Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Menghadapi PAT agar Berjalan dengan Lancar




Sudah bulan Mei nih. Warning buat kalian yang mau melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) tingkat SD dan SMP. Meski dalam kondisi Belajar di Rumah, namun kegiatan PAT tidak dapat ditiadakan. PAT tingkat SD dan SMP akan tetap dilaksanakan pada bulan Mei ini. sudah siap belum? Siap belum siap kalian harus tetap melewati fase ini. Pada kesempatan kali ini mimin akan berbagi tentang tips menghadapi PAT agar berjalan dengan lancar. Kita simak yuk!

Tenangkan Pikiran



Terkadang kalau kita terlalu fokus dengan ujian yang akan kita kerjakan, bukan hasil yang baik yang kita dapatkan tapi semua akan berbanding terbalik. Hal itu dikarenakan kita terlalu tegang saat menghadapi ujian. Agar hal tersebut tidak terjadi, kita harus tenangkan pikiran, sehingga kita akan lebih mudah memahami materi dan tidak mudah panik saat mengerjakan ujian.

Mengatur Pola Tidur


Siapa yang sering mengantuk ketika berhadapan dengan soal ujian? Hal itu sering terjadi karena kita terlalu larut dalam belajar demi mengulang pelajaran yang telah kita pelajari sebelumnya. Hal ini tidak baik ya, karena bagaimanapun juga otak dan badan kita perlu istirahat yang cukup. Jangan memaksakan diri untuk belajar hingga larut malam ya, agar kita tetap fit saat ujian berlangsung.

Pandai Mengatur Waktu

Pada saat menjelang ujian seperti ini, jangan gunakan waktu sepenuhnya untuk belajar. Karena otak kita juga memerlukan beberapa aktifitas lain selain belajar yang dapat merefresh sejenak daya ingat kita. Dan juga sebaliknya, jangan terlalu santai, dalam artian tidak memanfaatkan waktu untuk belajar malah bermain-main, entah itu bermain hp, bermain ke tetangga, atau apalah. Jadi mengatur waktu itu penting, agar hasil ujian kita dapat maksimal.

Perbanyak Mengerjakan Latihan Soal

Latihan soal yang kita kerjakan tentunya akan sangat berpengaruh terhadap cara kita mengerjakan soal ujian. Meskipun yang kita pelajari tidak sepenuhnya sama dengan soal yang diberikan guru kita, yakinlah bahwa model soal yang diberikan guru kita tidak jauh berbeda dengan apa yang kita pelajari. Jadi jangan bosan untuk latihan soal ya.

Mencari Refrensi Soal di Internet



Banyak sekali soal soal latihan online yang dapat kita ikuti yang tersedia di internet. Kita tinggal pilih saja sesuai dengan kelas dan mata pelajaran yang akan diujikan. Hal ini jarang sekali dilakukan oleh siswa, mungkin karena faktor terlalu fokus dengan buku sekolah, sehingga menyempitkan ruang belajar kita sendiri. Jadi mulai sekarang, selain belajar buku pelajaran dari sekolah, mari kita buka pengetahuan kita melalui internet.

Belajar Kelompok



Di tengah p4nd3m1 v1rus c0r0n4 mungkin bukan solusi yang tepat untuk mengadakan belajar kelompok di rumah teman. Namun jangan khawatir, seiring dengan perkembangan IT, kini kita dapat belajar kelompok melalui aplikasi aplikasi belajar online lainnya. Bagi yang minim jaringan internet, belajar kelompok secara online tentunya bukan pilihan yang tepat ya, jadi tergantung kita memanfaatkan waktu yang kita miliki agar  dapat tetap belajar dengan maksimal.

Belajar Bersama Ayah dan Bunda




Bimbingan orang tua di rumah juga sangat penting bagi anak yang akan menghadapi ujian. Orang tua dapat memberi bimbingan misalnya memberikan pertanyaan kepada anak sedangkan anak yang akan menjawabnya. Ataupun dengan cara lain yang membuat anak merasa nyaman dan mampu memahami suatu materi yang tengah dipelajari. Jadi ayah dan bunda di rumah secara tidak langsung juga dapat mengetahui kemampuan anak.

Itu tadi merupakan 7 tips menghadapi PAT agar berjalan dengan lancar. Jangan lupa tetap berdoa kepada Allah agar diberi kemudahan saat mengerjakan ujian. Karena ikhtiar itu akan menghasilkan sesuatu yang maksimal apabila dibarengi dengan doa. Semoga sukses dalam menghadapi PAT ya!

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "7 Tips Menghadapi PAT agar Berjalan dengan Lancar"