Iklan 1

9 Kiat Menjadi Guru Profesional Oleh Ibu Fadlilah, Pengawas Madrasah Kecamatan Mantup


Supervisi menjadi sebuah kegiatan rutin yang memiliki tujuan salah satunya yaitu meningkatkan kualitas diri seorang guru. Kepala sekolah memiliki peran utama untuk melakukan kegiatan ini kepada Bapak/Ibu guru, sebelum selanjutnya akan langsung diperiksa oleh pengawas pada sebuah satuan pendidikan. 

Kegiatan supervisi memiliki tujuan untuk menjadikan guru semakin profesional dalam bekerja. Sebagai salah satu contoh kegiatan supervisi yang telah berlangsung di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo Kecamatan Mantup pada tanggal 15 September 2022 kemarin. 

Di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo sebelumnya Bapak/Ibu guru telah disupervisi secara internal oleh Kepala Madrasah sehingga telah dianggap layak untuk melaksanakan supervisi akademik dengan pengawas satuan pendidikan. Pada kesempatan itu, yang mengambil alih kegiatan supervisi ini ialah Ibu Fadlilah,S.Pd.I,Ma selaku pengawas Madrasah Kecamatan Mantup. Kebetulan saat ini MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo dalam pengawasan beliau. 

Selaku pengawas, selain melakukan kegiatan supervisi sesuai dengan ketentuan beliau juga menyampaikan beberapa amanat penting mengenai Kiat menjadi guru profesional.  Berikut Penjelasannya. 

9 Kiat Menjadi Guru Profesional Oleh Ibu Fadlilah

Memahami Posisi Diri

Poin pertama mengenai kiat menjadi guru profesional ialah memahami betul akan posisi diri. Seorang guru yang profesional tentunya memiliki kesadaran penuh mengenai posisi dirinya saat ini, yaitu sebagai seorang guru. 

Menjadi seorang guru tentunya harus paham betul bagaimana mengambil sikap sebagai seorang guru dengan siswa, guru dengan rekan guru, guru dengan wali murid, dan beberapa jenis interaksi lainnya yang mungkin terjadi dengan guru. 

Dengan memahami posisi seorang guru, tentunya segala sikap dan juga perilaku yang anda lakukan akan menjadi cermin bagi setiap orang yang berinteraksi dengan anda. 

Mengetahui Kewajiban dan Hak

Sebagai seorang guru tentunya akan lebih baik jika mengetahui akan kewajiban dan haknya. Sebagaimana yang banyak orang ketahui, bahwa kewajiban seorang guru telah ada pada undang undang dan juga peraturan yang membahas mengenai guru. Begitupun dengan hak yang nantinya akan guru peroleh, juga telah dibahas dalam peraturan tentang guru dan tenaga kependidikan. 

Menerapkan Ilmu yang Dimiliki

Sudah selayaknya menjadi guru sebelumnya juga menempuh pendidikan khusus untuk guru, lebih tepatnya kuliah di jurusan pendidikan. Ilmu tersebut juga merupakan bekal mengenai materi, cara mendidik siswa, hingga cara menjadi seorang guru yang profesional. 

Mungkin ilmu tentang pengetahuan dapat dengan mudah anda peroleh dari buku, internet, bahkan saat di bangku kuliah. Namun mengenai tips dan cara tentunya akan sangat anda rasakan ketika anda sedang berhadapat dengan siswa secara langsung. 

Menjadi Contoh yang Baik

Sebagaimana tujuan dari kegiatan belajar, yaitu mencetak karakter siswa yang baik, seorang guru juga harus menjadi contoh yang baik bagi siswanya. Seorang guru tentu menjadi cermin bagi siswa, tentang bagaimana cara belajar, cara berpakaian, serta banyak hal lain yang diamati siswa pada anda. 

Sebagaiamana prinsip yang ada pada pendidikan, bahwa siswa cenderung meniru perilaku guru serta menjadikan guru sebagai panutan. Hendaknya guru memberikan contoh yang baik sebelum memberikan sebuah edukasi mengenai ilmu pendidikan. 

Memberi Metode yang tepat

Kiat menjadi guru profesional selanjutnya ialah dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Metode dalam kesempatan ini dapat berarti cara yang digunakan untuk menyampaikan pembelajaran. Desain pembelajaran yang menarik tentunya akan membuat peluang tersampainya pembelajaran dengan sempurna. 

Rajin Mengikuti Pelatihan

Menjadi guru profesional tentunya tidak boleh berhenti dengan ilmu yang sudah ada. Artinya seorang guru juga masih berkewajiban untuk haus ilmu, yaitu dengan mengupdate pengetahuan melalui pelatihan-pelatihan yang ada. Sehingga guru nantinya akan semakin matang dalam pembelajaran apapun tantangannya. Tidak dapat dipungkiri, bahwa pendidikan juga terus berkembang seiring perubahan zaman. 

Banyak Membaca

Mungkin bisa anda bayangkan, saat seorang guru mempunyai sifat yang malas baca, bagaimana dengan siswanya? untuk itu penting bagi guru agar membiasakan membaca setiap ada kesempatan. Apalagi dalam program pemerintah menggalakkan literasi di kalangan pelajar. 

Disiplin

Salah satu karakter yang juga akan dibentuk saat anak anak sekolah ialah disiplin. Kata disiplin di sini dapat berati luas, yaitu disiplin dalam waktu, perbuatan, dan juga tanggung jawab. Guru hendaknya memberikan contoh tersebut secara sempurna di hadapan siswa. Sehingga secara tidak langsung mereka akan disiplin juga. 

Melengkapi Administrasi

Menjadi guru tidak hanya berangkat pagi berseragam dan bersepatu. Namun guru juga memiliki tanggung jawab, salah satunya ialah membuat administrasi pembelajaran yang baik dan sesuai. Diantara jenis administrasi pembelajaran yang guru perlukan dapat berupa: RPP, Silabus, Prota, Promes, Absensi, Kaldik, dan beberapa perangkat lainnya dalam Buku kerja 1-4. 

Beberapa penjelasan di atas menjadi sebuah motivasi bagi Bpk/Ibu Guru khususnya di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo untuk semakin meningkatkan profesionalitas saat mengajar. Ibu Fadlilah,S.Pd.I.Ma juga berpesan untuk tetap memperhatikan akhlaq siswa sebagai kunci utama dalam kesuksesan belajar anak. Sehingga mereka tumbuh menjadi anak-anak yang berakhlaq mulia. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "9 Kiat Menjadi Guru Profesional Oleh Ibu Fadlilah, Pengawas Madrasah Kecamatan Mantup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel