5 Tips Dalam Mendidik Anak Sebagaimana Harapan Orang Tua

 


Mendidik anak merupakan perkara yang sudah menjadi rutinitas orang tua setiap harinya. Hal ini dikarenakan anak lebih sering menghabiskan waktunya bersama dengan orang tua dan keluarga di rumah. Namun terkadang anda sebagai orang tua kebingungan bagaimana  menerapkan pendidikan yang benar kepada anak. Oleh karena itu, penting adanya anda sharing kesesama orang tua dan banyak membaca tips dalam mendidik anak. Karena usia anak-anak sudah pasti usia meniru apa yang dilakukan oleh orang di sekelilingnya, sehingga jangan sampai anda sebagai orang tua memberikan contoh yang kurang baik dan berpengaruh pada perkembangan anak di masa depan.

Mendidik anak sudah pasti menjadi tanggunga jawab orang tua. Namun sebagaimana yang banyak dialami oleh orang tua, bahwa mendidik anak bukanlah hal yang mudah. Orang tua harus menerapkan strategi tersendiri untuk mengatasi karakter yang dimiliki oleh anak. 

Memiliki anak yang penurut dan patuh kepada orang tua memang dambaan semua orang tua. Namun hal itu tidak bisa didapatkan dengan mudah. Perlu trik khusus yang harus diterapkan agar anak menjadi anak yang patuh. 

Agar anda selaku orang tua dapat berhasil mendidik anak, maka ikuti tips dalam  mendidik anak berikut ini:


1. Berilah Contoh

Hal utama yang harus dilakukan oleh orang tua dalam mendidik anak ialah memberi contoh yang baik. Sebagaimana yang telah disinggung di atas, bahwa anak akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan keadaan lingkungannya. Begitupun dengan karakter. Anak merupakan peniru yang ulung, apa yang ia lihat dan dengan, sudah pasti akan diingat dan dilakukan. 

Sudah sepatutnya sebagai orang tua untuk memberi contoh yang baik, mulai dari hal remeh hingga hal yang penting, misalnya: minum sambil duduk, berdoa sebelum makan, sholat berjamaah dan lain sebagainya. Jangan sesekali menyuruh anak melakukan apa yang anda minta saat anda tidak pernah memberi contoh sebelumnya. Karena yang ada, anak akan membangkang dan berbalik melawan. 

2. Hindari Membentak

Tahukah anda, bahwa sekali membentak anak dapat merusak ribuan sel saraf yang ada pada otaknya. Hal ini sesuai dengan penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya oleh banyak alhi. 

Membentak anak merupakan hal yang seharusnya dihindari ketika mendidiknya. Semarah apapun anda kepada anak, hindari membentaknya. Jika tidak mampu, maka sebaiknya diam atau tinggal pergi. Selain merusak sel saraf anak, membentak anak juga dapat merusak psikologisnya. Anak yang sering dibentak anak menjadi anak yang pendiam, hingga sangat frontal. 

3. Biasakan Mendengar

Membiasakan anak untuk mendengar nasehat awalnya mungkin susah, namun ketika sudah terbiasa maka dampak yang ditimbulkan juga luar biasa. Ketika anak melakukan sebuah kesalahan, maka jangan langsung memarahinya dengan kata-kata yang tidak pantas. Sebaiknya dudukkan dia dan beri sebuah pengertian. 

Kondisi mood anak memang berubah-ubah, sesuai dengan yang anak rasakan. Adakala anak mengalami mood yang sangat menyebalkan, dan membuatnya kesal. Anak seperti ini sudah pasti membutuhkan pendengar sebagai pelampiasan kekesalannya. Anda selaku orang tua juga sebaiknya mendengar segala keluh kesah yang dialami anak. Benarkan jika benar, dan luruskan jika anak melakukan kesalahan. 

4. Beri Reward

Cara mendidik anak yang baik yaitu dengan memberi reward atas prestasi yang telah dilakukan anak. Sekecil apapun prestasi yang telah dilakukan oleh anak, maka hargai prestasi tersebut dengan memberi sebuah penghargaan meski hanya sebuah pujian. 

Anak yang sering diberi reward sudah pasti akan melakukan hal positif yang tentunya sesuai dengan keinginan anda. Reward yang anda berikan sebaiknya berupa hal-hal yang anak butuhkan, dapat berupa barang, pujian, atau pelukan kasih sayang. 

Sebagian orang tua memang merasa kasihan jika harus menghukum anak. Namun orang tua harus memahami, bahwa hukuman merupakan suatu hal yang penting untuk diberikan. Hukuman diberikan ketika anak melanggar apa yang tidak seharusnya dilakukan, jadi beri hukuman ringan yang sekiranya cukup membuat anak merasa kapok dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. 

5. Lakukan Secara Konsisten

Mendidik anak yang baik sudah pasti dilakukan secara konsisten. Karena Tips Mendidik anak yang baik dapat membentuk karakter yang baik tidak butuh sekali dua kali, namun setiap kali dan setiap hari. Ketika anda sehari saja tidak memberi pembiasaan yang positif, makan anak akan lupa hingga tidak melakukan kebiasaan yang sama lagi. 


Tips dalam mendidik anak di atas dapat anda lakukan sejak dini, sehingga anak juga sudah pasti memiliki karakter yang baik sejak ia masih kecil. Semakin dini anda menerapkan cara mendidik anak yang baik maka anak semakin menjadi orang yang sukses di masa depan. 


Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Dalam Mendidik Anak Sebagaimana Harapan Orang Tua"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel