Iklan 1

Pelatihan KKG MI Kelas VI Mantup Tingkatkan Kualitas Administrasi Pembelajaran Guru


Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh KKG MI Kecamatan Mantup rupanya berbuah manis. Kegiatan ini tidak hanya ditargetkan oleh guru sertifikasi saja, melainkan semua guru kelas MI. 

Sebagaimana yang sering pengawas binaan ucapkan ketika kunjungan, bahwa administrasi pembelajaran guru sangat penting dan perlu mendapat perhatian khusus. Ibu Hj. Zuni Chusniatul Umah, S.Ag.MA selaku pengawas binaan MI di Kecamatan Mantup tak pernah lelah untuk mengingatkan mengenai pentingnya kelengkapan administrasi. 

Administrasi pembelajaran guru meliputi absen kehadiran siswa, RPP, Silabus, Kalender Pendidikan, Prota, Promes, dan juga beberapa instrumen lainnya yang ada pada buku kerja 1 sampai buku kerja 4. Pada kesempatan ini, tepatnya ketika pelatihan KKG MI yang dimulai tanggal 14 Februari 2022 Ibu Hj. Zuni Chusniatul Umah, S.Ag.MA mengingatkan kembali mengenai alur dalam membuat administrasi pembelajaran guru MI, berikut penjabarannya.

Langkah Membuat Administrasi Pembelajaran Guru

Membuat pemetaan KD

Langkah yang pertama ialah membuat pemetaan kompetensi dasar. Pemetaan ini dapat anda lihat pada buku guru kurikulum 2013 yang anda miliki. Atau anda juga dapat dengan mudah mendownload pemetaan KD sesuai kelas yang anda inginkan di internet. 

Analisis Kompetensi Dasar

Kompetensi dasar juga perlu anda analisis kembali. Bagaimanapun juga analisis ini perlu guna membuat atau menempuh langkah yang selanjutnya. Analisis Kompetensi Dasar ini dapat anda bedakan mana yang akan ada di semester 1 dan mana saja KD yang ada di semester 2. 

Membuat Prota

Langkah ketiga ialah membuat prota. Program tahunan yang disebut prota ini dapat menjadi agenda rutin. Dimana anda akan memetakan sebuah program yang menjadi rencana anda untuk kedepannya. Prota ini dapat anda isikan sesuai dengan garis besar rencana dalam pembelajaran anda, dapat meliputi tema, subtema, hingga pembelajaran yang dilengkapi dengan waktu. 

Membuat RPE

Rencana Pekan Efektif atau RPE juga merupakan poin atau langkah penting yang wajib anda lakukan. Membuat pekan efektif berguna untuk memudahkan anda ketika membagi pembelajaran yang akan anda lakukan. RPE ini dapat anda buat sesuai dengan kalender pendidikan yang berlaku di sekolah anda. RPE dapat anda buat dalam jangka waktu tiap semester. 

Membuat Promes

Langkah selanjutnya yaitu membuat promes. Program semester yang anda buat dapat dengan mudah anda aplikasikan guna pencapaian materi yang akan anda ajarkan. Materi pembelajaran akan lebih mudah anda target jika tertuang dalam sebuah promes. 

Membuat Silabus

Langkah selanjutnya yang perlu anda siapkan yaitu silabus. Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Ibu Hj. Zuni Chusniatul Umah, S.Ag.MA mengenai format silabus terbaru yaitu berisikan 9 poin penting. Anda dapat melihat contoh format silabus terbaru dalam website kami. Anda juga sebaiknya membuat silabus sesuai dengan pembelajaran, sehingga sesuai dengan RPP yang merupakan langkah selanjutnya. 

Membuat RPP

Langkah yang paling umum dan menjadi sebuah rutinitas yang berhubungan degan siswa ialah membuat RPP. Usahakan RPP yang anda buat sesuai dengan keadaan siswa dan juga lingkungan sesungguhnya. Karena bagaimanapun juga RPP bermanfaat untuk anda jadikan sebagai pedoman atau rencana ketika akan memulai sebuah pembelajaran. Terapkan juga adanya kegiatan literasi numerasi pada RPP sesuai dengan Kompetensi Dasar yang ada dan telah anda buat pada langkah sebelumnya. 

Kegiatan pelatihan KKG MI tersebut juga tidak lepas dari arahan Bapak Waridi, S.Pd.I yang dengan segala kemampuannya mengarahkan teman sekalian supaya dapat membuat administrasi yang berkualitas. Ilmu yang disampaikannya juga terarah dan tentunya sesuai dengan perkembangan di dunia pendidikan saat ini. Pada kesempatan itu juga Ibu Hj. Zuni Chusniatul Umah, S.Ag.MA menuturkan mengenai manfaat adanya administrasi pembelajaran guru. Berikut penjelasannya. 

Manfaat Administrasi Pembelajaran Guru

Planning atau Rencana

Administrasi pembelajaran guru yang pertama memiliki peran sebagai sebuah rencana. Ketika akan bekerja tentunya anda memiliki sebuah tujuan yang dimana untuk mencapainya anda memerlukan sebuah rencana atau planning. Nah, di dalam administrasi pembelajaran inilah anda menuangkan semua rencana kegiatan belajar anda. 

Organizing

Peran atau manfaat administrasi pembelajaran guru yang kedua ialah organizing. Pengelompokan dirasa sangat perlu, karena dengan begitu anda sebagai seorang pendidik akan merasa mudah dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Misalkan saja, ketika anda ingin menilai karakter siswa, anda dapat mengorganizing atau mengelompokkan mereka sesuai dengan administrasi data siswa. 

Staffing

Staffing atau pengelompokan rekan kerja juga merupakan hal yang penting. Rekan kerja menjadi penentu akan tujuan yang akan anda capai. Sebagai contoh, misalkan anda memiliki peran sebagai guru kelas dan memegang mata pelajaran tematik, tentunya anda membutuhkan guru mata pelajaran lainnya guna membentuk siswa sesuai dengan tujuan anda. 

Motivating

Selain beberapa manfaat di atas, administrasi pembelajaran guru juga memiliki manfaat sebagai motivator. Administrasi pembelajaran dapat memotivasi anda ketika sedang mengajar. Ketika melakukan kegiatan belajar mengajar sehari-hari terkadang pasti rasa jenuh tersebut muncul. Dengan adanya perangkat pembelajaran ini diharapkan dapat memotivasi anda supaya lebih semangat dalam mengajar.  

Controling

Manfaat dari adanya administrasi pembelajaran selanjutnya ialah sebagai controling. Artinya administrasi pembelajaran guru ini dapat mengontrol keadaan siswa dan guru ketika melakukan kegiatan belajar mengajar. Diharapkan kedisiplinan diantara siswa dan guru tetap ada. 

Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar

Manfaat administrasi pembelajaran guru selanjutnya ialah untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Ketika sedang mengajar di kelas tentunya anda membutuhkan perangkat sebagai pedoman. Bahkan ketika anda baru memasuki kelas anda membutuhkan buku absensi guna memastikan keadaan siswa. 

Kegiatan mengajar yang anda lakukan juga akan semakin terarah karena sudah ada dan terstruktur dalam administrasi pembelajaran yang telah anda buat. 

Menjadi seorang pendidik bukan merupakan suatu pekerjaan yang mudah. Membutuhkan segudang keyakinan dan kesungguhan serta keikhlasan hati ketika menjalaninya. Tujuan yang mulia yaitu mencerdaskan generasi yang cerdas dan berakhlak tak bisa lepas dari benak para pendidik di sebuah madrasah. Untuk itu, jadilah pendidik yang bermutu dengan meningkatkan kualitas administrasi pembelajaran guru yang anda miliki. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Pelatihan KKG MI Kelas VI Mantup Tingkatkan Kualitas Administrasi Pembelajaran Guru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel