Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Pecahan, Pecahan Senilai, dan Menyederhanakan Pecahan


Pecahan merupakan salah satu bentuk bilangan selain bilangan bulat. Pencahan umumnya kita kenal dengan istilah "per-per an". Hal ini karena pecahan terdiri dari pembilang dan juga penyebut. Materi ini sejak kelas 3 SD sebenarnya sudah dipelajari secara sederhana, namun lebih dikupas tuntas pada kelas tinggi, terutama kelas 5 semester 1. 

Mengenal Pecahan, Pecahan Senilai, dan Menyederhanakan Pecahan

Mengenal Bagian Pecahan

Sebagaimana yang sedikit kita singgung di atas, bahwa pecahan terdiri dari pembilang dan penyebut. Pembilang terletak di bagian atas, sedangkan penyebut ada di bagian bawah. Sebagai contoh, silahkan simak gambar berikut:



Mencari Pecahan Senilai

Untuk mencari pecahan senilai, cara yang kita gunakan cukup mudah. Yaitu dengan mengalikan bagian pembilang dan penyebut dengan angka yang sama. Misalkan ketika ingin mengalikan dengan angka 2, maka pembilang dan juga penyebut kita kalikan dengan angka yang sama. Sehingga akhir dari hasil kali tersebut adalah hasil dari pecahan yang senilai dari pecahan sebelum kita kali. 

Sebagai contoh, simak gambar di bawah ini. 


Menyederhanakan Pecahan

Cara menyederhanakan pecahan merupakan kebalikan dari cara mencari pecahan yang senilai. Apabila sebelumnya ketika mencari pecahan yang senilai kita langsung mengalikan, namun pada saat menyederhanakan pecahan kita harus membagi pecahan tersebut dengan bilangan atau angka yang sama. Hingga sampai akhirnya tidak bisa dibagi dengan bilangan yang sama lainnya. 

Untuk lebih jelasnya, silahkan pahami contoh berikut ini. 

Anda juga dapat mengetahui penjelasan secara audio melalui link youtube di bawah ini. 

Simak beragam informasi mengenai pembahasan matematika lainnya hanya bersama kami. Hanya di rumah belajar smart.

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk " Mengenal Pecahan, Pecahan Senilai, dan Menyederhanakan Pecahan"