Tips Memilih Printer yang Bandel Untuk Sekolahan


Printer merupakan perangkat keras yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan kantor maupun suatu instansi termasuk di lingkungan sekolah. Hampir semua sekolah memiliki printer yang sering digunakan untuk mengeluarkan segala macam dokumen yang berupa laporan keuangan, perangkat mengajar, hingga lembar kerja siswa. 

Berbagai model printer hadir dengan bermacam spesifikasi, mulai dari yang paling sederhana, hingga yang paling canggih. Namun kejelian dalam memilih printer jangan semata-mata karena harganya yang murah saja, pilih printer yang sesuai dengan kebutuhan di sekolah. 

Berikut beberapa tips memilih printer yang cocok digunakan di sekolah:

1. Kenali Jenisnya


Ketika akan membeli sebuah printer, yang harus dilakukan pertama kali yaitu melihat sisi kebutuhan untuk ke depannya. Apakah hanya memerlukan printer tanpa perpaduan warna atau justru membutuhkan printer yang kaya akan warna. 

Point pertama ini sangat penting, karena pada akhirnya nanti ketika printer sudah terbeli dapat menggunakannya dengan maksimal. 

2. Beli Printer yang Baru


Printer merupakan salah satu media output yang tergolong dalam kategori mudah rusak. Ketika akan membeli printer apalagi yang ditarget memiliki jangka waktu yang lama, sebaiknya membeli printer dengan kondisi baru.

Printer yang bekas biasanya memiliki kelemahan tersendiri yang sebenarnya sudah cacat meskipun sudah diperbaiki. Harga antara printer baru dan printer bekas juga tidak berbeda jauh, jadi usahakan membeli printer yang baru. 

3. Beli yang Memiliki Garansi


Hal yang sangat penting selanjutnya yaitu tentang garansi yang dimiliki printer. Garansi sangat penting bagi jaminan yang telah diberikan oleh pihak pabrik. Tidak semua printer memiliki kartu garansi, oleh karena itu sebaiknya pilih printer yang memiliki kartu garansi sebelumnya. 

4. Pilih Merk yang Bagus


Tak bisa dipungkiri bahwa printer yang terjamin kualitasnya juga dipengaruhi oleh merk. Semakin familiar merk suatu printer, maka kualitasnya juga akan sesuai. Merk yang terkenal biasanya memiliki kualifikasi khusus, seperti ketajaman warna, kecepatan dalam melakukan perintah, dan keunggulan lainnya. 

5. Cek Printer Sebelum Membeli

Tampilan memang menjadi hal yang utama yang biasanya meyakinkan pengguna. Jadi segala macam kondisi fisik pada printer yang akan dibeli sebaiknya diperiksa terlebih dahulu. Selalu periksa kelengkapan aksesoris dan juga kabel serta lainnya. 

Printer yang awet juga tidak lepas dari cara pemakaian yang bijaksana. Percuma ketika sudah membeli printer dengan kualifikasi yang super namun cara menggunakannya seenaknya saja. Hal ini tentunya membuat printer cepat rusak. 

Salah satu printer yang recomendeed dan dikenal oleh banya orang, khususnya digunakan di ruang lingkup sekolah yakni epson. 

Printer dengan merk epson terkenal sangat bandel dan tahan lama. Berbeda dengan printer lainnya, bahwa epson mampu mengeprint satu rim kertas dalam sehari semalam. Namun cara menggunakannya itu juga harus diperhatikan, artinya jangan menggunakan printer untuk mengeluarkan data dengan banyak sekaligus. 

Itu tadi beberapa tips yang dapat dilakukan sebelum membeli printer untuk sekolah. 
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

0 Response to "Tips Memilih Printer yang Bandel Untuk Sekolahan"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel