Belajar di Luar Kelas? Ayo Siapa Ikut!


Belajar di luar kelas dapat menjadi suatu pengalaman yang menyenangkan bagi siswa. Dimana siswa merasa bebas dari dinding yang membatasi dirinya dengan udara segar di luar sana. 

Belajar di luar kelas dapat dilakukan dimana saja, tentunya masih dalam lingkungan sekolah. Misalnya, jika lingkungan sekolah kita merupakan pedesaan, maka kegiatan belajar di luar kelas dapat dilakukan di lapangan sekolah, di lahan sawah yang kosong, di halaman masjid, di balai dusun, dan lingkungan menarik lainnya yang dapat membuat siswa nyaman.

Belajar di luar kelas sebaiknya perlu diagendakan setiap satu minggu sekali. Guna mengatasi kejenuhan siswa ketika satu minggu belajar di dalam kelas.
Kegiatan belajar di luar kelas juga dapat mewujudkan tujuan pembelajaran, diantaranya : 
  1. Meningkatkan karakter siswa pada kegiatan yang bermanfaat, misalnya membantu teman, menjaga teman, atau membersihkan lingkungan sekitar.
  2. Memberikan Siswa pengalaman langsung. Siswa dapat merasakan bagaimana cara menanam pohon, cara berladang, dan lain sebagainya.
  3. Sistem pembelajaran yang menyenangkan, sehingga siswa menjadi fresh kembali karena tidak monoton di dalam kelas.
  4. Pembelajaran menjadi nyata. Saat menyampaikan pembelajaran tentunya ada materi yang kita jelaskan, guru dapat menjelaskannya menggunakan media benda konkret yang ditemukan di luar kelas.
  5. Siswa Menjadi lebih kreatif. Apa yang dilihat siswa saat kegiatan belajar, itulah yang akan menjadi ilmu yang didapat pada hari itu. Sehingga kreatifitas siswa dapat diolah secara maksimal ketika siswa nyaman dalam kegiatan belajar.


Selain tercapainya tujuan belajar diatas, kegiatan belajar di luar kelas juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya : beberapa siswa sulit berkonsentrasi, siswa menjadi tidak terkendali, serta membutuhkan waktu yang lama. 

Untuk mengatasi beberapa kemungkinan negatif tersebut maka dalam proses kegiatan pembelajaran di luar kelas, sebaiknya guru menggunakan materi yang sesuai, sehingga tujuan pembelajaran dapat disasar dengan tepat.

Jangan sampai kegiatan pembelajaran di luar kelas menjadi kegiatan yang sia-sia atau hanya sekedar bermain-main diluar kelas. Untuk itu, penting bagi guru merumuskan tujuan yang meruncing saat memutuskan belajar di luar kelas. 

Penguasaan guru terhadap siswa juga menjadi modal utama yang menunjang kegitan belajar di luar kelas. Guru harus memiliki banyak alternatif lain untuk menghadapi kemungkinan yang terjadi di luar rencana, misalnya : siswa tidak fokus, siswa berlarian, dan kemungkinan buruk lainnya.

Biasanya kegiatan di luar kelas menggunakan metode permainan, namun tetap fokus terhadap materi. Sehingga siswa secara tidak sadar menerima materi dengan cara bermain. Belajarpun menjadi hal yang menyenangkan. 

Guru juga dapat memberi variasi, yakni mengajak siswa membawa bekal ketika melakukan kegiatan belajar di luar kelas. Sehingga akan memberi kesan yang menyenangkan ketika selesai belajar kemudian makan bersama di bawah pohon yang rindang. 

Wah, ternyata belajar di luar kelas itu menyenangkan ya, siswa senang gurupun menjadi lebih disayang oleh siswa. Ayo, lebih semangat dan ciptakan ide kreatif saat belajar di luar kelas!
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

0 Response to "Belajar di Luar Kelas? Ayo Siapa Ikut!"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel