Iklan 1

4 Faktor yang Mendukung Kenyamanan Belajar Anak

4 Faktor yang Mendukung Kenyamanan Belajar Anak

Proses atau sebuah kegiatan belajar mengajar memang harus didasari dengan rasa nyaman sebelumnya. Hal ini dikarenakan kenyamanan anak saat belajar dapat merangsang otak untuk menerima materi dan ilmu baru yang akan dipelajari. 

Kenyamanan dalam belajar dapat dirasakan ketika semua komponen yang berpengaruh dapat bersinergi dengan baik antara satu sama lainnya. Adapun komponen tersebut diantaranya:

Faktor yang mendukung kenyamanan belajar

1. Kebersihan

Faktor utama yang menyebabkan belajar menjadi nyaman ialah kebersihan. Kenyamanan belajar dapat ditentukan dari kebersihan tempat, dimana tidak ada debu, sampah kecil, ataupun bekas remahan makanan yang tertinggal. Tempat yang bersih secara tidak langsung akan membuat anak menjadi fresh dan bersemangat untuk belajar. Hal ini tentunya telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh penulis. 

2. Ketenangan

Ketenangan atau keheningan dalam belajar juga dapat menjadi salah satu penyebab kenyamanan belajar yang baik. Sebanyak 80% anak menyukai tempat belajar yang nyaman dan juga tenang. Dimana mereka dapat mendengar dengan baik, tanpa ada suara bising dan gaduh.

Namun perlu anda ketahui, bahwa ada beberapa anak yang ternyata menyukai suasana belajar yang menggunakan iringan musik. Dimana musik pengiring yang digunakan juga beragam sesuai dengan karakter anak. Ini merupakan salah satu keunikan yang dimiliki anak ketika belajar. 

3. Guru

Faktor selanjutnya yang mendukung kenyamanan belajar ialah guru yang menyenangkan. Sudah menjadi konsumsi publik, bahwa guru yang menyenangkan akan mendorong semangat siswa untuk belajar dengan lebih baik lagi. Guru sebagai leader di dalam kelas tentunya memiliki andil yang sangat besar untuk menentukan arah haluan kelas yang akan diajarnya tersebut. 

Kemasan kegiatan yang menarik dapat diolah oleh guru yang tentunya profesional dan mengerti akan tugas pokoknya. Dimana tugas guru ialah menyampaikan sebuah materi agar dapat diserap dengan baik oleh siswa menggunakan media yang telah dirancangnya. 

Kenyamanan siswa memang suatu yang tidak dapat dibeli. Karena mereka juga membutuhkan guru yang dianggapnya sebagai sosok yang sangat dikagumi dan dirindukan kehadirannya. 

4. Niat yang Kuat

Kenyamanan belajar ternyata juga dapat ditentukan oleh niat siswa tersebut untuk belajar menjadi lebih baik. Niat yang kuat untuk berubah lebih baik dengan mendapatkan ilmu baru akan memicu siswa untuk belajar dengan giat. 

Berbeda dengan siswa yang datang belajar hanya sebagai formalitas saja. Meluruskan niat siswa saat belajar merupakan salah satu tugas seorang guru dan juga orang tua. Dimana dengan niat yang sudah pas dan lurus akan membuat siswa tersebut terpanggil dengan sendirinya untuk mengikuti kegiatan belajar dengan baik. 

Itu tadi uraian mengenai 4 faktor yang mendukung kenyamanan belajar. Wujudkan rasa nyaman pada anak ketika belajar, agar segala sesuatu yang anda sampaikan selaku guru dan orang tua dapat terserap seutuhnya dalam memori anak. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "4 Faktor yang Mendukung Kenyamanan Belajar Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel