Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukan Sekedar Teori, Kenali dan Jalani Peran Orangtua Terhadap Anak!

 


Kenali dan Jalani Peran Orangtua Terhadap AnakKetika anak muali berkembang dari bayi, remaja, hingga dewasa, anak melalui serangkaian tahap perkembangan yang penting untuk semua aspek kepribadiannya termasuk fisik, intelektual, emosional dan sosial. Peran orangtua terhadap anak yang tepat adalah memberikan dorongan, dukungan, dan akses ke segala aktivitas yang memungkinkan anak menguasai stage perkembangan utamanya. Wow, peran yang luar biasa, kan? Ok, selengkapanya adalah sebagai berikut:

 

Jalani Peran Orangtua Terhadap Anak

Melindungi anak

Pastikan lingkungan anak sudah aman. Anda harus melindungi anak-anak Anda, memperingatkan anak dengan memberi tahu apa yang aman untuk dilakukan dan apa yang tidak, sebelum si anak melakukannya sendiri. Ajari anak tentang perbedaan antara hal yang benar dan salah, dan kesalahan itu bisa berbahaya bagi dirinya dan orang lain. Dengan kata lain, orang tua bertindak seperti dokter sejati. Dari menjaga pola hidup sehat hingga membantu anak mengatasi stres atau penyakit apa pun, para orang tua bertindak seperti dokter sejati yang selalu melindungi anaknya dari penyakit di sekitar.

Orang tua memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan anak-anak tercinta, keterlibatan Anda adalah suatu keharusan untuk melihat peningkatan secara keseluruhan dalam pertumbuhan anak baik secara mental maupun fisik. Bahkan, Anda memainkan peran penting dalam peningkatan prestasi anak di sekolah. Namun, ongat satu hal, anak akan merasa aman apabila ada kontinuitas dan konsistensi dalam rutinitas sehari-hari, apalagi bila disertai dengan suasana yang penuh kasih sayang.

Mengajari dan mendidik anak

Untuk membesarkan anak-anak dengan baik, tugas serta peran orangtua terhadap anak tidak hanya terbatas pada makanan, tempat tinggal dan perlindungan, tetapi juga mengharuskan Anda untuk mengajar dan mendidiknya untuk membentuk pengetahuan dan karakter, untuk mempersiapkan anak Anda menghadapi dunia nyata.

Tujuan utamanya di sini adalah untuk memberikan anak-anak pendidikan terbaik. Orang tua harus menjadi pengamat yang baik (untuk mendapatkan gambaran tentang perilaku, suasana hati, dan aktivitas anak-anak) serta pengajar untuk anak-anaknya. Jika ingin berhasil dalam proses pendidikan ini, maka jadilah teladan yang baik bagi anak. 

Mengontrol anak

Anak-anak bukanlah mainan atau boneka, dan Anda bukanlah dalang. Tidak mungkin Anda dapat mengontrol setiap gerakan yang dilakukan anak atau semua yang dikatakan anak Anda, terutama di luar rumah. Anak-anak memiliki keinginan dan kehendak mereka sendiri dan berharap bisa bebas bertindak atas kemauaannya.

Menyediakan lingkungan yang optimal

Seperti pada point sebelumnya bahwa Anda harus menyediakan lingkungan yang aman, mendidik dan mendukung segala hal yang memungkinkan anak-anak tumbuh optimal dan sehat. Untuk perkembangan yang optimal, anak membutuhkan: lingkungan fisik rumah yang memadai; suasana yang toleran dan positif; kondisi pas untuk perubahan dan peningkatan positif; kesempatan untuk mengeksplorasi dan bereksperimen di lingkungannya; rutinitas yang konsisten; dll. So, fasilitasi si kecil dengan lingkungan yang optimal!

Mendukung dan memotivasi anak

Jika Anda ingin anak sukses dan mencapai tujuannya, dorong dan motivasi dia. Motivasi dan dorongan positif adalah suatu keharusan, cintailah sang anak baik ketika ia berhasil maupun ketika ia gagal. Berikan dorongan empati sebagai hadiah atas segala pencapaian. Berikan juga motivasi untuk meminimalkan frustrasi karena kegagalan. Ajari anak untuk melihat kegagalan sebagai situasi belajar dan bukan sebagai situasi yang tragis. Dengarkan dan jadilah orangtua yang suportif. Cobalah terus untuk memotivasi anak dan sertai dengan dorongan yang lembut penuh cinta jika Anda ingin dia memiliki kemauan yang lebih kuat. Anda bisa mendapatkan info lebih di https://infobelajar.xyz/

Menjadi sahabat anak

Orang tua pasti menghabiskan sepanjang waktu untuk merawat anak-anaknya, sehingga waktu yang sudah dihabiskan untuk mengenal sang anak menjadikan hubungan tersebut seperti teman sejati. Maka, sebagai orang tua, Anda harus memiliki dan menerapkan komunikasi yang terbuka untuk anak-anak dan harus menerapkan kebiasaan untuk belajar dari anak tentang apa yang si kecil rasakan.

Sebenarnya, peran orangtua terhadap anak itu tak bisa dijabarkan karena saking pentingnya. Orang tua adalah salah satu ciptaan Tuhan yang paling indah di dunia. Itu adalah hadiah untuk permata hatinya, sang anak. Maka, orangtua memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan anak-anaknya.

 

 

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Bukan Sekedar Teori, Kenali dan Jalani Peran Orangtua Terhadap Anak!"