Iklan 1

Media Pembelajaran Menjadi Ciri Guru Hebat dan Berkualitas!


Saat melakukan pembelajaran, guru yang profesional tentunya menggunakan media yang telah dipersiapkan sebelumnya. Media pembelajaran yang digunakan tentunya sangat menunjang proses pembelajaran yangsedang berlangsung. 

Pembelajaran yang menggunakan media, akan membuat siswa lebih tertarik, sehingga siswa tidak bosan serta dapat menerima materi dengan baik. Media pembelajaran juga dapat mengatasi keterbatasan indra, ruang dan waktu.

Saat memilih media pembelajaran yang akan digunakan, sebaiknya guru memperhatikan beberapa faktor penting, yaitu : isi pesan, cara menjelaskan pesan, serta karakteristik penerima pesan dari media yang digunakan. Apabila ketiga faktor tersebut mampu disampaikan dalam media, maka pembelajaran akan berjalan dengan maksimal.

Media pembelajaran dibagi menjadi 3, yaitu :
  1. Media visual, yaitu media yang biasanya berupa gambar, poster, atau jenis lainnya yang hanya dapat digunakan dengan indra penglihatan saja.
  2. Media audio, yaitu media yang berbentuk suara tanpa gambar, misalnya radio, tape recorder, atau berbagai rekaman lainnya.
  3. Media audio visual, yaitu media yang paling efektif karena menggunakan suara serta gambar atau biasanya berbentuk video. Media ini paling efektif dan disukai siswa, karena mudah dipahami melalui penjelasan video yang disampaikan.

Banyak sekali media yang digunakan pada era saat ini, terutama pada kurikulum 2013 yang menuntut guru lebih kreatif dalam menggunakan media. Beberapa media yang digunakan misalnya : komik, blog, video pembelajaran melalui LCD proyektor, serta aplikasi lainnya yang dapat diakses guru kemudian ditampilkan melalui LCD Proyektor.

Namun tak bisa dipungkiri, bahwa beberapa sekolah di Indnesia yang tergolong sekolah terpencil tentunya tidak dapat menggunakan media secara maksimal. Jangankan sebuah media yang bagus, ruang kelas di sekolah terpencil saja masih banyak yang belum sempurna bahkan banyak yang tergolong rusak. 

Untuk itu, media pembelajaran tidak harus mewah dan canggih. Tergantung pada kreatifitas guru dalam memanfaatkan bahan yang berasal dari lingkungan sekitar yang digunakan media. Sehingga siswa terpencil juga dapat menikmati belajar menggunakan media meskipun sederhana.

Sesuai dengan uraian diatas, bahwa media pembelajaran sebenarnya sangat penting. Bahkan dapat menentukan keberhasilan suatu proses pembelajaran. Jika sampai hari ini masih ada guru yang belum menggunakan media pembelajaran saat mengajar, maka guru tersebut harus berubah. Karena pada saat ini, keberhasilan siswa tergantung pada minat siswa dalam belajar yang juga dipengaruhi oleh kreatifitas guru dalam mengajar yang dipengaruhi oleh media pembelajaran. 

Tiada batasan dalam pembuatan media pembelajaran, karena yang paling penting ialah tujuan pembelajaran dapat tersampaikan secara sempurna. Media pembelajaran juga tidak setiap hari harus ada, tergantung pada materi yang akan disampaikan. Jika dirasa sangat perlu, maka guru tentunya harus menggunakan media pembelajaran. Salam Guru Hebat dan berkualitas!
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Media Pembelajaran Menjadi Ciri Guru Hebat dan Berkualitas!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel