Iklan 1

Perangkat Pembelajaran dan Macam-macamnya


Dalam kesempatan kali ini akan membahas mengenai apa itu perangkat pembelajaran dan juga macam-macamnya. Untuk detail yang lebih jelas akan dibahas dalam uraian berikut ini. 

Pengertian Perangkat Pembelajaran

Perangkat pembelajaran adalah sebuah perangkat administrasi yang wajib guru miliki untuk menjadi pedoman dalam kegiatan belajar mengajar. Sebagaimana yang tertulis dalam kamus bahasa Indonesia mengenai pengertian dari perangkat yaitu sebuah alat atau perlengkapan. Sedangkan pembelajaran merupakan cara menjadikan seorang mengalami perubahan dalam hal pengetahuan secara keilmuan. 

Begitu juga dengan pengertian perangkat pembelajaran menurut zuhdan, dkk (2011:16) yang mendefinisikan bahwa perangkat pembelajaran adalah alat yang juga menjadi perlengkapan untuk melakukan proses yang nantinya membuat peserta didik melakukan kegiatan belajar mengajar. Perangkat pembelajaran ini juga yang nantinya menjadi pedoman bagi setiap guru melakukan kegiatan belajar di dalam maupun di luar kelas. 

Mengacu pengertian di atas, dapat dijabarkan kembali mengenai macam-macam perangkat pembelajaran dan jenisnya. Berikut macam-macam perangkat pembelajaran yang perlu guru miliki. 

Macam-macam Perangkat Pembelajaran

Silabus

Mengacu pada peraturan menteri pendidikan  mengenai Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah yang menjelaskan mengenai pengertian Silabus. Silabus adalah acuan yang menjadi dasar dalam pengembangan rencana pembelajaran. 

Pengembangan silabus tentunya berdasar pada Standar Kompetensi Lulusan dan juga Standar Isi yang berlaku pada satuan pendidikan. Pada silabus tingkat SD secara umum berisi mengenai beberapa poin berikut ini:

1. Judul Silabus

2. Identitas Sekolah/Madrasah

3. Identitas Pembelajaran

4. Kompetensi inti

5. Komponen kolom berisi: Muatan Pelajaran, Kompetensi Dasar, indikator, Materi Pembelajaran, Kegiatan pembelajaran, Penguatan Karakter, Penilaian, Alokasi Waktu, Sumber Belajar. 

Pada bagian silabus yang terletak pada kolom tersebut tentunya perlu dilengkapi sesuai dengan setting pembelajaran yang akan anda lakukan di dalam kelas. Pada poin ke lima tersebut sesuai dengan model terbaru, yaitu terdiri dari 9 kolom dengan kolom terbaru yang membahas mengenai pengembangan karakter. 

RPP

Jenis perangkat pembelajaran selanjutnya ialah RPP, yang merupakan singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Sesuai dengan namanya, rencana pembelajaran merupakan salah satu acuan yang berisi setting, cara, dan model pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang akan terjadi. 

RPP disusun berdasarkan silabus yang dibuat sebelumnya. Maka dari itu, RPP diharapkan tetap sesuai dan memiliki hubungan yang sesuai dengan silabus. 

Bagian-bagian dari RPP juga sudah jelas, yaitu meliputi: Data Sekolah yang meliputi nama sekolah, mata pelajaran, kelas, semester, materi pokok, dan alokasi waktu. Setelah data pokok, bagian RPP selanjutnya ialah Tujuan Pembelajaran, KD, Materi Pembelajaran, metide Pembelajaran, Media, dan juga Langkah Pembelajaran. Tak lupa juga di bagian akhir ada bagian penilaian. 

Lembar Kegiatan Siswa

Sesuai dengan Departemen pendidikan Lembar kerja siswa merupakan bagian dari perangkat pembelajaran yang berisi mengenai tugas yang harus diselesaikan oleh siswa. Tujuan dengan adanya lembar kerja siswa ini ialah untuk mengoptimalkan hasil belajar peserta didik dan juga membuat siswa dapat terlibat dalam kegiatan belajar mengajar. 

Instrumen Penilaian

Poin selanjutnya yang dibahas ialah instrumen penilaian. Seorang guru hendaknya memberikan penialaian yang sesuau dengan instrumen yang dibuat sebelumnya. Jadi instrumen penilaian ini tentunya menjadi patokan ketika akan menilai siswa. Pada Instrumen penialain ada yang namanya penilaian pengetahuan, penilaian keterampilan siswa dan juga kompetensi sikap. 

Banyak teknik penilaian yang dapat dilakukan oleh seorang guru. Misalkan dengan observasi langsung menggunakan angket, penilaian pengamatan, penilaian portofolio, hasil karya, hingga penilaian diri. 

Prota

Jenis perangkat pembelajaran selanjutnya ialah Prota. Sebenarnya prota merupakan bagian awal sebelum membuat RPP dan juga silabus. Membuat prota atau yang berasal dari kata program tahunan ini tentunya mudah, yaitu masih mengacu pada materi dan kalender pendidikan. 

Banyak versi dalam membuat program tahunan ini, namun kali ini yang akan kita bahas ialah prota yang ada pada pembelajaran kurikulum 2013. Biasanya terdiri dari kolom yang berisi No, Tema, Subtema, Alokasi waktu, dan juga keterangan. Pada bagian keterangan ini sebaiknya anda isi dengan tanggal kegiatan belajar tersebut disampaikan. 

Promes

Perangkat selanjutnya yaitu promes atau bisa diartikan program yang guru lakukan selama satu semester. Program semester menjadi patokan guru untuk mencapai pembelajaran yang dilakukan. Program semester berisi kalender dan juga jenis pembelajaran yang akan berlangsung pada tanggal tersebut. 

Analisis Penilaian

Poin yang juga tidak kalah pentingnya yaitu adanya analisis penilaian. Tujuan dari adanya analisis penilaian ini selain untuk melengkapi perangkat pembelajaran ialah untuk mengetahui tingkat ketercapaian yang telah ditetapkan. 

Analisis penilaian juga menjadi tolak ukur akan kemampuan siswa dengan jenis soal yang diberikan. Soal tersebut tentunya terdiri dari jenis soal yang susah, sedang, dan juga mudah. 

Uraian mengenai Pengertian Perangkat Pembelajaran serta Macam-macamnya di atas dapat anda jadikan sebagai pedoman, agar nantinya anda juga memiliki pengetahuan yang luas pada bidang yang anda geluti saat ini. Menjadi guru tentunya bukan seperti yang dibayangkan oleh semua orang, dimana mereka beranggapan sebagai guru hanya datang, mengajar dan kemudian pulang. Namun sebagai guru sejati tentunya harus memiliki sebuah senjata untuk berperang, memiliki perangkat pembelajaran yang akan digunakan untuk mengajar. 

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Perangkat Pembelajaran dan Macam-macamnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel