Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Untuk Menciptakan Suasana yang Menyenangkan Saat Belajar




Belajar di dalam kelas merupakan kegiatan rutin yang sering dilakukan oleh guru dan siswa di sekolah, guru tentu sangat berperan penting dalam menyajikan materi dan mengajar siswa dengan cara mereka dan tentunya dengan berbagai metode. Hal ini guru biasanya mencari cara untuk bisa menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan. Suasana belajar yang nyaman dan suasana yang menyenangkan  akan menjadikan siswa suka belajar dan bahagia.

Dengan suasana kelas yang nyaman tentu akan membuat siswa bersemangat dan tidak merasa tertekan. Lalu apa yang harus dilakukan oleh seorang guru agar bisa menciptakan suasana belajar yang nyaman ?


1. Menata ruangan kelas yang berbeda dari sebelumnya 


Posisi duduk siswa yang ada di kelas harus di rubah jangan monoton yang mengakibatkan anak bosan dengan teman sebangkunya.

Atau bisa di tata tempat duduknya , karena kebanyakan tempat duduknya sama yakni di depan guru dan kursi siswa disusun berjajar. Menata bangku secara berulang diyakini akan bisa merubah suasana belajar,ini dikarenakan anak tidak mudah bosan dan selalu semangat dengan suasana baru dan model baru.

Guru disini memiliki peran utama untuk mengarahkan siswanya agar menata bangkunya, sehingga bisa tertata sesuai keinginan, dan siswa pasti akan menyambut baik ide kreatif guru.

Guru dalam mengajar harus punya ide kreatif dan semangat untuk belajar sehingga siswa akan mengikuti dan bersemangat


2.Belajar yang Efektif


Belajar yang menyenangkan adalah belajar dengan rasa aman dan nyaman,yang diciptakan di dalam kelas. Belajar yang efektif sebenarnya bisa ditemukan dan diciptakan dengan mudah, sekarang tinggal bagaimana guru bisa menciptakan suasana itu. Namun untuk bisa memulai belajar efektif harus bisa menyusun jadwal yang tentunya tidak monoton agar tidak membosankan. 

Dengan adanya jadwal diharapkan siswa tidak bosan karena materi pembelajaran selalu berbeda. Siswa akan menjadi semangat karena rasa penasaran untuk mengikuti pelajaran pastinya ada. Dengan begitu siswa akan terus mencari tau menggali wawasan barunya bertanya pada guru dan hal ini akan menjadikan suasana belajar menjadi hidup. 

Guru berperan aktif dalam mendampingi siswa belajar, kemudian siswa berperan aktif dalam mengikuti pelajaran.


3. Gunakan Teknologi


Memanfaatkan teknologi dalam belajar akan membuat siswa bersemangat.Kita tau bahwa peran teknologi dalam bidang apapun pasti ada, dan teknologi mengenalkan pada siswa perkembangan kehidupan didunia ini, siswa bisa berkomunikasi dengan siapapun dengan mudah dan cepat karena teknologi. Teknologi juga menjembatani siswa untuk bisa menggali informasi lebih luar dengan cepat, terlebih di era globalisasi seperti sekarang ini yang serba canggih.

Guru tinggal mengarahkan mengingat penggunaan teknologi yang berlebihan juga akan membawa dampak negatif pada perkembangan siswa. Oleh karena itu dalam pengunaan teknologi guru harus berperan aktif. mendampingi  siswa agar tidak terjebak dalam dampak negatif teknologi.

Siswa harus memahami bahwa teknologi disamping sangat besar manfaatnya juga berdampak negatif jika tidak bisa memfilter diri sendiri.


4. Adil terhadap semua anak


Dalam belajar tidak boleh membeda bedakan antara anak yang satu dengan yang lainnya, baik melihat siswa anak orang miskin apa kaya, cantik apa jelek, anak pejabat apa bukan, ini tidak boleh terjadi karena akan membuat belajar tidak nyaman dan tenang. Ketika guru adil terhadap siswa maka akan tercipta suasana yang menyenangkan dan siswa merasa terperhatikan .

Guru punya peran untuk bisa menciptakan keadilan karenanya guru harus bisa berbagi satu sama lain dengan siswa untuk bisa memberikan pelayanan secara adil dalam menghadapi siswa yang memiliki keberagaman. Ya inilah indonesia yang memiliki keberagaman bagik agama etnis, adat istiadat dan juga keberagaman ekonomi yang bisa mempengaruhi potensi anak anak.


5. Cara Melaksanakan Kegiatan belajar yang beragam 


Soetomo berpendapat bahwa metode bervariasi adalah pengajaran dari satu metode ke metode lain dengan tujuan untuk menciptakan suasana yang berbeda agar anak tidak mengalami yang namanya kebosanan dalam menerima pelajaran.

Metode pembelajaran yang bervariasi adalah dengan cara menyajikan dan menguraikan serta memberi contoh berupa latihan dalam rangka tujuan tertentu.

Cara pembelajaran yang bervariasi dapat diartikan sevagai sebuah cara penyajian oleh seorang guru mengenai suatu pembelajaran agar mencapai tujuan yang bervariatif.

Disini guru dapat menggabungkan  berbagai metode  yang sifatnya variatif.Sehingga anak bisa menemukan suasana belajar yang menyenangkan.

Nah itu tadi bahasan tentang cara ampuh Untuk menciptakan suasana yang menyenangkan saat belajar. Kiranya bisa dijadikan pengalaman berharga


Azza Blog
Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Posting Komentar untuk "Cara Ampuh Untuk Menciptakan Suasana yang Menyenangkan Saat Belajar"