Iklan 1

Tebing Keraton Bandung

 

Foto Google map


Tebing Keraton Bandung berada di daerah wisata Dago dan merupakan salah satu lokasi wisata yang sedang viral di daerah Bandung. Hal ini tak lepas dari peran sosial media yang meramaikan lokasi wisata ini. Sebab banyak pengunjung yang memasang foto Tebing Keraton Jogja di feed sosial media mereka.

Tebing keraton biasa juga disebut dengan nama bukit keraton, sebab lokasinya memiliki tebing yang cukup terjal dan menghadap ke area Taman Hutan Raya Juanda Bandung. Di sini Anda pun bisa melihat gunung tangkuban perahu dari kejauhan loh.

Baru diperkenalkan pada bulan Juli 2014 lalu, wisata ini sudah menjadi destinasi utama dan favorit bagi muda mudi khususnya bagi mereka yang hobi hunting foto cantik untuk feed sosial media mereka.

Lokasi

Termasuk dalam bagian dari Taman Hutan Raya Juanda sebab lokasinya yang tidak jauh dari kawasan ini, Tebing Keraton beralamat di Ciburial, Cimenyan, Bandung Barat.

Rute

Agar dapat mencapai lokasi ini, jalanan yang harus ditempus cukup mudah loh. Meski belum ada angkutan umum untuk mencapai ke sana sebab lokasinya yang terpencil. Namun dengan kendaraan pribadi Anda bisa mengarah menuju Dago dari Bandung.

Langsung saja menuju ke THR Juanda, dan ketika menemui pertigaan, langsung menuju kea rah kanan dan ikuti terus jalan tersebut hingga menemukan lokasi dengan tanda yang menunjukkan tempat Tebing Keraton Bandung berada.

Harga Tiket Masuk

Biaya Masuk (domestic)

Rp. 11.000,00/orang

Biaya masuk (mancanegara)

Rp. 76.000

Camping (tenda sendiri)

Rp. 40.000

Camping di sediakan pengelola (Tenda, Penerangan, Sarapan, tiket masuk)

Rp. 140.00

Ojek (Pulang-Pergi )

Rp. 50.000

Parkir

Rp. 10.000

 

Dengan membayar tiket ini, termasuk pula tiket masuk untuk menuju ke Taman Hutan Raya Juanda loh.

Catatan : Harga tiket bisa berubah sesuai kebijakan pengelola

Jam Operasional

Setiap hari

Pukul 08.00 WIB – 18.00 WIB

Daya Tarik Tebing Keraton Bandung

Tebing Keraton Bandung terletak di ketinggian 1.200 dari permukaan laut sehingga udaranya sejuk dan segar yang akan membuat pengunjug selalu merasa nyaman untuk tetap berada di lokasi wisata ini, selain  keindahan alamnya yang memanjakan mata tebing keraton memperlihatkan indahnya gemerlap lampu pada malam hari dan disaat senja pengunjung bisa melihat gunung tangkuban perahu dengan jelas.

Pada waktu waktu tertentu terutama di pagi hari, lokasi ini biasanya diselimuti oleh kabut yang akan menutupi area hutan raya. Oleh sebab itu pagi hari menjadi waktu terbaik jika ingin mengunjungi lokasi wisata ini.

Terutama bagi pecinta fotografi yang ingin mengabadikan fenomena sunrise dan sunset. Tak jarang juga para wisatawan membawa drone untuk mengabadikan pemandangan yang indah dari atas tebing.

Sebenarnya satu-satunya daya tarik dari Tebing ini adalah pemandangan asri yang terpampang luas di depan mata. Di sini Anda akan dapat melihat dengan jelas jajaran pepohonan di hutan raya yang tertata rapi. Lokasi ini menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang suka mencari background foto alam yang masih alami dan indah.

Hal menarik lainya adalah di lokasi wisata ini menyediakan Camping ground, jadi bagi pengunjung yang memiliki hobi untuk camping bisa datang ketempat ini, pengunjung bisa membawa peralatan sendiri atau menyewa dari pihak pengelola.

Meski saat pertama kali dibangun, lokasi wisata ini masih minim dengan fasilitas. Hanya ada warung yang menjadi tempat untuk melepas penat dan mengisi perut saat di sana. Sehingga mulanya lokasi wisata ini dipenuhi dengan sampah sebab managemen pengolahan sampah yang kurang baik. Namun belakangan pengelola wisata sudah mulai melengkapi fasilitas, mulai dari tempat parkir luas, toilet, hingga tempat untuk membuang sampah. Jika anda ingin mendapatkan informasi lebih banyak tentang travelling maka kunjungi web wisatarakyat.com

Jadi ketika Anda berada di Tebing Keraton Bandung, pastikan untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Jagalah kebersihan agar alam kita yang masih indah tetap terjaga kealamiannya.

 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Tebing Keraton Bandung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel