Tips dalam Memilih Sekolah Berbasis Islam


Mayoritas penduduk Indonesia beragama islam, sehingga bukan sesuatu yang aneh jika banyak sekolah islam bermunculan. Sekolah islam memiliki banyak tujuan penting termasuk memperkokoh keimanan anak sejak usia sekolah. 

Anak merupakan investasi orang tua baik di dunia dan di akhirat. Sehingga sebagai orang tua pasti tidak akan ada kata mubadzir apalagi dalam memberikan pelayanan pendidikan bagi anak. Sekolah islam memiliki pelajaran agama yang lebih intensif dibandingkan sekolah umum. Sehingga anak juga akan terbiasa berperilaku islami sesuai dengan pelajaran yang disampaikan oleh guru. 

Banyaknya sekolah islam yang muncul kini membuat para orang tua juga kebingungan dalam menentukan sekolah mana yang sesuai bagi perkembangan anaknya. Untuk itu, mari kita simak tips memilih sekolah islam berikut ini!

1. Sesuaikan dengan tujuan anda

Sebagai orang tua tentunya memiliki alasan tersendiri untuk menyekolahkan anak ke sekolah islam. Misalnya ingin agar anak dapat memiliki kualitas keagamaan yang lebih baik, atau ingin agar anak menjadi sholeh dan sholeha. 

2. Sesuaikan dengan kemampuan saku

Menginginkan anak sekolah di sekolah islam namun dengan biaya yang sangat tinggi, tentunya tidak akan menghilangkan masalah, namun akan menimbulkan masalah-masalah baru. Untuk itu sesuaikan kemampuan finansial anda sebagai orang tua saat memilih sekolah islam.

3. Kondisi Lingkungan Sekolah

Lingkungan sekolah yang baik tentunya juga berdampak baik pula bagi anak ketika bersekolah di tempat tersebut. Namun tak terbayangkan, jika sekolah yang kita tuju berada pada lingkungan yang tidak tepat. Jadi perhatikan lingkungan sekolah tersebut agar memberi dampak yang baik.

4. Perhatikan keinginan Anak

Salah satu faktor yang sangat penting yakni sebagai orang tua anda harus memperhatikan keinginan anak. Jika point 1,2 dan 3 di atas sudah terpenuhi, namun anak pada dasarnya tidak berminat untuk bersekolah disana, maka akan memberi dampak yang tidak baik bagi psikis maupun prestasi belajarnya.

5. Perhatikan Sarana dan prasarana

Sarana dan prasarana yang lengkap juga dapat mempengaruhi prestasi anak. Jadi perhatikan sarana dan prasarana yang disediakan dalam sebuah sekolah agar prestasi anak berkembang sebagaimana mestinya.

6. Perhatikan Guru / tenaga Pendidiknya

Guru yang akan mengajar anak anda tentunya harus sesuai dengan kriteria yang ingin anda dapatkan pada diri anak. Sangat tidak memungkinkan jika kita menyekolahkan anak dimana guru-gurunya memiliki karakter yang tidak mencerminkan karakter seorang guru yang sesungguhnya.


Dengan beberapa uraian di atas, semoga dapat memberi kemudahan bagi anda selaku orang tua dalam memilih sekolah islam yang sesuai dengan keinginan dan tujuan anda. 
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

0 Response to "Tips dalam Memilih Sekolah Berbasis Islam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel