Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumber SehatQ: Review Aplikasi Tes Buta Warna Calon Pekerja

Aplikasi Tes Buta Warna


Aplikasi tes buta warna sekarang ini sudah banyak berkembang, kamu pun bisa memilih diantara satu dan lainnya. Biasanya hasil tes buta warna kamu butuhkan untuk memasuki jenjang pendidikan perkuliahan, hendak masuk kerja, dan tes kesehatan rutin.

Nah selain tes buta warna secara manual ada juga yang mengembangkan aplikasi-aplikasi tes buta warna yang sangat bermanfaat terutama bagi kita yang hendak melamar kerja. Kita harus memastikan mata kita tidak ada kelainan, kita bisa membedakan warna dengan baik dan tidak ada keluhan apapun pada mata.

Kali ini kita akan membuat review terkait aplikasi tes buta warna yang bisa kamu gunakan. Namun sebelum itu kamu harus tau terlebih dahulu apa saja jenis buta warna pada manusia.

Apa Saja Macam-Macam Buta Warna yang Terjadi pada Manusia?

Menurut analisis yang dilakukan oleh SehatQ, buta warna bisa terjadi pada siapa saja baik dari usia anak-anak hingga usia dewasa. Buta warna sendiri adalah adanya sebuah gangguan pada mata yang mana membuat seseorang tidak bisa membedakan warna-warna tertentu dengan normal.

Nah buta warna sendiri ada yang buat warna parsial da nada juga yang buta warna sepenuhnya. Untuk buta warna parsial biasanya mereka akan kesulitan untuk membedakan beberapa macam warna, biasanya adalah warna hijau dan merah.

Kemudian untuk mereka yang mengalami buta warna sepenuhnya, mereka tiak mampu untuk melihat warna sama sekali. Agar kamu bisa mengetahui apakah kamu mengalami buta warna atau tidak, maka kamu perlu tes buta warna  baik secara manual atau lewat aplikasi tes buta warna. Tidak semua aplikasi bisa memberikan hasil yang jelas sehingga review ini harapannya bisa membantu kalian dalam memilih aplikasi yang sesuai untuk kebutuhan tes pekerjaan kalian.

Beberapa Aplikasi Tes Buta Warna yang Bisa Kalian Pilih

Sebelum kamu melamar kerja atau memasuki berbagai jenjang pendidikan kamu bisa menjalankan tes buta warna untuk memastikan kesehatan matamu. Nah untuk buta warna parsial dan total kamu bisa melihat review beberapa aplikasi tes buta warna berikut ini yaa.

·         1. Aplikasi Warna Kebutaan Uji

Warna kebutaan uji merupakan sebuah aplikasi yang akan membantu kamu dalam memahami kemampuan mata dalam memperhatikan warna seperti jika kamu pakai tes Ishihara. Dimana kamu harus memperhatikan angka ataupun pola yang ada di pada lempeng Ishihara.

·         2. Aplikasi Ishihara Color Blindness Test

Aplikasi tes buta warna ini bisa membantu kamu dalam mengidentifikasi buta wwarna merah dan hijau. Pada aplikasi ini juga terdapat fitur tes Ishihara, yang mana menggunakan lempeng Ishiraha seperti sebelumnya untuk melihat pola dan angka.

Dengan aplikasi ini kamu bisa mengetahui buta warna apa yang kamu derita. Misalnya ada protanopia (untuk buta warna merah ke hitam), deuteranopia (untuk buta warna merah ke kuning kecoklatan dan hijau ke krem). Selain itu juga bisa kalian ketahui tingkat keparahan dari buta warna yang kalian derita.

·         3. Aplikasi Color Blind Check

Ketika kamu menggunakan aplikasi color blind check kamu hanya perlu mengklik warna yang muncul pada layar smartphonemu. Aplikasi ini bukan hanya untuk para calon pekerja tetapi juga untuk anak-anak.

Dengan aplikasi ini kamu bisa melihat tingkat keparahan sebuah penyakit buta warna dan apa jenisnya. Aplikasi tes buta warna ini juga menyenangkan karena kamu bisa melihat hasil skor tesmu sehingga bisa kamu bisa bandingkan dengan rekan seperjuanganmu.

·         4. Aplikasi Color Blindness Test

Aplikasi blindness test merupakan aplikasi tes buta warna yang mempunyai fitur tes Ishihara juga. Tujuannya untuk mengidentifikasi mereka yang buta warna merah dan hijau. Testnya pun sama yaitu titik berwarna yang mana didalamnya terdapat angka atau pola yang harus kalian tebak.

Bagi mereka yang mempunyai mata normal mereka akan melihat jelas pola apa yang ada disana atau angka berapa. Nah jika kamu benar mempunyai gangguan penglihatan maka kamu akan kesulitan untuk membaca angka atau pola tersebut. Aplikasi ini juga membantu kamu melihat tingkat keparahan buta warna yang kamu alami beserta jenisnya.

·         5. Aplikasi Color Blind Test

Color blind test merupakan aplikasi yang bisa membuat kamu kamu mengenali buta warna dan tingkat tinggi rendahnya kemampuan mata dalam melihat warna. Pada aplikasi ini ada beberapa fitur yang bisa kamu pilih diantaranya tes Dikotomi Farnsworth D-15, tes Ishihara, dan ada juga permainan kubus warna yang bisa kamu gunakan.

Untuk Dikotomi Farnsworth D-15 bisa kamu gunakan untuk melihat jenis buta warna yang kamu alami. Contohnya buta warna biru dan kuning berikut dengan keparahannya. Karena berbasis aplikasi tentunya kamu bisa kapanpun dan juga dimanapun melakukan tes ini.

·         6. Aplikasi Ishihara Color Blindness Test: Eye Care

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk melihat apakah kamu buta warna merah dan hijau. Disini kamu akan mendapatkan tes buta warna Ishihara dengan menebak pola dan angka yang diberikan.

Pada fitur test Ishihara ada 38 lempeng dengan perbedaan titik-titik warna yang menggunakan ukuran dan juga kecerahan yang bermacam-macam. Usahakan kamu memperhatikan dengan teliti agar hasil test yang kamu lakukan lebih akuran.

Selain test Ishihara, ada juga pilihan yang lain diantaranya tes buta warna bagi anak-anak, tes buta warna astigmatisme atau mata silinder, dan juga ada test menguatkan penglihatan mata kita.

Kesemua aplikasi di atas bisa kamu download di PlayStore yaa. Pilih yang paling nyaman untuk kamu gunakan saat test. Semuanya bisa terpasang di smartphone kamu yaa dan kamu bisa melihat hasil skornya secara langsung. Yang perlu kamu lakukan adalah mengikuti langkah-langkah yang muncul di layar smartphonemu. Karena ini merupakan aplikasi yang direkomendasikan oleh SehatQ maka sudah otomatis hasilnya bisa kita percaya dan bisa kita jadikan modal untuk melamar pekerjaan.

 


Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Sumber SehatQ: Review Aplikasi Tes Buta Warna Calon Pekerja"