Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Dimensi, Elemen, dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka

dimensi, elemen, dan subelemen profil pelajar pancasila

Salah satu bentuk tujuan pendidikan nasional adalanya terwujudnya pelajar yang memiliki profil pelajar pancasila. Saat ini peran Profil pelajar pancasila adalah sebagai refrensi yang terarah pada kebijakan pendidikan. Menjadi acuan pendidik untuk membangun karakter dan juga kompetensi siswa. 

Profil pelajar pancasila ini sebaiknya dipahami oleh semua lapisan yang berhubungan dengan pendidikan. Profil pelajar pancasila pada hakikatnya memiliki 6 dimensi pokok, diantaranya adalah 1) Beriman, Bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa dan berakhlaq mulia, 2) Mandiri, 3) Bergotong royong, 4) Berkebinekaan global, 5) Bernalar Kritis, dan 6) Kreatif. 

Download Dimensi, Elemen, dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila 

Dimensi-dimensi di atas menjadi satu kesatuan agar siswa menjadi pelajar sepanjang hayat yang tidak hanya mampu dalam bidang akademik, namun memiliki karakter dan juga sikap dalam butir pancasila. Ke-enam dimensi tersebut sebaiknya dikembangkan oleh pendidik secara menyeluruh. Selanjutnya elemen tersebut kembali dijelaskan secara konkret menjadi subelemen. 

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Download Dimensi, Elemen, dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka"