Iklan 1

4 Kegiatan Guru Sebelum Penilaian Tengah Semester (PTS)

Kegiatan Guru Sebelum  Penilaian Tengah Semester (PTS)


Penilaian tengah semester atau kini lebih akrab dikenal dengan PTS merupakan salah satu program sekolah yang dilaksanakan setiap 3 bulan pada satu semester. Pada saat ini kegiatan PTS menjadi sebuah kegiatan yang cukup menentukan bagi keberhasilan peserta didik dalam menyerap materi, khususnya dalam waktu 3 bulan pada awal semester tersebut. 

Berbagai persiapan menjelang PTS juga perlu dilakukan oleh siswa maupun guru. Dalam menghadapi PTS, tentunya guru yang bersangkutan dalam arti guru pengampu pelajaran hendaknya mempersiapkan betul akan materi dan juga soal-soal yang dijadikan sebagai bahan evaluasi. 

Agar kegiatan PTS berjalan dengan lancar, berikut beberapa kegiatan guru saat menjelang PTS:

1. Menentukan Batas Capaian materi

Hal pertama yang harus dilakukan oleh guru menjelang PTS ialah menentukan sejauh mana materi yang akan dimasukkan dalam soal. Seperti yang ada pada program semester (promes) yang telah dibuat, PTS berada setiap 3 bulan dari awal semester. Jadi materi yang dikeluarkan juga meliputi materi yang ada pada 3 bulan tersebut. 

Usahakan materi yang anda buat untuk soal tidak merembet jauh dari jangka waktu 3 bulan tersebut. Anda juga dapat memastikan bahwa materi tersebut telah tersampaikan dengan baik. 

2. Pembuatan Kisi-kisi Soal

Hal kedua yang termasuk kegiatan guru menjelang PTS ialah membuat kisi-kisi soal. Hal yang sering disepelekan ini ternyata sangat penting. Pembuatan kisi-kisi soal yang baik dan benar tentunya akan membuat siswa semakin mudah memahami soal. Gunakan kata tanya dan juga kalimat yang efektif, agar tidak mucul soal yang ambigu atau tidak jelas. 

Kisi-kisi soal juga dapat menjadi tolak ukur bagi guru, seperti penentuan susah dan mudahnya soal. Terdapat sintaks yang seharusnya telah dipelajari sebelum membuat soal, seperti yang disampaikan oleh Ibu Zuni Chusniatul Umah,S.Ag,MA selaku pengawas MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo, bahwa membuat kisi-kisi soal evaluasi haruslah sejelas mungkin diantaranya memperhatikan KD yang diajarkan, kalimat tanya, kategori soal, tingkat kemudahan soal, dan beberapa aspek lain yang tidak membingungkan siswa. 

3. Pembuatan Soal 

Kegitan inti sebelum pelaksanaan penilaian tengah semester yaitu membuat soal. Pembuatan soal yang dilakukan oleh guru hendaknya dilakukan dengan baik dan matang. Guru harus mampu memilah soal berdasarkan KD yang telah diajarkan. 

Penilaian tengah semester lebih merujuk pada KD suatu materi pembelajaran, hal ini dimaksudkan agar guru lebih mudah menilai hasil evaluasi. Soal juga dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu soal pilihan ganda, isian singkat dan juga uraian. Hindari kata yang ambigu pada soal isian singkat atau soal yang bersifat memiliki banyak jawaban. Karena pada isian singkat seharusnya ada satu jawaban yang paten. 

4. Kerahasiaan Soal

Kegiatan guru sebelum penilaian tengan semester dilaksanakan ialah menjaga kerahasiaan soal. Meski hanya berupa kegiatan penialaian tengah sesmester, namun kerahasiaan soal amatlah penting. 

Kerahasiaan soal yang terjaga tentunya akan membuat kegiatan penilaian tengah semester menjadi suatu kegiatan yang benar-benar efektif. Hindari segala macam hal yang dapat memicu kebocoran soal. Misalnya, hubungan baik antara guru dengan salah satu wali murid ataupun hubungan baik antara salah satu pihak sekolah lainnya dengan pihak wali murid. 

Kerahasiaan soal juga dapat menjadi sebuah penilaian yang baik bagi pihak sekolah. Harga diri sekolah, guru dan juga staff akan semakin tinggi, karena pada dasarnya guru merupakan panutan dari segala aspek. Mulai dari sikap, kebiasaan, hingga unggah-ungguh yang dicontohkan. 

Uraian mengenai kegiatan guru saat menjelang penilaian tengah semester di atas dapat anda jadikan sebagai pedoman yang tak terlupakan. Hal ini demi terselenggaranya kegiatan penilaian tengah semester yang efektif. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "4 Kegiatan Guru Sebelum Penilaian Tengah Semester (PTS)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel