsumsi para wanita yang menikah belum dikarunia anak. bagus buat promil, Kurma ini memiliki kulit yang tebal dibandingkan dengan kurma yang lainnya. Namun kurma ini juga kaya akan serat.


Kurma Khadrawi
Kurma Khadrawi memiliki ukuran yang beragam. Kurma Khadrawi memiliki daging yang tebal serta berwarna merah keemasan. Khadrawi memiliki rasa manis seperti caramel tetapi tidak terlalu manis dibandingkan dengan kurma medjool. Kurma ini memiliki kadar air yang tinggi dibandingkan dengan kurma yang lain.

Kurma Halawi
Halawi memiliki rasa yang manis dan kelembutan yang meleleh. Namun memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan kurma yang lain. Kurma ini memiliki daging yang tebal dan lunak, cocok jika dijadikan sebagai camilan.


Kurma Barhi
Kurma ini terkenal karena dagingnya yang tebal dan lunak. Rasanya mengingatkan akan rasa pudding caramel. Kurma ini lebih cocok jika dimakan saat segar, daripada saat dikeringkan.


Kurma Sagai
Kurma ini berasal dari Arab Saudi. Sagai tidak memiliki tekstur yang lembut tetapi garing. Pada umumnya kurma Sagai memiliki warna cokelat dan berwarna kuning cerah di ujungnya. Uniknya, meskipun memiliki kulit yang mengerut kurma ini tidak dapat terkelupas dari kulitnya.


Kurma Thoory
Bentuk dari kurma ini panjang dan besar. Memiliki daging berwarna cokelat keemasan. Penampilan luarnya keriput dengan warna cokelat bahkan merah. Rasa kurma Thoory manis dan ada rasa kacangnya.


Kurma Sukkari
Kurma ini terkenal dikarenakan khasiatnya, yakni dapat menurunkan kolesterol, mencegah kerusakan gigi dan menghilangkan lelah. Kurma ini biasanya dibudidayakan di wilayah Al Qaseem Arab Saudi.


Nah, itu tadi merupakan beberapa ulasan tentang kurma-kurma yang recommended se-dunia. Kira-kira, kurma apa yang sudah kamu coba? Apakah salah satu dari jenis kurma di atas? Atau bahkan kurma yang kamu makan tidak ada diantara 10 kurma diatas? Hehehe. Jangan khawatir, pada dasarnya jenis dan kandungan serta manfaat dari kurma itu sama kok. Jadi jangan sampai di ramadhan kali ini kamu nekat ke luar negeri buat cari kurma ya. Tetap stay at home aja.

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

0 Response to "10 Jenis Kurma yang Recommended yang Wajib Diketahui"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel