Iklan 1

Tips Mengatasi Siswa Mengantuk Saat Membaca


Siswa saat ini pasti malas jika disuruh membaca buku. Bahkan mereka sering menguap tanda mengantuk saat membaca buku. Mengantuk saat membaca buku biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu buku yang kurang menarik, rasa malas, atau kondisi badan yang lelah.

Rasa mengantuk ini juga bisa terjadi saat siswa mendengarkan guru yang menjelaskan pelajaran menggunakan metode ceramah. Rasa mengantuk ini akan memberi dampak negatif bagi siswa. Salah satunya siswa akan sulit menambah ilmu dari buku yang dibaca serta dari pelajaran yang dijelaskan guru. 

Bagi guru yang ingin mengatasi siswa yang suka mengantuk saat membaca buku, dapat melakukan hal-hal berikut :

1. Menanamkan niat

Sebelum menyuruh siswa untuk membaca buku, sebaiknya jelaskan tujuan yang akan dicapai setelah membaca. Siswa akan menjadi bersemangat saat mengetahui apa tujuan dia membaca. Sehingga niat siswa untuk membaca lebih serius. 

2. Memilih Waktu yang tepat

Jam pelajaran yang efektif untuk membaca yakni pada pagi hari atau pada jam pertama pelajaran dimulai. Inilah yang menjadi faktor utama mengapa kegiatan literasi 15 menit disekolah diadakan pagi hari sebelum belajar.

Tak terbayangkan betapa ngantuknya jika kegiatan membaca diadakan pada jam terakhir menjelang dhuhur. Pastinya siswa sudah lelah dan lebih malas membaca.

3. Posisikan tubuh dengan tepat

Himbau siswa agar tidak membaca dengan meletakkan dagu menempel di atas meja. Selain membuat mengantuk, jarak pandang antara mata dan tulisan yang dibaca terlalu dekat, sehingga membuat mata menjadi tidak sehat.

Siswa sebaiknya membaca buku denga posisi duduk yang benar serta jarak mata yang ideal.

4. Memberi Jeda saat Membaca

Jeda yang diberikan guru pada siswa saat membaca bisa dilakukan pada setiap 5 menit. Sehingga siswa dapat merasa fresh dan tidak terlalu jenuh karena fokus terhadap bacaan. Semakin lama siswa membaca tanpa jeda, otak akan merasa cepat lelah, sehingga menjadi tidak fokus dan mengantuk.

5. Pencahayaan

Ruang kelas yang terlalu redup juga memicu siswa mengantuk saat mendapat tugas membaca. Sehingga gunakan cahaya yang cukup terang untuk mengatasi masalah ini. 

Namun pencahayaan yang terlalu terang juga dapat mengganggu kesehatan mata. Mata akan menjadi silau dan sulit untuk fokus.

6. Membaca di Luar Ruangan

Hal ini dapat menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi siswa. Kegiatan membaca di luar ruangan juga dapat menjadikan siswa merasa fresh karena merasakan udara segar.

Namun guru juga akan lebih ekstra memberi perhatian pada siswa agar fokus membaca dan tidak malah bermain dengan teman yang lainnya.


Uraian tersebut merupakan beberapa tips untuk mengatasi siswa yang mengantuk saat membaca. Memang membaca merupakan sebuah kebiasaan yang sulit dilakukan oleh siswa. Namun membiasakan siswa untuk membaca dapat memberi dampak yang luar biasa bagi pengetahuan yang akan ia dapatkan setelah membaca. 
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengatasi Siswa Mengantuk Saat Membaca"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel