Kelebihan Anak Mengikuti Bimbel


Bimbel atau sebuah lembaga pendidikan non formal kini semakin menjamur, baik di daerah perkotaan maupun pedesaan. Kebanyakan orang sudah merasakan manfaat bimbel yang membri perubahan positif bagi anak. Berikut beberapa kelebihan bimbel yang bisa didapatkan:

1. Suasana belajar yang kondusif

Di sekolah tentunya anak belajar dengan teman satu kelas yang mencapai 20 siswa atau bahkan lebih. Banyaknya teman dalam satu kelas juga mempengaruhi daya serap anak terhadap materi yang diajarkan. Dalam bimbel rombongan belajar dibatasi, yakni maksimal 7 anak pada satu kelas dan satu guru.

2. Memiliki suasana belajar baru

Anak tentunya sudah merasakan berbagai macam model pembelajaran dengan guru dan temannya di sekolah. Namun kegiatan belajar di bimbel memberikan anak sebuah suasana baru yang tidak mungkin didapatkan di sekolah. Sehingga anak merasa nyaman dan semangat dalam belajar.

3. Bertemu Teman Baru

Dalam sebuah bimbel tentunya banyak anak yang berasal dari sekolah yang berbeda-beda. Sehingga anak mendapat teman baru dan dapat bersosialisasi dengannya.

4. Semakin Percaya diri

Jika anak di sekolah minder dengan teman yang lebih pintar, namun dalam bimbel anak menjadi lebih percaya diri karena belum mengetahui kemampuan teman sehingga anak lebih percaya diri.

5. Memberi Motivasi Berprestasi

Teman bimbel yang berasal dari sekolah lain dapat menjadikan anak termotivasi akan kelebihan yang ada pada temannya. Hal ini baik bagi perkembangan kecerdasan anak.

6. Tidak jenuh karena guru bervariasi

Guru kelas di sekolah pastinya hanya satu, kecuali guru pelajaran lain. Namun dalam bimbel, terdapat variasi pertukaran antara pengajar yang satu dengan yang lain. Sehingga anak tidak merasa jenuh saat belajar.

7. Anak Menjadi lebih aktif

Di sekolah biasanya kegiatan didominasi oleh anak yang itu-itu saja. Namun dalam bimbel semua anak mendapat kesempatan yang sama, baik pada saat mendapat materi,bertanya, atau maju mengerjakan.

8. Waktu belajar yang singkat

Bimbel biasanya memiliki durasi paling lama 2 jam. Hal ini dikarena porsi belajar anak di sekolah sudah membutuhkan waktu yang lama, sehingga bimbel menyediakan waktu yang singkat untuk mengurangi kebosanan siswa.

9. Mengikuti Kegiatan Ekstra pada bimbel

Bimbel yang profesional tentunya memiliki program khusus yang menarik bagi anak. Misalnya kegiatan Outbond,Lomba cerdas cermat, Buka puasa bersama, Atau kegiatan bakti sosial di lingkungan bimbel. 

Sebagaimana yang pernah diadakan oleh bimbel "LBB Smart". Bimbel ini tidak hanya terfokus pada kegiatan belajar anak dalam kelas, namun juga memiliki program khusus yang telah disebutkan di atas. Dan terbukti, bahwa anak yang belajar di LBB Smart dapat menjadi juara di sekolah masing-masing. 

Semoga uraian di atas dapat menjadi referensi kita sebagai orang tua, agar tidak perlu ragu untuk memasukkan anak ke bimbel. Selain membantu anak menyelesaikan masalah pelajaran di sekolah, orang tua juga terbantu dalam mendidik anak selain dengan menyekolahkannya. 
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Kelebihan Anak Mengikuti Bimbel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel