Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo Sukseskan USP dan AKMI 2023

usp dan ambk 2023

Ujian Satuan Pendidikan atau akrab dikenal dengan USP adalah sebuah kegiatan evaluasi yang ada pada tingkat satuan pendidikan, tak terkecuali di tingkat MI. Ujian satuan pendidikan ini tentu hanya akrab di bawah naungan perguruan Muhammadiyah, karena yang menyelenggarakan ialah pihak Dikdasmen. 

MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo mengikuti USP sejak tanggal 8 Mei hingga 16 Mei 2023. Moda pelaksanaan USP ialah menggunakan ponsel secara semi online. Terdiri dari soal yang telah sesuai dengan kisi-kisi yang telah dibagikan sebelumnya kepada siswa. Sehingga mereka dapat mengerjakan USP dengan lebih mudah. 

Tak jauh berbeda dengan USP, MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo juga mengikuti program Kemenag, yaitu AKMI. Sebuah istilah yang berasal dari Asesmen Kompetensi Madrasah Ibtidaiyah, yang pelaksanaannya juga hampir bersamaan dengan kegiatan USP. 

AKMI tahun 2023 ini  tepatnya akan dilaksanakan pada tanggal 15-23 Mei tahun 2023. Sedikit berbeda dengan USP, pada pelaksanaan AKMI 2023 pengawas yang bertugas di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo ialah pengawas silang se-wilayah Kecamatan Mantup. Ini telah disepakati oleh beberapa pihak yang bersangkutan dan telah teratur dengan baik. 

Meskipun pelaksanaan USP dan AKMI 2023 hampir bersamaan, namun anak anak tetap antusias guna mensukseskan kedua agenda ini. Berkat dukungan dari berbagai pihak diantaranya Guru kelas, Orang Tua, dan semua pihak yang terlibat membuat anak-anak belajar dengan giat menjelang kegiatan ini. Tak heran ketika mereka dapat dengan tenang mengerjakan soal. 

Adapun beberapa kiat yang dapat Guru kelas lakukan menjelang Ujian akhir yaitu USP dan AMBK, ada beberapa tips yang sedikit membantu, diantaranya:

Mengadakan Bimbel Seusai Jam Belajar

Guru kelas 6 dan juga Bpk/Ibu guru pengajar kelas 6 di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo telah sepakat untuk memberikan jam belajar tambahan. Bimbel tambahan ini tentu akan membuat siswa secara sadar mempelajari materi sesuai dengan kisi-kisi yang telah guru berikan. 

Rajin Latihan Soal

Ketika rajin mengerjakan latihan soal sesuai dengan kisi-kisi maka siswa dapat dengan mudah memahami model atau bentuk soal. Mengapa demikian? karena nantinya apa yang siswa hadapi saat USP dan AKMI 2023 tidak jauh berbeda dengan apa yang telah mereka pelajari pada tahap latihan soal. 

Himbauan dan Arahan

Guru kelas sebaiknya juga tidak bosan dan tidak lelah untuk memberikan himbauan dan arahan kepada siswa. Sebagaimana pada jaman teknologi yang sangat maju ini siswa seringkali tergoda dengan HP atau gadget. Guru kelas yang dianggap paling sering bertemu dengan siswa kelas 6 sudah wajib menghimbau agar siswa mengurangi penggunaan hp, Mengapa demikian? hal ini tidak lain untuk mengatur jam belajar siswa di rumah agar lebih bermanfaat untuk belajar dan istirahat. 

Mematuhi Guru dan Orang Tua

Sebagaimana Ridho Allah ada pada Ridho orang tua, maka sudah selayaknya ketika siswa menginginkan nilai yang maksimal harusnya mematuhi guru dan orang tua. Guru sebagai orang tua siswa di sekolah juga memberikan peran penting terhadap pelaksanaan USP dan AKMI 2023. Sehingga alangkah baiknya bila mewujudkan suasana lingkungan sekolah yang saling bersinergi antara siswa dan juga guru. 

Tawakkal

Menyerahkan semua kepada Allah merupakan langkah terakhir saat menyelesaikan USP dan AKMI 2023. Bila sebelumnya telah dilakukan ikhtiar atau usaha dengan belajar beserta doa, maka langkah paling akhir ialah tawakkal. Meskipun kelulusan juga berdasarkan kebijakan madrasah, namun nilai dari USP dan AKMI juga sangat penting untuk menunjang nilai ijazah. 

Kiat sukses menjelang USP dan ANBK di atas tentunya telah mereka terapkan sepanjang hari. Dalam arti tidak ada hari tanpa belajar. Selalu motivasi siswa dengan hal-hal positif yang dapat membuat minat belajar mereka semakin lebih baik. 

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo Sukseskan USP dan AKMI 2023"