Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Mengisi e-kinerja Melalui PMM Bagi Guru


Proses pengisian SKP biasanya dilakukan secara manual melalui Microsoft excel oleh Staf/Tu yang membantu. Namun, proses pengisian SKP anda saat ini akan lebih praktis, efisien dan juga bermakna ketika memanfaatkan Pengelolaan Kinerja pada Aplikasi PMM. 

Sudah tidak asing lagi mengenai Aplikasi PMM yang dapat dengan mudah diakses menggunakan akun belajar id. Sistem penilaian kinerja pegawai ini tentunya hadir untuk meringankan tugas guru, bukannya malah menambah administrasi yang ribet. 

Pengelolaan Kinerja melalui PMM dapat dengan mudah anda lakukan setiap semester. Pengelolaan kinerja ini meluputi tiga langkah, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan dan juga Penilaian. 

Waktu mengerjakan penialain kinerja ini mulai dari perencanaan pada bulan Januari di Semester  genap, dan Juli di Semester Ganjil. Waktu pelaksaannya selama 4 bulan setelah perencanaan. Kemudian penialaian ada di akhir bulan tiap semester. 

Tutorial Mengisi e-kinerja Melalui PMM Bagi Guru

1. Klik Mulai untuk mengisi perencanaan Anda


Anda akan melihat data diri seperti nama, NIP, status kepegawaian, pangkat dan golongan, jenjang jabatan, dan nama satuan pendidikan.

Pastikan data diri Anda sudah sesuai. Jika  sudah, klik Data sudah sesuai

Klik Ya, lanjut untuk memulai perencanaan kinerja Anda

Pada tahapan perencanaan, Anda sebagai guru dapat merencanakan kinerja Anda dengan memfokuskan dari satu indikator yang direkomendasikan berdasarkan capaian dari Rapor Pendidikan satuan pendidikan Anda. 

Apabila tidak ada hasil capaian Rapor Pendidikan, Anda dapat berdiskusi atau direkomendasikan oleh kepala sekolah.

Perencanaan Kinerja terdiri dari Praktik Pembelajaran, Pengembangan Kompetensi, Tugas Tambahan, Perilaku Kerja, Rangkuman.

Anda sudah masuk ke laman Perencanaan Kinerja. Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah memilih indikator yang diprioritaskan untuk peningkatan kinerja Anda.

3. Rekomendasi perencanaan Anda didasari dari hasil capaian Rapor Pendidikan satuan pendidikan Anda.

4. Klik Rapor Pendidikan Satdik Anda untuk melihat hasil capaian.

5. Klik Ke sistem Rapor Pendidikan untuk melihat hasil capaian yang lebih komprehensif dengan masuk ke platform Rapor Pendidikan 


6. Untuk melanjutkan ke pengisian perencanaan kinerja, klik Saya mengerti

7. Klik Lihat indikator lainnya untuk melihat rincian lain indikator yang direkomendasikan untuk perencanaan kinerja Anda


8. Pilih salah satu indikator yang direkomendasikan atau Anda dapat memilih indikator lainnya jika merasa kurang sesuai.

9. Klik Ke pengembangan Kompetensi 


Pada laman Pengembangan Kompetensi, Anda akan mengisi Rencana Hasil Kerja (RHK). Perlu diperhatikan terdapat minimal poin untuk Rencana Hasil Kerja Anda. Total poin yang perlu diajukan minimal 32 dan maksimal 128 dalam satu semester.

10. Pilih Rencana Hasil Kerja sesuai dengan yang ingin Anda tingkatkan 

11. Pilih berapa Target Kuantitas yang ingin dicapai

12. Untuk menambahkan Rencana Hasil Kerja, klik Tambah

Akan muncul tambahan kotak untuk Anda mengisi kembali Rencana Hasil kerja. Pengisian dilakukan sama seperti RHK pertama. 

13. Klik Hapus untuk menghapus RHK Anda 

Penambahan RHK dapat dilakukan beberapa kali sesuai dengan kebutuhan Anda. 

14. Apabila pengisian sudah sesuai, klik Ke Tugas Tambahan untuk ke langkah selanjutnya. Anda juga dapat mengisi tugas tambahan. 

15. Pilih Rencana Hasil Kerja untuk tugas tambahan Anda 

16. Klik Ke Perilaku Kerja untuk pengisian perilaku kerja

Perilaku Kerja adalah tindakan guru yang dapat dinilai untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Pada laman Perilaku Kerja, Anda dapat memilih indikator yang akan diobservasi oleh kepala sekolah. Ada 7 aspek yang dapat diobservasi. 
17. Pilih indikator perilaku 

18. Klik Ke Rangkuman apabila sudah diisi semua

Pada laman Rangkuman, Anda dapat melihat seluruh hasil pengisian perencanaan kinerja Anda. Mohon untuk memastikan pengisian sudah sesuai dan benar. 

19. Klik Lanjut ajukan untuk mengajukan perencanaan Anda ke kepala sekolah

Perencanaan Kinerja Anda sudah diajukan ke kepala sekolah. Mohon untuk memeriksa laman Beranda secara berkala untuk melihat status Perencanaan Kinerja Anda dengan klik Cek Perencanaan Kinerja. 

Untuk menyelesaikan e-kinerja hingga akhir semester, anda dapat mengikuti langkah-langkah dalam power point berikut ini. Panduan Lengkap mengisi e-kinerja melalui PMM
Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Tutorial Mengisi e-kinerja Melalui PMM Bagi Guru"