Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Menciptakan Pembelajaran Online Efektif? Cobalah 6 Tips Ini!

 

pembelajaran online efektif


Ingin Menciptakan Pembelajaran Online Efektif.Saat ini, pembelajaran digital sangat direkomendasikan apalagi di masa pandemi seperti ini. Sebagai guru, Anda tentunya dituntut untuk menciptakan pembelajaran online efektif. Salah satu kuncinya yakni melibatkan pelajar dalam program dan memastikan mereka belajar secara efektif dan mendapatkan hasil maksimal dari apa yang telah dipelajari. Salah satu cara paling efektif untuk membuat siswa lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran online dengan membuatnya menjadi interaktif. Dengan pengalaman pembelajaran online interaktif, peserta didik pasti akan selalu terlibat dan berperan aktif dalam pembelajarannya. Berikut adalah lima cara sederhana untuk membuat pembelajaran online lebih efektif dan melibatkan pelajar agar lebih interaktif.

6 Tips Menciptakan Pembelajaran Online Efektif

Pelajari platform pembelajaran online yang digunakan

Sebagian besar universitas telah menawarkan platform pembelajaran online, dan banyak sekolah menengah serta sekolah dasar juga mengadopsi platform khusus untuk menghubungkan siswa dan guru. Sebelum Anda mulai mengajar online, biasakan diri Anda dengan platform yang akan digunakan di sekolah Anda. Pelajari seluruh fungsi platform agar Anda dapat mengaplikasikannya dengan optimal.

Gunakan metodologi pengajaran yang paling efektif

Anda pasti sangat tahu tentang metode pengajaran mana yang akan menghasilkan hasil terbaik dalam pembelajaran siswa Anda. Apakah kelas mandiri atau kelas langsung, mana menurut Anda yang lebih baik? Anda dapat memilih antara metode pembelajaran yang sesuai untuk memastikan keterlibatan dan hasil pembelajaran yang lebih bagus. .

Sediakan pilihan pembelajaran yang berbeda

Setelah menentukan metodelogi yang pas demi terciptanya pembelajaran online efektif, bukan berarti Anda bisa menggunakannya terus menerus. Lihatlah kondisi siswa dari bebrbagai sisi. Misalnya, membuat semua siswa Anda mengikuti konferensi video dengan sistem ceramah dan diskusi langsung itu bagus, tetapi tidak setiap siswa memiliki kemampuan untuk berpartisipasi dengan cara tersebut. Ada beberapa kemungkinan dalam hal ini, seperti internet siswa tidak dapat mendukung streaming video dengan baik, siswa perlu berbagi handphone atau komputer dengan saudara di tingkat kelas yang berbeda, dan kemungkinan lainnya. So, tetap sediakan alternatif lain untuk mnegnatisipasi case tersebut.

Pilih struktur konten yang terorganisir dan disertai media

Gunakan alat atau software untuk menyusun konten Anda dalam urutan yang logis sehingga membentuk pembelajaran online efektif. Software tertentu memiliki fungsi untuk mengatur materi pembelajaran online gratis ataupun berbayar yang menjamin bahwa siswa dapat menerima dan memahaminya secara sistematis. Anda bisa menyertakan klip audio, video, PPT, dan PDF ke kelas online Anda untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Atau, gunakan tampilan informasi grafis 3D yang dapat bergerak secara dinamis. Cara ini sangat disarankan dalam menyajikan topik yang kompleks. Anda juga harus memperhatikan panjang modul/materi dan durasi video atau media lain, karena siswa online juga perlu waktu untuk memahaminya sehingga mereka juga tidak mudah bosan.

Ajak siswa untuk berkontribusi

Membuat pelajar saling berbagi pengetahuan dalam pembelajaran online adalah cara lain untuk memberdayakan keaktofan dan kreatvitasnya agar lebih efektif. Pembelajaran berbasis tugas dapat memberikan hasil yang nyata dan relevan kepada peserta didik yang dapat dibagikan dengan peserta didik lain. Hal ini tentu dengan harapan agar tiap siswa saling menginspirasi dan membantu pembelajaran mereka meskipun dilakukan secara online.

Mendorong siswa menyajikan feedback

Selain Anda sebagai guru yang memberikan feedback, siswa juga bisa melakukan hal yang sama. Setiap kesempatan yang dimiliki pelajar untuk memberikan umpan balik adalah kesempatan besar untuk saling berinteraksi. Dan, tugas anda adalah menanggi tiap feedback yang dilontarkan. Cara Anda menanggapi umpan balik siswa juga sangat bermanfaat untuk kesuksesan program Anda sehingga pembelajaran juga lebih relevan.

Banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan pembelajaran online efektif nan interaktif. Lakukan cara di atas dan juga bubuhindengan kreativitas Anda sebagai pengajar agar siswa semakin semangat dalam proses pembelajaran!

 

Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Ingin Menciptakan Pembelajaran Online Efektif? Cobalah 6 Tips Ini!"