Iklan 1

Tips dan Cara Pelanggan Tertarik Dengan Produk Kita (Online)

 

hosting berkualitas indonesia

Pernahkah anda menemui sebuah toko atau brand terkenal tetapi tidak mempunyai toko fisik? Kondisi tersebut sekarang ini sudah semakin banyak loh, karena banyak dari pemilik brand memilih untuk mengandalkan online shop mereka daripada membangun toko fisik. Salah satunya lewat website, nah website yang cepat tentunya mengandalkan hosting berkualitas Indonesia apalagi untuk mengakomodir proses open pre-order di waktu tertentu. Sehingga jika anda punya ribuan customer, website tersebut tidak akan down karena sudah menggunakan hosting yang mampu menampung ribuan customer secara bersama.

Selain website tentu ada banyak platform yang bisa membuat pelanggan lebih tertarik dengan produk kita secara online. Dan ini adalah bagian dari digital marketing, apa itu digital marketing? Digital marketing adalah sebuah proses pemasaran atau promosi produk dari sebuah brand dengan menggunakan internet atau berbagai media digital. Seperti website, e-commerce, media sosial, dan lain sebagainya.

Nah agar anda bisa memasarkan produk secara masif dan agar semua target pasar anda bisa tau terkait toko maupun produk atau jasa yang anda tawarkan tentunya anda butuh tips dan cara yang menarik. Berikut ini tips dan cara dalam menarik pelanggan ke online shop kita.

Tips Cara Menarik Pelanggan Bisnis Online Shop Kita

Dengan berkembangnya platform yang mewadahi online shop, tentunya kita harus tau langkah seperti apa yang harus kita lakukan untuk memasarkan online shop kita. Jika anda sudah bisa mengelola platform –platform tersebut dengan baik tentunya akan banyak pelanggan yang check out dari berbagai platform tersebut. Baik itu dari website, shopee, tokopedia, blibli, lazada, dan lain sebagainya.  Nah berikut inilah cara untuk menarik pelanggan agar check out dari online shop kita.

  •     Memiliki Website yang Kredibel

Website merupakan salah satu media yang pas untuk branding sebuah brand. Dari mulai mengenalkan produk yang anda tawarkan, bahannya, cara pakainya, dan bisa pula sebagai media kamu jualan produk kamu.

Tentunya website yang kamu pakai tidak boleh yang abal-abal, anda harus menggunakan hosting berkualitas Indonesia yang bisa menampung ribuan pelanggan sekaligus. Selain itu anda juga harus menggunakan website dengan domain yang sesuai dengan nama brand anda. Sehingga akan lebih mudah diingat oleh pelanggan dan mencarinya pun jauh lebih mudah.

Untuk domain sesuai dengan nama brand, anda bisa membelinya di berbagai penyedia domain dan hosting. Salah satunya yang paling kredibel dengan settingan mudah dan cepat ialah Niagahoster. Disana selain kamu bisa mendapatkan domain harga murah kamu juga bisa mendapatkan hosting berkualitas loh.

  • Membuat Deskripsi Produk yang Tepat dan Informatif

Cara selanjutnya adalah dengan membuat deskripsi produk yang mudah pelanggan pahami. Anda bisa menggunakan bahasa yang umum dan tidak belibet. Sehingga motif penawaran yang ingin anda sampaikan bisa dipahami dengan mudah oleh masyarakat.

Terutama bahasa pada iklan, selain itu deskripsi produk yang anda jual di e-commerce juga harus jelas agar pelanggan tidak gagal paham dengan penjelasan anda. Pada deskripsi anda bisa mencantumkan kegunaan dari produk tersebut, ukurannya, bahannya, keunggulan produk, hashtag yang memudahkan pelanggan menemukan produk anda dan sebagainya.

