Iklan 1

Ketahui 7 Tips Mengatasi Pertengkaran Kakak Adik

Ketahui 7 Tips Mengatasi Pertengkaran Kakak Adik

Masa anak anak tentunya tidak dapat dihindari dari yang namanya pertengkaran, tidak terkecuali pada hubungan kakak adik. Pertengkaran kakak adik menjadi masalah tersendiri yang merupakan tugas orang tua untuk mendamaikannya. 

Pertengkaran kakak adik dapat disebabkan karena hal sepele. Terkadang berebut mainan, berebut baju, atau berebut perhatian orang tua. Pemicu pertengkaran kakak beradik sebenarnya dapat diminimalisir ketika anda sebagai orang tua mampu bersikap adil. 

Definisi kata adil tidak bisa dipukul rata. Misal, jika adik diberi uang 2000 kakak juga diberi uang 2000. Hal tersebut dinilai salah, karena kebutuhan kakak dan adik jelas berbeda. Adil sebenarnya yaitu mampu bersikap dan memberi sesuatu sesuai dengan kebutuhan anak. Adil dapat diukur dengan usia atau barang yang dibutuhkan. 

Pertengkaran kakak adik harus segera disikapi dengan bijak oleh orang tua, untuk lebih jelasnya simak tips menghadapi pertengkaran kakak adik berikut ini.

Tips Menghadapi Pertengkaran Kakak Adik

1. Beri Aturan yang Tegas

Aturan ada untuk dipatuhi. Begitupun aturan yang telah anda buat untuk kakak dan adik. Aturan yang anda buat tentunya untuk menghindari pertengkaran kakak adik. 

Buatlah aturan yang tegas mengenai tanggung jawab dan juga sanksi yang akan diterimanya. Pertengkaran kakak adik akan minim terjadi jika keduanya mengerti akan aturan dan konsekuensi yang diterima jika melanggar peraturan tersebut. 

2. Libatkan Kakak Menjaga Adik

Meski sering terjadi pertengkaran kakak adik tentunya mereka tidak akan dapat dipisahkan, karena bagaimanapun juga mereka dalam satu ikatan darah. Anda harus melibatkan kakak untuk menjaga adik agar hubungan batin mereka semakin kuat. 

Melibatkan kakak beradik dalam satu kegiatan yang sama akan membuat mereka saling mengerti satu sama lain. Meski terkadang pertengkaran kakak adik tetap saja tidak bisa dihindari karena hal yang sepele. 

3. Hindari Membandingkan Kakak Adik

Tips selanjutnya untuk mengatasi pertengkaran kakak adik yaitu dengan tidak membandingkan keduanya. Membandingkan kakak adik nantinya akan memunculkan sifat dengki diantara keduanya. Akan ada rasa dimana salah satu diantara mereka tidak diperhatikan bahkan tidak berguna. 

Pertengkaran kakak adik tidak dapat diselesaikan dengan cara membandingkan diantara keduanya. Hal ini nantinya juga dapat memicu gangguan mental yang menyebabkannya memiliki nyali yang ciut. 

4. Turut Bersimpati Pada Anak

Tips selanjutnya untuk mengatasi pertengkaran kakak adik yaitu dengan bersimpati akan apa yang mereka berdua rasakan. Meski anda mengetahui mana yang salah dan benar, sebaiknya anda juga tetap memperhatikan perasaan diantara keduanya. 

Hindari mengkerdilkan pikiran dan hati anak, karena nantinya akan membuat mereka semakin minder dan kehilangan rasa percaya diri. Bersimpati pada anak dapat dilakukan dengan cara sederhana, yaitu hanya dengan menanyakan apa yang dirasakan dan juga memberi nasehat yang mudah dipahami dan diterima. 

5. Pisahkan Area Bermain Sementara

Ketika terjadi pertengkaran kakak adik yang begitu hebat sebaiknya anda memisahkan mereka. Hal ini bertujuan untuk menghindari kontak fisik yang mungkin saja akan terjadi. 

Memisahkan kakak adik saat bertengkar akan membuat mereka sama sama menenangkan diri dan intropeksi diri. Membuat mereka berdua merenung akan kesalahan atau kejadian yang baru saja terjadi. 

6. Hindari Memberi Hukuman di Depan Kakak/Adik

Menghindari memberi hukuman di depan keduanya merupakan tips ke enam untuk mengatasi pertengkaran kakak adik. Hal ini dikarenakan ketika anda menghukum salah satu diantara mereka didepan yang lain maka pihak yang lain akan merasa benar dan menertawakan. Serta pihak yang dihukum akan merasa malu dan minder. 

Ketika anda memberi hukuman, usahakan agar ia dapat mengambil hikmah dari hukuman yang ia jalani. Berilah hukuman yang sekiranya mendidik dan menjadi bahan intropeksi diri agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. 

7. Hindari Kekerasan

Tips terakhir yang dapat anda lakukan untuk mengatasi pertengkaran kakak adik yaitu dengan menghindari kekerasan. Usahakan anda sebagai orang tua mengatasi permasalahan ini secara bijaksana. 

Hindari bentuk kekerasan fisik meski anda sedang sangat marah karena ulah kakak adik. Kekerasan tidak dapat menyelesaikan masalah namun justru akan membuat masalah baru. 

Uraian mengenai 7 tips mengatasi pertengkaran kakak adik di atas dapat anda terapkan di rumah. Sepertinya usia berapapun kakak beradik tentunya tidak lepas dari pertengkaran. Meski sudah remaja, kakak beradik juga tetap dapat mengalami yang namanya perselisihan dan tidak jarang memicu pertengkaran kakak adik. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Ketahui 7 Tips Mengatasi Pertengkaran Kakak Adik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel