Iklan 1

Step-Step Membuat Boneka dari Kaos Kaki Lawas

 

membuat boneka dari kaos kaki

Membuat boneka dari kaos kaki merupakan sebuah upaya membuat prakarya yang dilakukan seseorang khususnya anak-anak untuk menyalurkan kreatifitasnya. Karena pada dasarnya kretifitas butuh untuk dilatih semenjak dini agar kelak ketika mereka beranjak dewasa mereka siap dengan berbagai tantangan yang ada di depan mereka. Salah satunya dengan membuat boneka dari kaos kaki anak-anak yang sudah tidak terpakai.

Membuat boneka dari kaos kaki mengajarkan anak-anak berbagai hal loh, karena memang harapannya ketika anak-anak berhasil membuatnya akan mencapai berbagai nilai yang akan memotivasi mereka untuk belajar hal baru dengan hati yang ringan. Berikut ini beberapa capaian nilai yang akan diperoleh ketika anak mau berupaya membuat boneka dari kaos kaki bekas yang mereka punya.

  • Kreatifitas mereka dalam menciptakan sebuah karya aplikasi akan terasah.
  • Melatih diri mereka untuk fokus menyelesaikan tugas yang sedang diupayakan dalam hal ini membuat boneka dari kaos kaki.
  •  Melatih diri anak untuk lebih telaten dalam mengerjakan sebuah hal baru.
  • Melatih diri agar terbiasa ada di dunia luar comfort zone anak.
  • Melatih bagaimana mereka berimajinasi melakukan langkah demi langkah untuk menciptakan boneka atau prakarya yang bernilai estetik.
  • Melatih daya kerja otak dan motoric mereka ketika harus membuat pola, kemudian menggunting, lalu dilanjutkan dengan menjahit hingga proses pembuatan boneka pun selesai.
  • Dan sebagainya.

Nah sebelum membuat boneka dari kaos kaki bekas yang dimiliki anak-anak, tentunya kita perlu mengenali bahan atau material apa saja yang kita perlukan untuk membuat prakarya satu ini. Baru setelah itu kita mencoba mengikuti uraian langkah yang juga akan dibahas pada isi artikel ini.

Aneka Bahan/Alat Ketika Membuat Boneka dari Kaos Kaki

Untuk bahan-bahan dan alat yang diperlukan dalam teknik aplikasi ini sangat mudah kita jumpai dalam pembuatan berbagai prakarya. Simak berikut bahan-bahan yang kita perlukan saat akan membuat boneka dari kaos kaki:

  • Yang pertama tentunya kita harus sediakan kaos kaki (kalau bisa kaos kaki yang berwarna menarik)
  • Lalu siapkan sedikit kain putih/broken white untuk menutup lubang
  • Untuk mengisi boneka kita perlu dakron
  • Kemudian mata-mataan yang khusus boneka

Sedangkan alat yang kita butuhkan dalam teknik aplikasi ini meliputi benang (sesuaikan dengan warna kaos kaki yang kita gunakan), kemudian sediakan juga pensil ataupun bullpen yang berguna untuk memampatkan dakron, lalu sediakan juga pinset, dan jarum, serta tak lupa alat untuk memotong atau gunting kain dan juga alat tempel (lem). Setelah bahan dan alatnya terkumpul ikuti langkah berikut ini agar kita bisa membuat prakarya yang apik dan kreatif.

Langkah/Step-Step dalam Membuat Boneka dari Kaos Kaki Bekas Anak

Bahan dan alat yang sudah disediakan ada baiknya diletakkan di sekitar kita. Dalam rangka membuat prakarya ini orangtua bisa menemani ataupun melakukan pendampingan agar anak-anak semakin semangat membuat boneka dari kaos kaki ini.

  • Mempersiapkan sketsa atau pola boneka yang akan dibuat

Pada bagian jemari kaos kaki bisa kita gambar kepala boneka beserta telinganya menggunakan pensil maupun bullpen yang telah kita sediakan. Jika sudah lanjutkan menggambar bagian badan dan kakinya di ujung yang satunya lagi. Pada kesempatan kali ini kita akan membuat boneka teddy bear yang menjadi kesukaan anak-anak pada umumnya. Kemudian pada karet ujung selain untuk kaki, bagian tersebut juga bisa dibuat untuk tangan bonekanya.

  • Pengaplikasian teknik potong pola

Jika sketsa atau pola sudah kita selesaikan, kita bisa lanjutkan dengan memotong pola tersebut sesuai dengan gambaran atau garis yang sudah kita buat sepenuh hati. Dan jangan lupa pada bagian kepala boneka yang menggunakan kaos kaki ujung jemari harus diberikan lubang sebagai leher ataupun tempat kita nanti memasukkan dakron sebagai isi dari kepala teddy bear.

  • Pengaplikasian teknik menjahit serta melanjutkan dengan isi dakron

Jika pola sudah kita potong menyesuaikan dengan garis tersebut, kita bisa melanjutkannya dengan menjahit dengan alat yang sudah tersedia untuk bagian tepinya. Penjahitan dilakukan dari dalam sehingga ketika kain kaos kaki dibalik jahitan menjadi lebih rapi atau tidak terlihat.

Jika sudah kita akan membalik jahitan dan memasukkan dakron untuk isi kepala teddy bear. Upayakan pengisian dilakukan dengan pemberian tekanan sehingga wujud dari boneka bisa terbentuk.

  • Pengaplikasian teknik menempel pada kepala boneka

Jika dakron sudaah mengisi seleuruh ruang di kepala boneka kita harus menutup leher si boneka atau lubang dengan kain putih yang telah disediakan. Kita bisa menggunakan lem, ataupun menjahitnya secara manual agar semakin rapi wujudnya.

  • Pengisian dakron pada badan dan kaki boneka

Lakukan hal yang sama pada pola badan dan kaki yang sudah kita potong. Setelah di jahit rapi kita harus memasukkan dakron hingga padat ke dalam badan dan kaki boneka. Setelah itu kita harus menutup juga lubang atau tempat masuknya dakron tadi.

  • Proses penggabungan kepala dan juga badan boneka

Setelah kedua bagian tubuh boneka ini siap, lanjutkan dengan menjahit kedua bagian ini sehingga bisa menyatu. Kemudian berikanlah hiasan seperti mata kemudian hidungnya dan juga mulut boneka seperti yang kamu lihat pada umumnya.

  • Pemberian aksesoris tambahan di boneka kaos kaki

Setelah jadi kamu juga bisa menambahkan beberapa ornament atau aksesoris agar boneka kaos kaki tersebut semakin menarik atu eye catching. Ornament tersebut bisa berupa baju-bajuan, kemudian topi, dan lain sebagainya.

Nah selesai sudahlah membuat boneka dari kaos kaki, apakah wujud boneka yang kalian buat menarik dan apakah kalian menyukainya. Berikan apresiasi terbaik pada prakarya yang sudah kalian buat dan jangan lupa teruslah belajar hal baru agar dunia anak-anak semakin berwarna.

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Step-Step Membuat Boneka dari Kaos Kaki Lawas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel