Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Upload SK Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Sekolah Melalui Dapodik


Pembentukan tim pencegahan dan penanganan kekerasan di sekolah sebaiknya dimulai sesegera mungkin. Kekerasan di sekolah adalah masalah serius yang dapat memiliki dampak jangka panjang pada siswa dan lingkungan sekolah secara keseluruhan. 

Membentuk tim atau komite yang fokus pada pencegahan dan penanganan kekerasan dapat membantu mengidentifikasi masalah, mengembangkan strategi pencegahan, serta memberikan respon yang cepat dan efektif ketika insiden kekerasan terjadi. Berikut Langkah Upload SK Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Sekolah Melalui Dapodik

Proses pengisian anggota TPPK oleh Satuan Pendidikan di DAPODIK

  1. Sesuai ketentuan, TPPK berada di semua satuan pendidikan dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, hingga Kesetaraan.
  2. Penginputan tim dan anggota TPPK dilakukan di data rinci sekolah - sub menu Kepanitiaan. Untuk menampilkan referensi TPPK, satuan pendidikan harus melakukan tarik data terlebih dahulu
  3. Pilih referensi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) di kolom Satuan Tugas. Nama satuan tugas akan otomatis terisi sesuai pilihan tersebut.
  4. Lengkapi kolom lain seperti instansi (nama satuan pendidikan), tingkat satuan tugas, SK Tugas, TMT SK Tugas, TST SK Tugas (isi jika sudah tidak aktif), Terpasang papan/plang TPPK, dan tersedia formulir keanggotaan.
  5. Klik Tambah untuk menambahkan anggota kepanitiaan.
  6. Penginputan keanggotaan dengan unsur guru, wajib mengisi kolom Guru (bila guru), peran,nama anggota, dan nomor kontak.
  7. Penginputan keanggotaan dengan unsur komite sekolah hanya mengisi kolom peran, nama anggota, dan nomor kontak.

Proses pengunggahan Surat Keputusan (SK) TPPK di Portal PPKSP oleh Satuan Pendidikan.

  1. Pilih Masuk
  2. Login menggunakan akun sdm.data.kemdikbud.go.id
  3. Setelah berhasil login, pilih Anggota pada profil.
  4. Unggah dokumen SK Kepanitiaan TPPK dalam format PDF.

Panduan Lengkap Upload SK Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Sekolah Melalui Dapodik

Ketika tim ini dibentuk dan berfungsi dengan baik, sekolah memiliki cara yang lebih efektif untuk mengatasi dan mencegah kekerasan, menciptakan lingkungan yang lebih aman, dan mendukung kesejahteraan siswa. Dengan demikian, sebaiknya sekolah memulai langkah-langkah ini sesegera mungkin untuk mengatasi masalah kekerasan.

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Langkah Upload SK Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Sekolah Melalui Dapodik"