  • Memanfaatkan Media Sosial

Kemudian memanfaatkan media partner yang mendukung. Seperti Instagram, TikTok, kanal Youtube, Facebook, dan media sosial lainnya. Anda bisa share apapun disana, sebisa mungkin setiap hari dan di jam-jam prime time anda update hal-hal yang berkaitan dengan brand atau produk anda.

Tujuannya tentunya menjaring banyak target pasar dimanapun mereka, bahkan dengan memanfaatkan jejaring sosial anda bisa sampai menembus pasar internasional. Tentunya berkat strategi digital marketing yang tepat yang kamu punya.

Selain update, anda juga harus responsive terhadap berbagai komentar atau pertanyaan pelanggan. Karena sejatinya pelanggan sangat menyukai admin sebuah brand yang bisa menjawab segala keingintahuan mereka terkait produk kita.

  • Aktif di Komunitas Online

Lalu bergabunglang dengan banyak komunitas online, mulai dari grup-grup toko online di facebook atau diberbagai jejaring pertemanan lain. Karena disanalah kamu bisa share segala update terkait produk anda, entah itu sharing postingan yang ada di TikTok, Instagram dan lain sebagainya. Selain itu anda juga bisa aktif dalam memberi tanggapan setiap kali ada anggota komunitas online yang membutuhkan saran sebuah produk terutama produk yang anda jual.

Namun sebelum itu tentunya anda harus paham terkait selling point produk anda untuk memaksimalkan kegiatan tersebut dan efektif pula untuk mendatangkan pelanggan baru.

  • Gambar yang Informatif

Upayakan untuk selalu melampirkan gambar yang informatif, selain deskripsi yang informatif gambar juga harus berisi informasi yang mudah dimengerti. Karena tidak bisa kita pungkiri banyak dari pelanggan kita yang pada mulanya tertarik dengan informasi di produk kita baru setelah itu membaca deskripsi yang kita buat.

Oleh karena itu desain gambar yang resolusinya bagu, sertakan informasi produk yang singkat, padat dan jelas sehingga bisa menarik pelanggan untuk lanjut membaca deskripsi. Kamu juga bisa menyertakan keuntungan dari setiap produk yang kamu jual secara singkat di gambar tersebut.

  • Belajar Digital Marketing

Sebagai pelengkap anda juga harus meluangkan waktu untuk belajar digital marketing. Seperti yang kita tahu digital marketing adalah media pemasaran yang bisa kamu gunakan dengan bantuan internet. Salah satu caranya adalah dengan mengoptimalkan penggunaan berbagai tools atau aplikasi digital marketing. Seperti Google Analytic, Facebook Business Page Manager dan sebagainya.

Namun tentunya anda juga tidak bisa sembarang menggunakan aplikasi penunjang strategi marketing tersebut. Anda tetap harus belajar bagaimana cara melakukan SEO (Search Engine Optimation) bagi yang ingin mengembangkan websitenya. Kemudian kamu juga bisa menerapkan Search Engine Marketing misalnya lewat Google Ads, Facebook Ads, dan lain-lain.

Disamping itu kamu juga bisa menggunakan jasa dari influencer Marketing. Dimana mereka akan membantu anda dalam mempromosikan online shop anda. Anda bisa memilih influencer berdasarkan follower, track record, dan media sosial yang mereka gunakan. Jika anda belum punya pandangan anda bisa mengidentifikasinya lewat hashtag yang ada di media sosial.

Kesimpulan

Dalam upaya menarik pelanggan bisnis online shop yang anda punya yang bisa anda lakukan adalah dengan membangun website menggunakan hosting berkualitas Indonesia, aktif media sosial dan deskripsi produk yang mudah dipahami. Selain itu jangan lupa juga belajar ilmu digital marketing mulai dari strateginya hingga bagaimana mengoptimasinya. Agar bisnis online shop anda bisa terus berkembang dan semakin mudah mendapatkan pelanggan baru.

 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Tips dan Cara Pelanggan Tertarik Dengan Produk Kita (Online)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel