Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu PKKM dan Apa Saja Instrumen PKKM? Download Selengkapnya di Sini!


PKKM adalah singkatan dari Penilaian Kinerja Kepala Madrasah. PKKM juga dapat anda artikan menyerupai sebuah penilaian yang ditujukan kepada Kepala Madrasah. Bukan suatu hal yang perlu anda takuti, karena dengan PKKM tentunya anda akan mengetahui sejauh mana kualitas anda dalam memimpin suatu madrasah. 

Penilaian kinerja kepala madrasah juga berarti sebuah proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan juga interpretasi yang ditujukan kepada kepala madrasah. Sebagaimana yang sudah dijelaskan dalam peraturan menteri agama bahwa penilaian kinerja kepala madrasah dapat meliputi usaha pengembangan madrasah, tugas manajerial, kewirausahaan madrasah hingga supervisi guru dan juga tenaga kependidikan dalam lingkup madrasah sesuai dengan standar nasional. 

Baca Juga : Download Program Kerja Kepala Madrasah

Penilaian kinerja kepala madrasaah dilakukan setiap satu tahun sekali, dan juga secara kumulatif setiap empat tahun sekali oleh tim penilai terkait. Tingkatan penilaian ini dapat dibagi menjadi 4 poin, yaitu amat baik, baik, cukup baik dan juga kurang. 

Tujuan dan manfaat PKKM secara umum

Adapun tujuan adanya PKKM ialah sebagai berikut. 

Menghimpun Informasi

Tujuan pertama dari adanya PKKM ini ialah untuk menghimpun informasi yang menjadi dasar pengembangan keprofesian berkelanjutan khususnya bagi Kepala Madrasah. 

Menetapkan Efektifitas Kinerja

Efektifitas kinerja kepala madrasa juga dapat melalui informasi yang nantinya berguna sebagai bahan pertimbangan penugasan seorang kepala madrasah. 

Menjamin Objektivitas Pembinaan

Sistem pembinaan kepala madrasah akan lebih mudah dan juga terstruktur. Sehingga akan menciptakan penilaian yang efisien. 

Dari tujuan PKKM di atas dapat memberikan manfaat sebagai berikut. 

Manfaat Penilaian Kinerja Kepala Madrasah

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan

Sebagaimana penilaian pada umumnya yang memiliki fungsi untuk mengetahui banyak kelebihan dan juga kekurangan selama menjadi kepala madrasah. PKKM juga menjadi sebuah tolak ukur untuk mengevaluasi kelebihan dan juga kekurangan seorang kepala madrasah. 

Sebagai Acuan meningkatkan keprofesian

Seorang Kepala Madrasah dapat menjadikan PKKm untuk acuan dalam meningkatkan keprofesian dalam menjadi kepala madrasah. Sehingga lambat laun diharapkan ada perkembangan yang signifikan dalam sebuah madrasah. 

Menentukan Kebutuhan Peningkatan Kompetensi

Para pemimpin dalam wilayah kementrian agama provinsi dan juga kabupaten nantinya juga dapat menggunakan hasil PKKM untuk menghimpun informasi dan juga strategi peningkatan kualitas mutu kepala madrasah. 

Selain itu juga, PKKM memiliki 5 prinsip penilaian. Dari 5 prinsip PKKM adalah Relevance, Sensitivity, Reliability, Acceptability, dan juga Practicality. 

Untuk lebih tepatnya mengenai Instrumen PKKM dapat anda download dalam tautan di bawah ini. 

PKKM Tahunan Kepala Madrasah

PKKM Empat Tahunan Kepala Madrasah

Itu tadi beberapa penjelasan singkat mengenai apa itu PKKM dan juga instrumen apa saja yang dibutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Apa Itu PKKM dan Apa Saja Instrumen PKKM? Download Selengkapnya di Sini!"