Iklan 1

4 Langkah Optimalkan Perkembangan Otak Si Kecil

4 Langkah Optimalkan Perkembangan Otak Si Kecil

Tumbuh kembang si kecil juga ditandai dengan perkembangan otak. Semua organ tubuh sebenarnya perlu diperhatikkan agar dapat berkembang dengan maksimal. Perkembangan otak si kecil sebenarnya dapat dioptimalkan sejak dini. 

Perkembangan otak sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan organ lainnya, apalagi ketika awal masa pertumbuhan anak. Perkembangan otak dapat menjadi penentu akan kehidupan anak di masa depan. Untuk itu, perkembangan anak harus dipantau secara berkelanjutan oleh orang tua. Berikut beberapa tips untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak sejak dini.

Langkah mengoptimalkan perkembangan otak

1. Bermain

Meski hanya sebatas bermain, namun ini menjadi poin penting. Hal ini dikarenakan dunia anak merupakan dunia bermain. Sehingga tiak ada hari tanpa bermain. Mengoptimalkan perkembangan otak dengan bermain sebenarnya harus diartikan secara detail, pada saat ini anak anak memang suka bermain, namun yang dimainkan adalah game online. 

Bermain untuk mengoptimalkan perkembangan otak dapat dilakukan dengan permainan tradisional dan juga permainan yang dapat meningkatkan kreatifitas yang dimilikinya. 

2. Berikan Rasa Aman dan Kasih Sayang

Anak akan tumbuh dan berkembang dengan baik jika merasa aman dan nyaman di lingkungannya. Seperti halnya bunga, akan mekar pada tempat yang sejuk dan cukup sinar matahari. Perkembangan otak anak akan mencapai titik maksimal jika anak merasa anak dan penuh kasih sayang. 

Rasa aman dan penuh kasih sayang akan membangun mentalnya menjadi lebih kuat. Perkembangan otak juga lebih pesat karena terpenuhinya kebutuhan batin berupa kasih sayang dari orang tua. 

3. Ajak Bercerita

Siapa sangka bahwa bercerita dengan anak mampu mengoptimalkan perkembangan otaknya. Menurut penelitian, tumbuh kembang otak anak akan mudah tercapai jika daya imajinasinya turut keluar. Artinya dengan bercerita anak mampu membayangkan akan apa yang diceritakan oleh orang tua. 

Rata-rata anak sangat menyukai ketika dibacakan dongeng menjelang tidur. Cerita dongeng yang dibacakan secara perlahan akan merangsang kreatifitas siswa sehingga menjadi imajinatif. 

4. Berikan Nutrisi Untuk Otak Kedua

Otak kedua yang dimaksud disini ialah sistem pencernaan. Mengapa disebut sebagai otak kedua? Karena peran sistem pencernaan sangat penting untuk perkembangan otak anak. Anak yang kenyang dan tercukupi nutrisinya akan mudah berfikir, dibanding anak yang lapar dan kekurangan nutrisi. 

Perkembangan otak anak dengan memberi nutrisi pada otak kedua akan lebih pesat. Hal ini dibuktikan karena adanya penelitan sederhana yang dilakukan oleh guru di sekolah, bahwa anak yang sarapan dapat lebih aktif dibanding anak yang tidak sarapan di rumah. 

Uraian mengenai cara mengoptimalkan perkembangan otak di atas dapat anda lakukan secara berkala kepada si kecil, karena sebagai orang tua anda yang memiliki peran besar dalam menentukan tumbuh kembang anak. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "4 Langkah Optimalkan Perkembangan Otak Si Kecil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel