Iklan 1

4 Sikap Yang Menandakan Anda Kecanduan Belanja Online

 

Pixabay



Belanja online telah menjadi favorit banyak orang. Apalagi di masa pandemi seperti ini, konsumen yang dulunya terbiasa berbelanja ke tokonya langsung mulai berpindah ke online shop. Namun, hal ini justru membuat sebagian konsumen ketagihan sehingga menciptakan rasa candu.

Kebanyakan orang tak akan berpikir lebih untuk belanja dengan sistem online karena memang kelebihan dan kemudahannya lebih banyak dibanding kesulitannya. Ditambah lagi, konsumen diberikan kemudahan dalam proses pembayaran. Mengeluarkan uang pun terasa sangat enteng.

Back to the point, kemudahan ini telah mengubah segalanya. Banyak yang mulai menggila demi bisa belanja online. Artinya, candu mulai menyerang. Apakah anda juga merasakan hal itu? Apakah anda termasuk konsumen yang kecanduan belanna online? Well, berikut adalah penjabaran mengenai tanda-tanda kecanduan onlune shop:

Sikap Yang Menandakan Anda Kecanduan Belanja Online

Tak peduli jika harus berhutang

Saat ini banyak beredar platform online shop yang bisa diakses siapapun. Kelihatannya mungkin sangat sepele karena memang pinjamannya tak berjumlah besar. Sehingga, kebanyakan orang mulai tergiur dan memanfaatkan fitur khusus ini untuk tetap bisa melancarkan aksinya dalam belanja online.

Bahkan, meskipun tak menggunakan fitur tersebut, kerap kali orang akan rela meminjam uang kesana kemari demi bisa berbelanja. Padahal, apa yang hendak dibeli itu belum tentu merupakan barang yang sangatlah dibutuhkan.

Jika anda melakukan hal tersebut, artinya anda telah kecanduan. Ya, karena anda hampir lupa dan rela melakukan apapun untuk lancarnya belanja.

Tak menunjukkan paket online

Karena merasa salah, kadang kala orang akan secara diam-diam belanja dan menerima paket. Dia tak akan berani menunjukkannya ke orang terdekat. Sebagai contoh, dia lebih meminta pengiriman paket dilakukan ketika orang sekitar tak berkeliaran di rumah. Bahkan, ada yang sampai rela meminta pengubahan deskripsi paket. Hal ini bertujuan agar tak ada teman atau keluarga yang menaruh curiga padanya.

Setelah menerima paket, dia akan menyimpannya dan tak berani membukanya sampai keadaan aman. Sehingga, ada beberapa tumpukan paket yang masih tertata rapi dan belum dibuka. Atau bisa saja langsung membukanya dan membuang bungkusnya agar tak ada yang tahu. Apakah anda juga demikian?

Tertarik untuk terus membuka App online shop

Ketika sesorang menyukai sesuatu, otonatis dia akan terus mencarinya dan berusaha mendapatkannya. Begitupun juga dengan orang yang hobi belanja. Saking senangnya dengan belanja online, setiap kali membuka gadget, hal yang pertama dituju adalah app online shop meskipun tak tahu harus mencari produk apa. Jika ada waktu longgar atau bahkan di sela-sela istirahat yang sangat singkat selalu menyempatkan membukanya. Scroll ke atas ke bawah tanpa tahu apa yang diinginkannya. Namun, itu sudah cukup membuatnya senang. Kalaupun belum puas, pasti akan langsung membelinya saat melihat barang yang begitu disukai.

Muncul penyesalan namun terus diulang

Poin ini adalah ciri umum dari kecanduan apapun. Biasanya, orang akan sangat bersemangat melakukan sesuatu namun setelah terlaksana dia akan menyesal. Meski begitu, dia tak segan untuk mengulanginya lagi di kemudian hari. Jika sudah kecanduan, hal seperti ini akan terus berlangsung.

Begitu pula dengan belanja online. Anda akan sangat antusias saat memilih suatu produk. Setelah mendapatkannya, ada rasa kepuasan tersendiri. Namun kepuasan itu tak berlangsung lama karena dalam sesaat muncullah rasa penyesalan. Menyesal karena mengingat sudah puluhan barang yang sudah terbeli meskipu tak terpakai. Anda akan sering merasakan hal seperti ini. Namun, tak mudah bagi anda untuk berhenti total dari hobi belanja anda. Hasilnya, anda akan terys mengulanginya, perasaan semacam tadi akan selalu muncul dan tak pernah berujung. Ketika anda menyadari bahwa anda salah saat membeli suatu produk, ada baiknya anda intropeksi diri lagi dan berusaha meminimalisir kecanduan.

Well, jika anda melakukan beberapa hal di atas, artinya anda juga termasuk orang yang kecanduan belanja online. So, inilah saatnya anda memperbaiki diri dan menghentikan kebiasaan tersebut. Untuk  tau lebih banyak tentang tehnologi kunjungi situs hermihidayati.com

 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "4 Sikap Yang Menandakan Anda Kecanduan Belanja Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel