Iklan 1

Aplikasi Belajar Online Bagi Siswa Saat Pandemi



Dampak C0r0n4 v1rus memang sangat dirasakan oleh semua orang di belahan dunia ini. Hingga Indonesia juga memiliki angka penyebaran virus yang cukup tinggi. Sudah sejak Maret lalu sekolah sekolah diliburkan untuk mengurangi penyebaran v1rus C0r0n4. Meski sedang diliburkan namun siswa harus tetap belajar di rumah. Namun kini tersedia beberapa aplikasi belajar online yang dapat diakses dengan mudah oleh siswa. 
Belajar di tengah P4nd3m1 C0v1d- 19 tak lagi jadi halangan untuk para siswa. simak berikut ini beberapa aplikasi belajar online yang menarik dan bisa diakses untuk semua siswa sekolah secara gratis.

1. MejaKita
Aplikasi pertama yang dapat digunakan adalah MejaKita. Aplikasi ini merupakan platform belajar online yang  memberikan materi penyajian secara tematis dan dilengkapi forum diskusi sehingga bisa dimanfaatkan untuk tanya jawab. MejaKita memberikan materi pembelajaran mulai dari tingkat Sekolah dasar hingga Sekolah Menengah Atas secara gratis dan lengkap. Aplikasi MejaKita adalah salah satu platform atas kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menyediakan aplikasi pembelajaran daring. Aplikasi ini juga mendukung siswa untuk berdiskusi soal PR dan berbagi catatan bersama ribuan murid-murid di komunitas pelajar seluruh Indonesia.

2. Ruang Guru
Ruang Guru merupakan aplikasi belajar online yang biasanya berbayar. Namun sejak Maret Ruang Guru membuka program sekolah online gratis mulai jam 8 pagi hingga 12 siang. Menariknya belajar online melalui ruang guru bisa diikuti oleh semua jenjang kelas dengan mata pelajaran inti dan kurikulum nasional serta dipandu oleh guru langsung dari Tim Ruang Guru.
Selain sekolah online siswa juga bisa mengerjakan soal tryout secara gratis melalui aplikasi ini.

3. Zenius
Aplikasi belajar online berikutnya adalah Zenius. Aplikasi ini menyediakan layanan belajar gratis hingga persiapan Ujian Nasional. Ada ribua  video materi belajar mulai dari SD hingga SMA untuk kurikulum KTSP, kurikulum 2013, bahkan kurikulum 2013 revisi. Aplikasi jenius bisa diunduh secara gratis dan memiliki pembelajaran yang unik karena menggunakan format whiteboard.

4. Quipper School
Quipper School merupakan aplikasi belajar sekolah secara digital gratis tanpa dipungut biaya apapun. Di aplikasi ini guru bisa mengirim dan mengolah materi pembelajaran ujian serta nilai siswa secara online. Untuk siswa bisa mengerjakan PR, tugas dan ujian dengan cara online.
Uniknya aplikasi ini menggunakan teknologi manajemen kelas digital atau LMS. Jadi baik guru dan siswa bisa memaksimalkan kegiatan belajar mengajar meski sedang berada di rumah.

5. Rumah Belajar
Aplikasi rumah belajar adalah platform yang dikembangkan oleh Kemendikbud sebagai alternatif belajar siswa dengan memanfaatkan teknologi. Ada banyak fitur yang terdapat di dalamnya misalnya Sumber Belajar, Kelas Digital, Bank Soal, Laboratorium Maya, dan masih banyak lagi. Semua fitur di dalam aplikasi rumah belajar ini bisa dimanfaatkan baik guru dan siswa secara gratis.

6. Kelas Pintar
Aplikasi belajar online ini bernama Kelas Pintar. Aplikasi kelas pintar menyediakan ragam materi ajar bagi siswa. Terdapat pula fitur yang memungkinkan murid dan siswa bisa berinteraksi secara online. Ada pula fitur Tanya yang bisa dimanfaatkan siswa untuk bertanya pada guru mengenai materi ajar atau soal yang diberikan. Jam operasional fitur tanya dibagi menjadi dua yaitu jam 9 pagi hingga 12 siang dan jam 6 sore hingga Jam 9 malam untuk memaksimalkan proses belajar agar tetap berlanjut di manapun berada.

Demikian beberapa aplikasi belajar online yang bisa diunduh  dan diakses secara gratis baik oleh guru maupun siswa. Belajar di tengah P4nd3m1 C0v1d-19 memang harus tetap dimaksimalkan. Karena seperti yang kita tahu, P4nd3m1 ini masih tetap berlangsung di beberapa negara termasuk Indonesia. Tetap semangat anak-anak Indonesia, semoga P4nd3m1 C0v1d-19 cepat berlalu.

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Belajar Online Bagi Siswa Saat Pandemi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel