Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Mendidik Anak ala Rasulullah


Rasulullah merupakan suri tauladan yang memiliki akhlaqul karimah. Sebaik-baik contoh, ialah Rasulullah. Anak tentunya belum cermat dalam memilih sikap yang harus dicontoh dan yang tidak boleh dicontoh. Para Ayah dan Bunda tentunya menginginkan bahwa anak hanya akan meniru hal-hal positif saja yang dilakukan Ayah dan Bunda. Namun, tanpa disadari bahwa anak adalah perekam yang ulung. Semua perilaku Ayah dan Bunda baik yang positif atau terkadang tanpa sengaja melakukan hal yang negatif, akan terekam dan melekat di memori anak.

Agar anak memiliki akhlaq yang baik, yakni seperti akhlaq rasul, berikut Tips Mendidik Anak ala Rasulullah:
Berhati-hati saat berbicara
Ayah dan Bunda tentunya pasti pernah mengalami yang namanya pertengkaran dalam rumah tangga. Apalagi kalau hal itu terjadi dan tidak sengaja didengan oleh anak. Mungkin seketika anak akan diam. Namun hal ini akan berdampak ketika anak sedang badmood dan mengucapkan kata-kata kasar yang pernah Ayah dan Bunda katakana ketika sedang bertengkar. Untuk itu, tetap hati-hati dalam berbicara kapanpun, dimanapun, dan dengan siapapun.

Hindari Menggunakan Kata “Jangan”
Anak anak apabila kita larang melakukan sesuatu hal itu akan ditangkap menjadi kalimat perintah. Misalnya, ‘jangan naik kursi itu, nanti jatuh!’ maka anak akan spontan langsung melakukan kebalikan kalimat larangan itu. Maka yang seharusnya kita katakana adalah ‘ayo turun, main di bawah sini saja’ sehingga kata perintah yang ditangkap anak yaitu dia harus turun dan bermain di bawah. Hal ini mungkin terkesan sepele, namun ini berdampak besar bagi pertumbuhan anak.

Beri Contoh, Bukan Hanya Perintah
Hal yang paling pokok dan wajib dikenalkan pada anak salah satunya adalah sholat. Ketika kita menyuruh anak untuk sholat, sedangkan kita tidak serta mencontohkan maka anak akan mengabaikan perintah kita. Dan pasti anak akan berkata ‘Ayah dan Bunda aja ndak sholat, masak aku harus sholat’ padahal kita sudah sholat. Maka dari itu, alangkah pentingnya memberikan contoh dan melibatkan anak dalam hal ibadah dan kewajiban lainnya.

Ajarkan Anak Berbagi
Sudah terbayang bukan ketika anak berebut mainan dengan temannya. Ya yang terjadi adalah drama dimana anak akan mengatakan, ‘ini punyaku’. Disini peran Ayah dan Bunda sangat penting dalam memberi penjelasan, bahwa kita harus berbagi dengan yang lain meskipun hanya meminjamkan mainan yang kita punya. Hal ini akan menghindarkan anak dari sikap egois dan individualisme. 

Ajari Menghargai Orang Lain dan Diri Sendiri
Hal ini dapat dicontohkan oleh Ayah dan Bunda agar anak tidak mudah meremehkan orang lain. Misalnya, mengucapkan terima kasih ketika diberi makanan oleh tetangga, memberikan ucapan selamat dan reward kepada anak atas sebuah prestasi kecil yang dilakukan, dan lain sebagainya.

Ajarkan Anak Peduli Lingkungan
Peka terhadap lingkungan pada era saat ini hampir tidak dimiliki anak-anak. Hal ini dikarenakan anak terlalu fokus pada kesibukannya sendiri, misalnya dengan game dan permainan lainnya. Peduli terhadap lingkungan dapat dicontohkan dengan mengajari membuang sampah pada tempatnya, mematikan lampu di siang hari, dan mengangkatkan jemuran tetangga ketika akan hujan. Karakter baik anak muncul ketika anak peka terhadap lingkungan.

Ajarkan Anak Memberi Rasa Sayang
Salah satu Tips Mendidik Anak ala Rasulullah adalah memperkenalan rasa sayang. Rasa sayang dan peduli terhadap teman dan makhluk hidup lainnya perlu dimiliki pada diri seorang anak. Hal ini membantu anak agar tumbuh dengan rasa penuh kasi dan sayang, tidak semena-mena terhadap orang lain dan tentunya anak akan menjadi kesayangan semua orang. ajarkan pada anak, bahwa ketika kita menyayangi makhluk, maka kita akan disayangi makhluk lainnya.

Itu tadi 7 tips Mendidik Anak ala Rasulullah yang wajib Ayah dan Bunda terapkan pada si kecil di rumah. Agar si kecil tumbuh dengan akhlaq yang mulia ditengah zaman yang minim dengan akhlaqul karimah.

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "7 Tips Mendidik Anak ala Rasulullah"