Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Perangkat Administrasi Kurikulum Merdeka Kelas 4



Adiministrasi kurikulum merdeka kelas 4 menjadi sebuah nutrisi baru yang perlu guru rangkai sedemikian rupa agar kegiatan belajar menjadi lancar. Sesuai yang ada pada laman Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa perangkat administrasi pada kurikulum merdeka terdiri dari bahan ajar, modul ajar, dan juga buku paket. Perangkat inilah yang akan menjadi alat bagi guru untuk menyampaikan materi dan melaksanakan kegiatan mengajar dengan baik. 

Tujuan adanya perangkat ajar atau administrasi kurikulum merdeka yaitu untuk melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar. Pada perangkat ajar terdapat beberapa bagian seperti alur dan juga capaian pembelajaran yang berguna untu memudahkan guru mengajar sesuai dengan kurikulum merdeka. 

Perangkat administrasi kurikulum merdeka kelas 4 SD lebih kompleks bila lengkap dengan dokumen pendukung harian. Dokumen pendukung tersebut dapat berupa buku absensi siswa, buku kumpulan nilai, kumpulan soal-soal sumatif, dan juga perangkat evaluasi. 

Perangkat administrasi kurikulum merdeka kelas 4 

Buku Teks Pelajaran

Perangkat mengajar yang pertama adalah buku teks pelajaran. Buku teks pelajaran sama dengan buku paket yang menjadi sumber belajar siswa. Saat ini, buku teks pelajaran kurikulum merdeka merupakan buatan dari kemdikbud sendiri. Buku teks pada kurikulum merdeka berisi mengenai pokok-pokok materi yang secara ringkas terangkum di dalamnya. 

Download selengkapnya : Buku Paket Pelajaran Kurikulum Merdeka

Modul Ajar

Apabila sebelumnya perangkat mengajar guru berupa RPP atau rencana perangkat pembelajaran, kini pada kurikulum merdeka secara hangat menjadi modul ajar. Perangkat administrasi yang satu ini lebih fokus dapat dibuat oleh guru sesuai dengan kondisi yang sesungguhnya. 

Download Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Absensi 

Sebuah perangkat pembelajaran yang sangat erat keberadaannya dengan keaktifan siswa. Absensi menjadi salah satu bukti kehadiran siswa, sehingga terdapat catatan yang jelas. Dari absensi ini guru dapat membuat rata rata kehadiran siswa, prosentase, hingga grafik kehadiran siswa dari bulan ke bulan. 

Download format absensi kurikulum merdeka

Asesmen atau Penilaian

Sesuai dengan jenis asesmen yang ada pada kurikulum merdeka, terdapat form yang berfungsi untuk mengumpulkan nilai siswa. Nilai tersebut terhimpun dalam buku nilai yang  anda miliki. 

Download form penilaian kurikulum merdeka

Perangkat administrasi kurikulum merdeka sebaiknya anda buat mulai sekarang. Tujuannya ialah supaya anda lebih siap materi yang akan anda ajarkan kepada siswa. Materi tersebut dapat berujung pada asesmen yang telah anda laksanakan. 

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Download Perangkat Administrasi Kurikulum Merdeka Kelas 4"