Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PTK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS IV UPT SDN 141 GRESIK


Pada penelitian ini, akan difokuskan pada materi kompetensi dasar mengenal permasalahan sosial di daerahnya. Namun pada kenyataannya kemampuan siswa dalam memahami materi tersebut kurang karena terlalu abstrak. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil belajar siswa pada waktu mengerjakan soal. 

Banyak dari mereka belum mengerti istilah yang terdapat pada materi, maksud dan tujuan dari pembelajaran tersebut. Dari nilai yang didapat tersebut dapat diperoleh pernyataan bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi masih belum sesuai dengan harapan. 

Berdasarkan hasil nilai tersebut sehingga dilakukan pengamatan terhadap pelaksanaan pembelajaran mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten atau kota dan propinsi serta hubungannya dengan masalah-masalah sosial di Kelas IV UPT SDN 141 GRESIK. 

Hasil pengamatan menunjukkan 12 siswa kelas IV kurang mampu memahami materi tentang masalah-masalah sosial di sekitar secara tepat. Jumlah tersebut sekitar 40% dari 20 siswa yang nilainya masih dibawah KKM pada materi tersebut.

Untuk lebih jelasnya mengenai hasil penelitian yang berjudul "PTK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS IV UPT SDN 141 GRESIK" akan dijabarkan dalam uraian berikut ini.

  


Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "PTK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS IV UPT SDN 141 GRESIK"