Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BI-FAST Lebih Murah Bersama Finpay

BI-FAST


Bagi masyarakat yang sering melakukan transfer online, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah BI-FAST dan Realtime Online. Kedua layanan ini merupakan bagian penting dari infrastruktur keuangan nasional yang memfasilitasi transaksi keuangan secara digital. 


Namun, apa sebenarnya perbedaan antara fasilitas BI-FAST dan Realtime Online? Apa keunggulan yang dimiliki oleh BI-FAST sebagai solusi pembayaran? 


Mari kita jelajahi lebih dalam mengenai fitur, manfaat, dan bagaimana Finpay sebagai perusahaan fintech terkemuka, turut berperan dalam memanfaatkan BI-FAST dengan lebih efisien dan menghadirkan solusi keuangan yang inovatif. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 


Kenalan dengan BI-FAST 


BI-FAST adalah infrastruktur Sistem Pembayaran ritel nasional yang dapat memfasilitasi pembayaran ritel secara real-time, aman, efisien, dan tersedia setiap saat (24/7). Pemerintah meluncurkan fasilitas ini sejak Desember 2021. Dari segi manfaat, BI-FAST dibuat untuk memberikan kemudahan pada masyarakat umum dan pelaku industri termasuk fintech. Manfaat inilah yang menjadi keunggulan sistem BI-FAST. 


Pada dasarnya, BI-FAST merupakan modernisasi dari Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) yang belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Nantinya, layanan SKNBI akan dialihkan sepenuhnya ke BI-FAST secara bertahap. 


Jumlah peserta BI-FAST hingga Maret 2023 adalah 122 lembaga. Jumlah tersebut terdiri dari bank BUMN, bank swasta nasional, bank asing, Bank Pembangunan Daerah (BPD), dan lembaga selain bank. 


Objektif dan Manfaat dari peluncuran BI-FAST 


  1. Tujuan dari BI-FAST 

Berikut ini tujuan dari BI-Fast, yakni: 

  • Mendukung konsolidasi sistem pembayaran nasional dan integrasi ekonomi keuangan digital secara end-to-end

  • Sebagai national driven yang sejalan dengan Peraturan Bank Indonesia (PBI) Sistem Pembayaran (SP), PBI Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP) dan PBI Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) serta prinsip SP yang CEMUMUAH (cepat, murah, mudah, aman, dan andal).  

  • Selaras dengan arah kebijakan Bank Indonesia, baik moneter, stabilitas sistem keuangan, dan sistem pembayaran. 

  1. Manfaat dari BI-FAST

Kemudahan bagi masyarakat dan pelaku bisnis, yaitu:

  • Mendukung transfer secara real-time 24/7 di level bank dan nasabah serta tersedia setiap saat. 

  • Melayani berbagai    instrumen dan kanal pembayaran.  

  • Dilengkapi dengan fitur fraud detection dan Anti-Money sebagai sistem  keamanan. 

  • Menggunakan proxy address sebagai alternatif nomor rekening yang lebih efisien. 


Perbedaan: BI-FAST VS Real Time Online 


Walaupun sama-sama bisa kamu gunakan dalam 24 jam, ada beberapa perbedaan mendasar mengenai kedua layanan dan teknologi yang digunakan: 



BI-FAST

Real Time Online

Limit Transaksi

Pengiriman uang mulai dari Rp 1 hingga maksimal Rp 250.000.000 per hari

Transfer mulai dari Rp 10.000 hingga maksimal Rp 250.000.000 per hari

Biaya Transaksi

Rp 2.500 per transaksi

Rp 6.500 per transaksi

Fitur Proxy Address (Transfer Lewat No HP atau Email)

Tersedia*

Tidak tersedia


* Tentu perlu dipastikan bahwa nomor telepon dan email yang dituju harus terdaftar oleh sistem bank terkait data nasabah yang dituju. 


Penggunaan dari BI-FAST menjadi kebutuhan dalam fitur transfer, begitu pula hal-nya bersama Finpay Money, sebuah aplikasi dompet digital, solusi yang dapat membantu kamu memanfaatkan BI-FAST


Bersama Finpay - Proses BI-FAST Sama, Biaya Transaksi Lebih Murah 


Bagi kamu yang merupakan generasi cashless dan aktif dalam menjalankan bisnis kecil atau sebagai individu, ekosistem yang ditawarkan oleh Finpay dapat membantu mempermudah semua urusan keuangan bisnis dan pribadi serta memfasilitasi berbagai transaksi keuangan dengan mudah, aman, dan nyaman


Finpay Money, sebuah aplikasi fintech yang didesain memberi kemudahan transaksi keuangan secara non-tunai. Ada berbagai fitur menarik di Finpay Money seperti fitur e-money, e-wallet, dan digital remittance


Keunggulan lainnya adalah biaya administrasi transfer antar bank menggunakan  BI-FAST melalui Finpay Money yang lebih murah selama periode promosi, yaitu hanya sebesar Rp 1.500 per transaksi. Biaya ini akan disesuaikan kembali dengan berdasarkan ketentuan dari Bank Indonesia di masa mendatang.


Dengan menggunakan Finpay Money, kamu dapat memanfaatkan BI-FAST dengan biaya transaksi yang lebih murah, sehingga pengelolaan keuanganmu menjadi lebih efisien dan terjangkau. 

 

Yuk, gunakan  Finpay Money, aplikasi dompet digital  dengan layanan BI-FAST yang lebih terjangkau biaya administrasinya. 


Segera manfaatkan kemudahan dan keuntungan dalam bertransaksi online dengan Finpay Money untuk transaksi  keuangan yang praktis dan aman! Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi website di https://www.finpay.id/.
Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "BI-FAST Lebih Murah Bersama Finpay"