Iklan 1

Cara Mengatasi Karakter Siswa yang Beragam


Karakter merupakan sikap, kepribadian, dan watak yang tentunya tidak sama antara yang dimiliki satu siswa dengan siswa yang lainnya. Perkembangan karakter paling dominan tergantung pada kondisi keluarga siswa. Sangat salah jika ada yang bilang karakter merupakan bawaan dari lahir, karena karakter dibangun dari lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan sosial lainnya.

Pasti terfikirkan dalam benak masing-masing guru tentang bagaimana cara menghadapi siswa dengan karakter yang berbeda-beda. Perlu diketahui bahwa perbedaan karakter yang ada pada siswa disebabkan oleh perkembangan intelektual, kemampuan berbahasa, latar belakang pengalaman, gaya belajar, bakat dan minat siswa. 

Guru yang profesional tentunya harus dapat memahami dan menguasai cara untuk mengatasi karakter siswa yang beragam. Keberhasilan guru dalam mengatasi karakteristik siswa yang beragam dapat ditentukan dengan 3 aspek yang mempengaruhinya, yaitu Kepribadian, pandangan guru terhadap siswa, dan latar belakang guru itu sendiri.

Saat guru sudah memiliki ketiga aspek itu dengan baik, maka yang harus dilakukan guru selanjutnya untuk memahami karakter siswa yang beragam yaitu: 

1. Menggunakan Metode pembelajaran yang tepat

Metode pembelajaran sebaiknya tidak ditujukan pada sebagian siswa saja, untuk menghadapi karakter yang beragam, tentunya guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang dapat memadukan beberapa karakter yang menonjol dari semua siswa di kelas.

Sehingga semua siswa dapat melakukan kegiatan belajar dengan baik, karena merasa yang disampaikan oleh gurunya dapat diterima dengan baik. 

2. Memperlakukan Siswa secara adil

Disini yang dimaksud adil tidak harus sama, atara satu siswa dengan siswa lainnya. Namun adil dapat diartikan sebuah perlakuan sesuai dengan yang dibutuhkan masing-masing siswa.

3. Memberikan Motivasi yang Tepat 

Motivasi yang diberikan guru tentunya harus dapat membangun karakter siswa dari yang belum mampu menjadi mampu, dari yang belum paham menjadi paham. 

Jika ada siswa yang masih mempunyai kemampuan yang minim, maka guru harus memotivasi siswa pada kemampuan lain yang belum terlihat pada siswa namun pada dasarnya siswa memiliki kemampuan lain tersebut.

4. Membangun Komunikasi yang baik

Interaksi antara guru dan siswa tentunya harus berjalan dengan baik agar tercipta pembelajaran yang menyenangkan. Sampaikan segala sesuatu yang guru ingin sampaikan pada siswa dengan cara yang baik, agar tidak melukai hati siswa sehingga siswa tetap antusias dan rajin belajar. 

5. Ciptakan Suasana Belajar yang Nyaman

Suasana yang nyaman dan kondusif dapat menyatukan siswa pada sebuah karakter yang membuat guru lebih mudah menyampaikan materi dan siswapun mudah untuk menerima materi tersebut. 

Media pembelajaran yang menarik juga dapat membantu guru mengatasi beragam karakter siswa dalam kelas. Siswa juga dapat menerima karakter berbeda yang ditemukan dari teman-teman yang lain melalui media pembelajaran. Tetaplah menjadi guru yang kreatif dengan memahami karakter siswa yang beragam.
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Karakter Siswa yang Beragam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel