Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Matcha bagi Kesehatan dan Minumannya yang Bikin Ngiler Abizzz



Matcha, salah satu varian rasa yang digandrungi semua usia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Pada hakikatnya manfaat matcha tidak jauh berbeda daripada teh hijau. Namun yang membedakan yakni pengolahan teh hijau sebelum menjadi matcha mengalami beberapa proses yang panjang, yakni tanaman teh hijau sebelumnya ditanam selama 20-30 hari yang tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung, hal ini bertujuan agar jumlah klorofil yang dihasilkan lebih banyak sehingga asam amino mengeluarkan warna hijau yang lebih gelap. Setelah itu daun the diambil dan digiling halus hingga menjadi bubuk matcha.

Matcha pada umumnya berwarna hijau segar dan dibuat sebagai minuman dingin dengan berbagai toping di atasnya. Meski berupa minuman yang kekinian ternyata matcha punya banyak khasiat di bidang kesehatan lho, kita simak yuk!

Mencegah berbagai macam penyakit kronis


Antioksidan yang tinggi yang berasal dari catechin dapat ditemukan pada tanaman teh. Namun kadar katechin yang lebih tinggi dapat ditemukan pada bubuk matcha daripada teh hijau yang belum diolah menjadi matcha. Kadar katechin pada bubuk matcha 137 kali lebih banyak daripada teh hijau sehingga dapat menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit kronis seperti diabetes dan serangan jantung maupun stroke.

Menjaga kesehatan hati


Hati merupakan organ yang berfungsi dalam pengeluaran racun yang berasal dari obat-obatan dan juga dapat berperan untuk memproses nutrisi. Dengan mengonsumsi matcha ternyata dapat menjaga keseharan organ dalam terutama hati.

Meningkatkan fungsi otak


Sebagaimana teh hijau, matcha juga mengandung kafein yang tinggi yang dapat meningkatkan konsentrasi otak. Kafein ini juga dapat mengurangi stress yang diakibatkan oleh beban pikiran yang berlebihan. matcha dapat mempertajam memori ingatan pada otak dibandingkan teh hijau biasa.

Membuat suasana Hati Lebih Nyaman
Matcha sangat cocok dikonsumsi bagi yang lagi banyak beban pikiran, lagi suntuk, atau bad mood. Aroma matcha yang khas dapat menenangkan sistem saraf, sehingga membuat pikiran menjadi rilex, dan mengendurkan otot otot yang tegang karena terlalu banyak beban. Dalam hal ini disarankan agar mengonsumsi matcha dengan diseduh air hangat, dan diminum ketika masih hangat pula.

Matcha yang kalian beli di berbagai jenis pusat perbelanjaan ternyata dapat diolah menjadi makanan dan minuman yang enak dan tentunya kekinian. Sekarang mari kita simak berbagai macam minuman olahan matcha yang bikin ngiler !

Matcha Latte


Menu yang pertama ini merupakan menu yang simpel dan praktis. Seduh serbuk matcha dengan air panas, namun jangan banyak air ya, karena air panas hanya berfungsi mengencerkan serbuk matcha agar tidak menggumpal. Kemudian masukkan susu cair putih dan masukkan es batu yang secukupnya.

Matcha Latte Hangat


Caranya simpel banget, cukup seduh matcha dengan air panas, aduk hingga merata. Matcha latte hangat siap dinikmati. Bagi yang suka susu, boleh ditambahkan dengan susu sesuai selera.

Dalgona Matcha Milo


Menu yang hits dan trending yaitu dalgona coffe. Namun kini kita bisa tambahkan varian baru dengan matcha. Caranya mudah, campurkan air panas, gula, milo dan SP menggunakan mixer. Setelah mengembang, siapkan gelas cantik yang berisi es batu, tambahkan susu cair yang sebelumnya sudah diseduh dengan matcha. Kemudian taruh dalgona milo di atasnya. Dan dalgona matcha milo siap dinikmati.

Milky ice matcha latte + oreo


Dari namanya spertinya sangat menggoda selera. Yang pertama siapkan semua bahan, serbuk matcha, oreo, susu cair manis yang sudah dibekukan. Lembutkan beberapa biscuit oreo dalam plastik, tumbuk hingga tingkat halus yang diinginkan. Blender susu yang sudah dibekukan sebelumnya bersama matcha. Siapkan gelas cantik, masukkan bubuk oreo yang sudah halus, tuang es susu mastcha yang telah diblender, dan tambahkan bubuk oreo lagi di atasnya.

Nah, sudah kebayang kan gimana nikmatnya minum matcha? Enanknya dapat, sehatnya juga dapat. Selamat mencoba!


Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Manfaat Matcha bagi Kesehatan dan Minumannya yang Bikin Ngiler Abizzz"